-->

Iklan

Pedoman / Panduan Penelitian Tindakan Kelas / Ptk Tahun 2016

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk meningkatkan layanan dan pendidikan bagi semua pihak akan dilakukan dengan kerangka pikir membentuk insan dan ekosistem berkarakter. Dengan insan dan ekosistem pendidikan berkarakter, dibutuhkan ada penyebarluasan praktik baik dan inovasi.

Ada tiga seni administrasi yang dirancang untuk mewujudkan hal tersebut, mulai dari penguatan pelaku pendidikan dan kebudayaan, peningkatan mutu dan akses, danpengembangan efektivitas birokrasi melalui perbaikan tata kelola dan pelibatan publik.

Pada seni administrasi pertama, yaitu penguatan pelaku pendidikan dan kebudayaan, yang akan dilakukan ialah empowerment (memberdayakan) guru, orang tua, dan kepala sekolah.

Peningkatan mutu dan terusan akan dilakukan dengan membuka layanan seluas-luasnya bagi masyarakat. Dalam hal pelibatan publik, kegiatan-kegiatan pendidikan tidak lagi dipandang sekadar aktivitas pemerintah. Semua pihak harus terlibat dalam menggerakkan aktivitas tersebut.

Ketiga seni administrasi itu muaranya ialah untuk mewujudkan Visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yakni “Terbentuknya Insan serta Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang Berkarakter dengan Dilandasi Semangat Gotong Royong”. Yang dicerdaskan tidak hanya insan atau manusianya, tetapi juga ekosistem atau kehidupannya.

Perwujudan insan dan ekosistem pendidikan berkarakter tersebut harus didukung semua pihak. Sekolah berada di baris terdepan dalam upaya membangun ekosistem pendidikan, dan guru merupakan kunci utama dalam membangun ekosistem pendidikan sekolah yang baik.

Guru merupakan sumber info kebijakan dalam penelitian kebijakan. Bila guru-guru hebat, maka sekolah, siswa, dan lingkungan juga akan hebat. Pasalnya, guru berperan penting dalam menciptakan suasana berguru di sekolah menjadi menyenangkan. Seorang siswa akan menyukai mata pelajaran bukan alasannya buku teks mata pelajaran, melainkan sosok seorang guru yang sanggup membawakan suasana menyenangkan dalam proses berguru mengajar.

Agar guru terus sanggup menjaga kualitas dan mutu pembelajaran di sekolah, maka guru harus terus mengkaji, menciptakan penemuan dan melaksanakan perubahan-perubahan dalam peroses pembelajaran di kelas. Salah satu upaya dari sekian banyak alternative pemecahan duduk masalah yang sanggup dilakukan guru ialah dengan melaksanakan penelitian yang berkenaan dengan pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas.

Penelitian yang berkaitan dengan pembelajaran di kelas ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK sangat mendukung aktivitas peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah yang muaranya ialah peningkatan kualitas pendidikan.

Hal ini, alasannya dalam proses pembelajaran, guru ialah teoretisi dan praktisi yang sangat menentukan. Peningkatan kualitas pembelajaran, merupakan tuntutan logis dari perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) yang semakin pesat.

Perkembangan Ipteks mengisyaratkan pembiasaan dan peningkatan proses pembelajaran secara berkesinambungan, sehingga berdampak faktual terhadap peningkatan kualitas lulusan dan keberadaan sekolah kawasan guru itu mengajar.

Penyelenggaraan PTK menawarkan pengalaman berharga bagi guru dalam upaya memperbaiki dalam skala yang lebih makro, pengalaman guru akan memiliki dampak externality bagi perumusan kebijakan. Hal ini terutama jikalau PTK yang dilakukan oleh guru sanggup dipusatkan pada suatu tema kebijakan tertentu. Hasil PTK yang dilakukan merupakan bukti empiris jikalau pelaksanaannya dilakukan menurut prinsip-prinsip penelitian sosial secara benar dan konsisten.

Oleh alasannya itu, berbekal pengalaman tahun sebelumnya, Puslitjakdikbud merasa perlu mengadakan kembali kerjasama penelitian tindakan kelas bagi guru-guru dengan prosedur pemberian dana proteksi penelitian biar hasil penelitian guru tersebutbermanfaat bagi sekolah, orang tua, masyarakat, dunia industri dan dunia usaha, organisasi profesi, dinas pendidikan, dan kementerian pendidikan.

Download selengkapnya Panduan Pelaksanaan Program Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Tahun 2016 silahkan klik di sini. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

0 Response to "Pedoman / Panduan Penelitian Tindakan Kelas / Ptk Tahun 2016"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel