-->

Iklan

Sebutkan Persetujuan Hasil Perjanjian Linggar Jati 10 November 1946 Antara Indonesia-Belanda!

Materi Sekolah - Sebutkan Persetujuan Hasil Perjanjian Linggar Jati 10 November 1946 antara Indonesia-Belanda! - Perjanjian Linggajati - Perjuangan mempertahan kemerdekaan dilakukan melalui usaha fisik (perang) dan juga dengan usaha diplomasi (melalui perundingan).

Sebagai tindak lanjut dari negosiasi yang dilakukan sebelumnya (Perundingan Hoge Veluwe). Pada tanggal 10 November 1946 dilaksanakan negosiasi antara Pemerintah Republik Indonesai dengan Komisi Umum Belanda.

Perundingan tersebut dilakukan di Linggajati bersahabat Cirebon.

Perundingan yang dipimpin oleh Lord Killearn dari pihak Belanda dan Sutan Sjahrir dari pihak Republik Indonesia menghasilkan persetujuan sebagai berikut:

 Sebutkan Persetujuan Hasil Perjanjian Linggar Jati  Sebutkan Persetujuan Hasil Perjanjian Linggar Jati 10 November 1946 antara Indonesia-Belanda!
  1. Belanda mengakui secara de facto Republik Indonesia dengan wilayah kekuasaan yang mencakup Sumatera, Jawa, dan Madura. Belanda sudah harus meninggalkan kawasan de facto paling lambat tanggal 1 Januari 1949,
  2. Republik Indonesia dan Belanda akan bekerja sama dalam membentuk Negara Indonesia Serikat yang salah satu negara bagiannya ialah Republik Indonesia,
  3. Republik Indonesia Serikat dan Belanda akan membentuk Uni Indonesia-Belanda dengan Ratu Belanda sebagai ketuanya.

Dengan adanya perjanjian Linggajati ini, secara politis Republik Indonesia diuntungkan alasannya ada ratifikasi secara de facto.

Pengakuan de facto artinya ratifikasi berdasarkan kenyataan. Suatu negara diakui alasannya memang secara kasatmata telah memenuhi unsur-unsurnya sebagai negara.

Perjanjian ini kemudian secara resmi ditandatangani pada tanggal 25 Maret 1947 di istana Bijswijk (Istana Merdeka) Jakarta.

0 Response to "Sebutkan Persetujuan Hasil Perjanjian Linggar Jati 10 November 1946 Antara Indonesia-Belanda!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel