-->

Iklan

Sebutkan Ciri-Ciri Negara Maju Dilihat Dari Segi Ekonomi, Kualitas Penduduk, Dan Lingkungan Fisiknya!

Materi Sekolah - Sebutkan Ciri-Ciri Negara Maju Dilihat dari Segi Ekonomi, Kualitas Penduduk, dan Lingkungan Fisiknya! - Ciri-Ciri Negara Maju - Negara maju pada umumnya mempunyai pertumbuhan penduduk yang kecil, lantaran orientasi hidup mereka yaitu untuk bekerja. Sementara itu negara maju sudah menerapkan zerro population growth (pertumbuhan penduduk kearah nol) sebagai kebijakan negara.

Di samping itu negara maju sudah bisa mengelola sumber daya alamnya secara efekif dan efesien dengan menerapkan teknologi yang canggih. Industri sekunder dan industri pertanian berkembang dengan pesat, dengan teknolog canggih. Dalam pengelolaan sumber daya alamnya sudah memperhatikan kelestarian lingkungan hidup secara berkelanjutan.

Berikut ini ciri-ciri negara maju jikalau dilihat dari segi ekonomi, kualitas penduduk, dan lingkungan fisiknya:

1. Ciri-Ciri Negara Maju dari Segi Ekonomi (Pendapatan per Kapita)

Pertumbuhan ekonomi negara maju sangat pesat. Sebagian besar penduduknya bekerja di sektor industri dan jasa. Pendapatan per kapita penduduknya tinggi. Berikut ini tabel pendapatan per kapita beberapa negara maju di dunia:

Ciri Negara Maju Dilihat dari Segi Ekonomi Sebutkan Ciri-Ciri Negara Maju Dilihat dari Segi Ekonomi, Kualitas Penduduk, dan Lingkungan Fisiknya!

2. Ciri-Ciri Negara Maju dari Kualitas Penduduk

a) Tingkat Pendidikan Tinggi

Masyarakat di negara maju umumnya mempunyai pendidikan yang tinggi, demikian juga dalam hal penguasaan ilmu dan teknologi berkembang dengan pesat. Berkaitan dengan itu maka negara maju mempunyai kemampuan untuk mengelola sumberdaya alam secara optimal. Berbagai industri mereka miliki muali dari industri ringan hingga ke industri berat.

Berkat penguasaan teknologi inilah maka masyarakat negara maju bermetamorfosis masyarakat modern, kreatif dan inovatif.

Sebagian besar Tingkat pendidikan di negara maju wajib belajarnya sudah mencapai tingkat Sekolah Menengah Atas. Contoh negara maju yang melaksanakan wajib mencar ilmu setingkat Sekolah Menengan Atas yaitu Amerika Serikat, Australia, Inggris, Prancis, Jepang, dan Singapura. Prasarana dan sarana pendidikan di negara maju sudah memadai ketersediaannya.

Kualitas penduduk suatu negara sanggup diukur dari tingkat pendidikannya. Mengapa? Karena tingkat pendidikan akan kuat terhadap contoh berpikir seseorang, kuat pula kepada tingkat kesehatan. Tingkat kesehatan yang baik kuat terhadap kelahiran bayi yang baik, tidak akan mengalami kekurangan gizi, bahkan kuat besar juga terhadap maut bayi. Kecilnya maut bayi kuat terhadap angka usia impian hidup.

Akibat pertumbuhan penduduk yang rendah, maka timbulah permasalahan pendudk, yang dikenal dengan problem kekurangan penduduk.

b) Tingkat Produktivitas Tinggi

Produktivitas per tenaga kerja diperoleh dengan memilih keseluruhan produksi selama satu tahun dibagi jumlah seluruh akatan kerja. Hal ini disebabkan lantaran sebagian besar penduduk bekerja pada sektor industri. Industri mengakibatkan produktivitas tinggi, sehingga pertumbuhan ekonomi negara makin cepat.

c) Tingkat Pertumbuhan Penduduk

Tingkat pertumbuhan penduduk di Negara-negara maju relative rendah, yaitu dibawah 1% per tahun. Hal ini disebabkan lantaran angka kelahiran dan maut sudah sanggup dikontrol dan sebagian besar penduduk berstatus menikah telah memakai alat kontrasepsi. Angka maut bayi di negara maju berkisara antara 8 – 14 orang per 1000 jiwa, Begitu pula angka maut berkisar anatar 4 – 10 orang per 1000 jiwa, Indikator tingkat pendidikan dan kesehatan, serta kecilnya kematian, mengatakan baiknya kualitas penduduk negara maju.

Berikut ini tabel tingkat pertumbuhan penduduk negara-negara maju:

Ciri Negara Maju Dilihat dari Segi Ekonomi Sebutkan Ciri-Ciri Negara Maju Dilihat dari Segi Ekonomi, Kualitas Penduduk, dan Lingkungan Fisiknya!

d) Tingkat Pengangguran Semu

Pengangguran semu tidak terjadi lantaran lapangan kerja cukup tersedia, dibidang industri, penggunaan tenaga kerja yang sesuai dengan bidangnya, lebih profesional, dan efisien, dibanding negara-negara berkembang.

e) Produk Utamanya barang sekunder dan tersier

Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan didukung oleh sumberdaya alam berupa hasil tambang menyerupai biji besi, tembaga dan lainlian. Barang tambang merupakan materi baku bagi perindustrian. Produk utamanya yaitu barang-barang sekunder (manufaktur) dan tersier (jasa). Ekspor utamanya terdiri dari barang-barang buatan pabrik, menyerupai mesin-mesin, elektronik, bahan-bahan kimia, serta jasa.

3. Ciri-Ciri Negara Maju dari Lingkungan Fisik
 
Luas wilayah negara-negara maju sama menyerupai halnya luas di negara-negara berkembang sangat bervarisi ada yang luas menyerupai Amerika Serikat, tetapi ada yang sempit sepeti Jepang, Singapura.

Demikian pula kepemilikan sumberdaya alamnya bervariasi, ada yang kaya materi tambang, ada pula miskin sumberdaya alamnya menyerupai contohnya Jepang. Namun lingkungan fisik ini nampaknya bukan merupakan kendala. Negara maju yang meiliki sumberdaya alam yang sedikit masih saja menjadi negara maju yang besar di dunia, menyerupai Jepang.

Industrinya maju pesat, perdagangannya juga maju. Mengapa demikian lantaran ? Karena negara-negara maju sudah mengelola lingkungan fisiknya secara maksimal.

Mengembangkan wilayah pantai menjadi kota-kota pelabuhan yang strategis, untuk melaksanakan perdagangan luar negeri. Pelabuhan berperan sebagai penyedia materi mentah demi kemajuan industri. Dalam hal pemanfaatan energi alternatif sudah banyak dilakukan, contohnya dari sumberdaya air sebagai pembangkit listrik, tenaga surya, tenaga angin dan geothermal untuk kepentingan industrinya.

0 Response to "Sebutkan Ciri-Ciri Negara Maju Dilihat Dari Segi Ekonomi, Kualitas Penduduk, Dan Lingkungan Fisiknya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel