-->

Iklan

Jelaskan Kejadian Pemberontakan Pki Madiun 1948!

Materi Sekolah - Jelaskan Peristiwa Pemberontakan PKI Madiun 1948! - Pemberontakan PKI Madiun 1948 - Peristiwa Madiun tidak sanggup dipisahkan dari pembentukan Fron Demokrasi Rakyat (FDR) pada tanggal 28 Juni 1948.

FDR yakni kumpulan beberapa partai seperti:
  1. Partai Sosialis,
  2. Pesindo,
  3. Partai Buruh,
  4. PKI, dan
  5. Sobsi.

Peristiwa Madiun itu diawali dari kota Solo yang dilakukan oleh para pengikut Muso dan Amir Syarifuddin.

 Jelaskan Peristiwa Pemberontakan PKI Madiun  Jelaskan Peristiwa Pemberontakan PKI Madiun 1948!

Pada tahun 1948 Muso kembali dari Rusia. Sekembalinya itu Muso bergabung dengan Partai Komunis Indonesia. Ajaran yang diberikan pada para anggota PKI yakni mengadu domba kesatuan nasional dengan berbagi teror.

Pada tanggal 18 September 1948 di Madiun tokoh-tokoh PKI memproklamirkan berdirinya Republik Soviet Indonesia.

Orang-orang yang dianggap musuh politiknya dibunuh oleh PKI. Dengan terjadinya insiden Madiun tersebut, pemerintah dengan segera mengambil tindakan tegas. Pemberontakan Madiun itu sanggup diatasi sehabis pemerintah mengangkat Gubernur Militer Kolonel Subroto yang daerahnya mencakup Semarang, Pati dan Madiun.

Walaupun dalam menghancurkan kekuatan PKI dalam insiden Madiun menelan banyak korban, namun tindakan itu demi mempertahankan Kemerdekaan yang kita miliki.

Ketika Belanda melaksanakan aksi terhadap Republik Indonesia, PKI justru menikam dari belakang dengan melaukan pemberontakan yang sekaligus sanggup merepotkan pemerintah Republik Indonesia.

0 Response to "Jelaskan Kejadian Pemberontakan Pki Madiun 1948!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel