-->

Iklan

Daftar Arti Kata Istilah Penting Aplikasi Dapodik Tahun 2016

Sahabat Operator Sekolah serta Rekan Guru yang berbahagia...

Dalam proses input data di aplikasi Dapodikdas pada semester 2 (genap) tahun pelajaran 2015/2016 ini kita akan menemukan beberapa istilah yang mungkin salah satu atau beberapa diantaranya kita belum mengetahui/memahami secara benar.

Pemahaman pada beberapa istilah akan sanggup memilih pula langkah-langkah yang harus diambil supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak dibutuhkan menyerupai adanya invalid data dan sebagainya.

Berikut daftar istilah arti kata penting sehubungan dengan aplikasi Dapodikdas Tahun 2016 di antaranya :

a.   Backup : Proses menciptakan salinan data sebagai cadangan ketika terjadi kehilangan atau kerusakan data asli. Salinan data yang dibentuk disebut dengan “data backup”. Manfaat dari proses backup diantaranya, mengembalikan kondisi suatu sistem komputer yang mengalami kerusakan atau kehilangan data, mengembalikan suatu file yang tanpa sengaja terhapus atau juga rusak.

b.   Blockgrant : Pemberian sumbangan dana untuk melaksanakan suatu acara tertentu, baik dalam bidang pendidikan, pembangunan sosial politik, aturan atau pembangunan aspek lainnya dengan tujuan untuk mempercepat laju pembangunan.

c.   Dapodikdas : Data pokok pendidikan dasar; Aplikasi data pendidikan yang dipakai untuk menjaring data pendidikan tingkat dasar (SD, SMP, dan SLB).

d.   Data Periodik : Data berdasarkan periode tertentu; muncul atau terjadi di selang waktu yg tetap; data terjadwal (contoh pengisian di tabel penerima didik terdapat data periodik siswa yang berisi data tinggi badan, berat badan, jarak rumah ke sekolah, dan lain-lain).

e.   Generate Prefill : Sebuah proses yang berkhasiat sebagai back up database dapodik yang diambil dari server dapodik. Hasil generate prefill diambil dari hasil sinkronisasi terakhir dari sekolah yang ditarik ke dalam file database persekolah (bentuk file *.prf).

f.    Inpassing : Proses pembiasaan kepangkatan Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil dengan kepangkatan Guru Pegawai Negeri Sipil.

g.   Install : Proses pemasangan aplikasi kedalam komputer.

h.   KGB : Kenaikan honor yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah mencapai masa kerja golongan yang ditentukan untuk kenaikan honor terjadwal adalah setiap 2 (dua) tahun sekali dan apabila telah memenuhi persyaratan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengisian KGB sanggup ditemukan pada tabel Rincian Data PTK.

i.    Kode Registrasi : “kunci” untuk memuat/ mengaktivasi data sekolah. Kode pendaftaran akan dibagikan oleh KKDATADIK masing-masing daerah. Pastikan Anda memakai isyarat pendaftaran sekolah Anda sendiri dan tidak membagi/memberitahu isyarat ini pada pihak yang tidak berkepentingan.Kode Registrasi dipakai pada ketika pendaftaran awal di aplikasi (aktivasi).

j.    KPS : Kartu Perlindungan Sosial; Kartu yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dalam rangka Program Percepatan dan Perluasan Sosial (P4S). Dengan mempunyai KPS, rumah tangga berhak mendapatkan program-program proteksi sosial, menyerupai : Raskin dan Bantuan Siswa Miskin (BSM), sesuai dengan ketentuan yang berlaku sampai tahun 2014. KPS memuat informasi Nama Kepala Rumah Tangga, Nama Pendamping Kepala Rumah Tangga, Nama Anggota Rumah Tangga, Alamat Rumah Tangga, dilengkapi dengan isyarat batang beserta nomor identitas KPS yang unik. Bagian depan bertuliskan Kartu Perlindungan Sosial dengan logo burung Garuda.

k.   NPP : Nomor Pokok Perpustakaan.

l.    PD : Peserta didik; siswa; murid.

m.  Pembaruan : Penambahan atau pembuatan fitur aplikasi yang baru.

n.   Perbaikan : Penyempurnaan fitur aplikasi yang sudah ada.

o.   PIP : Program Indonesia Pintar.

p.   PKH : Program Keluarga Harapan.

q.   Prefill : Data hasil kiriman ke server dari sekolah-sekolah di semester yang kemudian yang kemudian data tersebut di package ulang sehingga ketika login di aplikasi yang gres sekolah hanya tinggal mengentri data penerima didik baru, pemetaan rombel, dan melengkapi data yang belum terisi pada aplikasi sebelumnya.

r.    PTK : Pendidik dan Tenaga Kependidikan; guru; pengajar.

s.   Rombel : Rombongan belajar; kelas.

t.    Sinkronisasi : Fasilitas yang terdapat pada aplikasi Dapodikdas untuk mengirimkan data dari pengguna (operator sekolah) ke server sentra (Dapodikdas).

u.   TMT : Terhitung Mulai Tanggal.

v.    TST : Terhitung Selesai Tanggal.

w.  Uninstall : Penghapusan aplikasi dari komputer.

x.   Validasi : Fasilitas di dalam aplikasi Dapodikdas yang bertujuan untuk mencegah data invalid masuk ke server pada ketika pengguna melaksanakan sinkronisasi (online atau offline).

Disarikan dari Manual Aplikasi Dapodikdas V.4.1.0 Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016.

0 Response to "Daftar Arti Kata Istilah Penting Aplikasi Dapodik Tahun 2016"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel