-->

Iklan

Kronologi Dan Sebab-Sebab Terjadinya Pertempuran Ambarawa

Materi Sekolah - Kronologi dan Sebab-Sebab Terjadinya Pertempuran Ambarawa - Pertempuran Ambarawa berlangsung tanggal 20 November hingga dengan 15 Desember 1945 antara TKR dan pasukan Inggris. Peristiwa itu berawal dari kedatangan tentara sekutu di Semarang tanggal 20 Oktober 1945.

Tujuan semula pasukan itu ialah mengurus tawanan perang. Akan tetapi, ternyata mereka diboncengi oleh NICA yang kemudian mempersenjatai para tawanan.

Di Ambarawa tanggal 20 Oktober 1945 pecahlah pertempuran antara Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin Mayor Sumarto dengan tentara Serikat.

Dalam pertempuran itu gugur Letkol Isdiman, Komandan Resimen Banyumas. Dengan gugurnya Kolonel Isdiman, komando pasukan diambil alih oleh Letkol Sudirman yang dikala itu menjabat sebagi panglima divisi Banyumas.

 Pertempuran Ambarawa berlangsung tanggal  Kronologi dan Sebab-Sebab Terjadinya Pertempuran Ambarawa

Pasukan Serikat memakai para tawanan Jepang yang telah dipersenjatai untuk ikut bertempur. Mereka juga mengerahkan tank dan senjata berat lainnya. Pada tanggal 12 Desember 1945, pasukan Indonesia melancarkan serangan serentak.

Setelah bertempur selama empat hari, kesudahannya pasukan Indonesia berhasil mengusir tentara Serikat dari Ambarawa dan memukul mundur mereka hingga Semarang.

Melalui pertempuran ini nama Sudirman mulai terangkat. Ketika terjadi pemilihan pimpinan tentara di Yogyakarta, Sudirman sanggup mengalahkan Urip Somoharjo.

0 Response to "Kronologi Dan Sebab-Sebab Terjadinya Pertempuran Ambarawa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel