-->

Iklan

Implikasi Pembelajaran Tematik Bagi Guru, Siswa, Sarana, Prasarana, Sumber Mencar Ilmu Dan Media, Pengaturan Ruangan, Dan Pemilihan Metode Pembelajaran

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Dalam implementasi pembelajaran tematik di sekolah dasar memiliki banyak sekali implikasi yang mencakup:

A. Implikasi bagi guru

Pembelajaran tematik memerlukan guru yang kreatif baik dalam menyiapkan kegiatan/pengalaman berguru bagi anak, juga dalam menentukan kompetensi dari banyak sekali mata pelajaran dan mengaturnya semoga pembelajaran menjadi lebih bermakna, menarik, menyenangkan dan utuh.

B. Implikasi bagi siswa

1.   Siswa harus siap mengikuti acara pembelajaran yang dalam pelaksanaannya dimungkinkan untuk bekerja baik secara individual, pasangan, kelompok kecil ataupun klasikal.
2.   Siswa harus siap mengikuti acara pembelajaran yang bervariasi secara aktif contohnya melaksanakan diskusi kelompok, mengadakan penelitian sederhana, dan pemecahan masalah


C. Implikasi terhadap sarana, prasarana, sumber berguru dan media

1.   Pembelajaran tematik pada hakekatnya menekankan pada siswa baik secara individual maupun kelompok untuk aktif mencari, menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip secara holistik dan otentik. Oleh alasannya yaitu itu, dalam pelaksanaannya memerlukan banyak sekali sarana dan prasarana belajar.
2.   Pembelajaran ini perlu memanfaatkan banyak sekali sumber berguru baik yang sifatnya didisain secara khusus untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran (by design), maupun sumber berguru yang tersedia di lingkungan yang sanggup dimanfaatkan (by utilization).
3.   Pembelajaran ini juga perlu mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi sehingga akan membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang abstrak.
4.   Penerapan pembelajaran tematik di sekolah dasar masih sanggup memakai buku didik yang sudah ada ketika ini untuk masing-masing mata pelajaran dan dimungkinkan pula untuk memakai buku embel-embel khusus yang memuat materi didik yang terintegrasi

D. Implikasi terhadap Pengaturan ruangan

Dalam pelaksanaan acara pembelajaran tematik perlu melaksanakan pengaturan ruangagar suasana berguru menyenangkan. Pengaturan ruang tersebut meliputi:

¨       Ruang perlu ditata diadaptasi dengan tema yang sedang dilaksanakan.Susunan dingklik penerima didik sanggup berubah-ubah diadaptasi dengan keperluan
¨       pembelajaran yang sedang berlangsung Peserta didik tidak selalu duduk di kursi tetapi sanggup duduk di tikar/karpet Kegiatan hendaknya bervariasi dan sanggup dilaksanakan baik di dalam kelas maupun di luar kelas
¨       Dinding kelas sanggup dimanfaatkan untuk memajang hasil karya penerima didik dan dimanfaatkan sebagai sumber belajar
¨       Alat, sarana dan sumber berguru hendaknya dikelola sehingga memudahkan penerima didik untuk memakai dan menyimpannya kembali.

E. Implikasi terhadap Pemilihan metode

Sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik, maka dalam pembelajaran yang dilakukan perlu disiapkan banyak sekali variasi acara dengan memakai multi metode. Misalnya percobaan, bermain peran, tanya jawab, demonstrasi, bercakap-cakap.

Demikian implikasi pembelajaran tematik menurut panduan pembelajaran tematik. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

0 Response to "Implikasi Pembelajaran Tematik Bagi Guru, Siswa, Sarana, Prasarana, Sumber Mencar Ilmu Dan Media, Pengaturan Ruangan, Dan Pemilihan Metode Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel