-->

Iklan

Mengapa Angin Ekspresi Dominan Di Daerah Asia Tenggara Berganti Arah Setiap Enam Bulan Dari Asia Menuju Australia Atau Sebaliknya?

Materi Sekolah - Mengapa Angin ekspresi dominan di daerah Asia Tenggara berganti arah setiap enam bulan dari Asia menuju Australia atau sebaliknya? - Keadaan Iklim di Kawasan Asia Tenggara - Asia Tenggara sebagian besar terletak di daerah tropis yang dipengaruhi oleh angin musim.

Angin ekspresi dominan ini berganti arah setiap enam bulan dari Asia menuju Australia atau sebaliknya Hal itu sesuai dengan posisi matahari yang berada di utara khatulistiwa pada bulan April - Oktober dan di belahan bumi selatan pada bulan Oktober - April.

Hubungkan hal tersebut dengan kondisi tekanan udara di satu daerah sehingga mengakibatkan gerakan udara dari satu tempat ke tempat lain. Ingat bahwa gerakan udara atau angin itu dipengaruhi pula oleh rotasi bumi.

 Mengapa Angin ekspresi dominan di daerah Asia Tenggara berganti arah setiap enam bulan dari Asia me Mengapa Angin ekspresi dominan di daerah Asia Tenggara berganti arah setiap enam bulan dari Asia menuju Australia atau sebaliknya?

Angin passat, baik Timur Laut maupun Tenggara, bertiup terus menerus sepanjang tahun, sehingga daerah-daerah yang dipengaruhi angin passat ini turun hujannya lebih banyak dari pada daerah-daerah lain.

Daerah-daerah itu mencakup pantai timur Indocina, pantai timur semenanjung Malaya dan pantai timur Philipina.

Elevasi (tinggi suatu tempat terhadap permukaan air laut) juga besar lengan berkuasa terhadap banyaknya curah hujan.

Di daerah pegunungan curah hujannya lebih tinggi dari pada di daerah dataran rendah. Apalagi pada lereng-lereng yang menghadap datangnya angin yang membawa uap air.

Suhu pantai tropis di Asia Tenggara rata-rata 26,3ยบ C.

0 Response to "Mengapa Angin Ekspresi Dominan Di Daerah Asia Tenggara Berganti Arah Setiap Enam Bulan Dari Asia Menuju Australia Atau Sebaliknya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel