-->

Iklan

Lirik Lagu Berdiri Pemudi-Pemuda Yang Benar

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Lagu Bangun Pemudi-Pemuda ialah lagu nasional Indonesia yang diciptakan oleh Alfred Simanjuntak, dan hingga ketika ini lagu Bangun Pemudi-Pemuda tetap dikumandangkan, menyerupai pada setiap peringatan Hari Kemerdekaan RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus dan juga pada peringatan hari Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober.

Cikal-bakal lagu Bangun Pemudi Pemuda ialah mars Sekolah Rakyat Sempurna Indonesia yang juga diciptakan oleh Alfred Simanjuntak. Dengan demikian, nadanya telah tercipta sebelum liriknya. Alfred menggubah liriknya semoga semangat yang ia sampaikan tidak hanya dimiliki Sekolah Rakyat Sempurna Indonesia yang hanya mempunyai enam kelas, melainkan seluruh Indonesia.

Alfred Simanjuntak beropini bahwa nasionalisme di kalangan perjaka harus dipupuk. Ia menempatkan pemudi di depan perjaka alasannya ialah pada umumnya penyebutan perempuan berada di depan, contohnya damen und herren di Jerman, dames en heren di Belanda, dan ladies and gentlemen di Inggris. (wikipedia.org)

Berikut lirik yang benar dari salah satu lagu nasional yang berjudul Bangun Pemudi-Pemuda karya Alfred Simanjuntak selengkapnya :

Bangun pemudi perjaka Indonesia
Tangan bajumu singsingkan untuk negara
Masa yang akan tiba kewajibanmu lah
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa

Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas
Tak usah banyak bicara trus kerja keras
Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih
Bertingkah laris halus hai putra negri
Bertingkah laris halus hai putra negri

Demikian lirik lagu Bangun Pemudi-Pemuda. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

0 Response to "Lirik Lagu Berdiri Pemudi-Pemuda Yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel