-->

Iklan

Mengapa Republik Indonesia Serikat (Ris) Tidak Bertahan Usang Dan Dibubarkan?

Materi Sekolah - Mengapa Republik Indonesia Serikat (RIS) tidak Bertahan Lama dan Dibubarkan? - Perjuangan Kembali ke Negara Republik Indonesia - Salah satu diktum hasil Konferensi Meja Bundar (KMB) yaitu legalisasi Belanda terhadap Republik Indonesia Serikat.

Kelihatannya, isi perjanjian ini merugikan pihak Republik Indonesia. Ditandatanganinya perjanjian itu tidak lebih dari sebuah strategi perjuangan. Hal ini terbukti bahwa persatuan itu berada di atas segalanya bagi bangsa Indonesia.

Jika dihitung lamanya, RIS tidak ada setahun bangun (27 desember 1949 hingga 17 Agustus1950). Hal dikarenakan semenjak tanggal 17 Agustus 1950 bangsa Indonesia kembali ke bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mengapa RIS tidak sanggup bertahan lama?

 Perjuangan Kembali ke Negara Republik Indonesia  Mengapa Republik Indonesia Serikat (RIS) tidak Bertahan Lama dan Dibubarkan?
  1. karena persatuan dan kesatuan itu berada di atas segalanya bagi bangsa Indonesia.
  2. Negara RIS buatan Belanda tidak sanggup bertahan usang sebab muncul tuntutan-tuntutan untuk kembali ke dalam bentuk NKRI sebagai perwujudan dari impian Proklamasi 17 Agustus 1945. 
  3. Gerakan menuju pembentukan NKRI menerima santunan yang berpengaruh dari seluruh rakyat. Banyak Negara-negara serpihan satu per satu menggabungkan diri dengan Negara Republik Indonesia.
  4. Pada tanggal 10 Februari 1950 dewan perwakilan rakyat Negara Sumatera Selatan tetapkan untuk menyerahkan kekuasaannya pada RI. Tindakan semacam ini dengan cepat dilakukan oleh Negara-negaa serpihan lainnya yang cenderung untuk menghapuskan Negara-negara serpihan dan menggabungkan diri ke dalam RI. Pada selesai Maret 1950, hanya tersisa empat Negara serpihan dalam RIS, yaitu Kalimantan Barat, Sumatera Barat, Negara Indonesia Timur, dan Republik Indonesia. Pada selesai April 1950, maka hanya Republik Indonesia yang tersisa dalam RIS. 

Persiapan dalam upaya kembali ke negara kesatuan sudah dilakukan beberapa bulan sebelumnya. Rakyat di negara serpihan menuntut negara RIS dibubarkan dan kembali ke negara kesatuan. Jawa Barat, contohnya tanggal 8 Maret 1950 mengadakan demonstrasi biar negara Pasundan dibubarkan. Sikap yang sama juga terjadi pada negara Negara Indonesia Timur (NIT) dan negara Sumatera Timur.

Kesempatan kembali ke negara kesatuan tercapai sehabis diadakan negosiasi antara RIS dengan Republik Indonesia (RI) pada tanggal 19 Mei 1950. Hasil negosiasi itu ditindaklanjuti dengan upaya mempersiapkan Undang-Undang Dasar negara yang akan dibuat tersebut.

Pada tanggal 15 Agustus 1950, Presiden Soekarno menandatangani Rancangan Undang-Undang Dasar yang lalu kita kenal dengan Undang-Undang Dasar Sementara Republik Indonesia 1950 (UUDS 1950). Setelah kelengkapan itu dimiliki, maka pemerintah mengumumkan pembubaran RIS dan kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menerapkan UUDS 1950 pada tanggal 17-8-1950.

0 Response to "Mengapa Republik Indonesia Serikat (Ris) Tidak Bertahan Usang Dan Dibubarkan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel