-->

Iklan

Prinsip Dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pengembangan Rpp (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Dalam pengembangan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) harus memperhatikan minat dan perhatian penerima didik terhadap materi standar dan kompetensi dasar yang dijadikan materi kajian.

Dalam hal ini harus diperhatikan guru jangan hanya berperan sebagai transformator, tetapi juga harus berperan sebagai motivator, mendorong penerima didik untuk belajar, dengan memakai aneka macam variasi media dan sumber berguru yang sesuai, serta menunjang pembentukan kompetensi dasar.

Untuk kepentingan tersebut, berikut ini terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam pengembangan RPP dalam menyesuaikan implementasi, antara lain :

1.   Kompetensi yang dirumuskan dalam RPP harus jelas.

2. Rencana pembelajaran harus sederhana dan fleksibel, serta sanggup dilaksanakan dalam aktivitas pembelajaran dan pembentukan kompetensi penerima didik.

3.  Kegiatan-kegiatan yang disusun dan dikembangkan dalam RPP harus menunjang dan sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.

4.   RPP yang dikembangkan harus utuh dan menyeluruh, serta terang pencapaiannya.

5.  Harus ada koordinasi antarkomponen pelaksana jadwal di sekolah, terutama apabila pembelajaran dilaksanakan secara tim.

Dalam hal ini, perlu dilakukan pembagian kiprah guru, penyusunan kalender pendidikan dan jadwal pembelajaran, pembagian waktu yang dipakai secara proporsional, menyerupai penetapan penilaian, penetapan norma kenaikan kelas dan kelulusan, pencatatan kemajuan berguru penerima didik, pembelajaran remedial, jadwal pengayaan, jadwal percepatan, peningkatan kualitas pembelajaran, dan pengisian waktu jam kosong.

Dalam kaitannya dengan RPP, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu :

1.  Persiapan dipandang sebagai suatu proses yang secara besar lengan berkuasa diarahkan pada tindakan mendatang, contohnya untuk pembentukan  kompetensi, dan melibatkan orang lain.

2.  Persiapan diarahkan pada tindakan dimasa mendatang, yang dihadapkan pada aneka macam duduk kasus , tantangan serta kendala yang tidak pasti.

3.   Rencana pembelajaran bersahabat hubungannya dengan bagaimana sesuatu sanggup dikerjakan, alasannya ialah itu RPP yang baik ialah yang sanggup dilaksanakan secara optimal dalam pembelajaran dan pembentukan kompetensi penerima didik.

Dari uraian diatas, sanggup dipahami bahwa pengembangan rencana pembelajaran menuntut pemikiran, pengambilan keputusan , pertimbangan guru serta perjuangan intelektual, pengetahuan teoritis, pengalaman yang ditunjang oleh sejumlah aktifitas, menyerupai : memperkirakan, mempertimbangkan, menata dan memvisualisasikan. Guru profesional harus bisa membuatkan rencana pembelajaran yang baik, logis, dan sistematis. Setiap guru harus mempunyai rencana pembelajaran yang matang sebelum melaksanakan pembelajaran, baik persiapan tertulis maupun tidak tertulis.

Rencana pembelajaran mencerminkan apa yang akan dilakukan guru dalam memperlihatkan akomodasi berguru kepada penerima didik, bagaimana melakukannya dan mengapa guru melaksanakan itu.   Oleh alasannya ialah itu RPP mempunyai kedudukanm esensial dalam pembelajaran yang efektif alasannya ialah akan membantu menciptakan disiplin kerja yang baik, suasana yang lebih menarik, pembelajaran yang dioliki sejumlah kompomrganisasikan dengan baik, relevan, dan akurat.

Rencana pembelajaran merupakan hal penting yang harus dilakukan guru untuk menunjang pembentukan kompetensi yang di harapkan. Dalam hal ini guru harus menjabarkan SKKD dalam bidangnya untuk jangka waktu satu tahun atau satu semester, beberapa ahad atau beberapa jam saja. Untuk satu tahun dan semester disebut jadwal unit , sedangkan untuk beberapa jam pelajaran disebut RPP, yang dalam implementasi KTSP mempunyai komponen- komponen kompetensi dasar, materi standarn pengalaman belajar, metode mengajar, dan evaluasi berbasis kelas.

Demikian uraian singkat mengenai prinsip dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

0 Response to "Prinsip Dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pengembangan Rpp (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel