-->

Iklan

Pengertian / Definisi Pembelajaran Tematik Dan Laba Mencar Ilmu Tematik

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Sesuai dengan tahapan perkembangan anak, karakteristik cara anak belajar, konsep mencar ilmu dan pembelajaran bermakna, maka acara pembelajaran bagi anak kelas awal SD sebaiknya dilakukan dengan Pembelajaran tematik.

Pembelajaan tematik ialah pembelajaran tepadu yang memakai tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga sanggup memperlihatkan pengalaman bermakna kepada siswa. Tema ialah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan (Poerwadarminta, 1983).


Dengan tema dibutuhkan akan memperlihatkan banyak keuntungan, di antaranya:

1)   Siswa gampang memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu,
2) Siswa bisa mempelajari pengetahuan dan menyebarkan aneka macam kompetensi dasar antar matapelajaran dalam tema yang sama;
3)   Pemahaman terhadap bahan pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
4) Kompetensi dasar sanggup dikembangkan lebih baik dengan mengkaitkan matapelajaran lain dengan pengalaman langsung siswa;
5)   Siswa bisa lebih mencicipi manfaat dan makna mencar ilmu alasannya ialah bahan disajikan dalam konteks tema yang jelas;
6)   Siswa lebih kasar mencar ilmu alasannya ialah sanggup berkomunikasi dalam situasi nyata, untuk menyebarkan suatu kemampuan dalam satu mata pelajaran sekaligus mempelajari matapelajaran lain;
7)   Guru sanggup menghemat waktu alasannya ialah mata pelajaran yang disajikan secara tematik sanggup dipersiapkaan sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga pertemuan, waktu selebihnya sanggup dipakai untuk acara remedial, pemantapan, atau pengayaan.

Demikian pengertian serta laba pembelajaran tematik. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam  Edukasi…!

0 Response to "Pengertian / Definisi Pembelajaran Tematik Dan Laba Mencar Ilmu Tematik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel