-->

Iklan

The Big Five 5 Perusahaan Swasta Belanda Yang Memegang Monopoli Acara Ekonomi Di Indonesia

Materi Sekolah - The Big Five 5 Perusahaan Swasta Belanda yang Memegang Monopoli Kegiatan Ekonomi di Indonesia - Sejak pengukuhan kedaulatan, pemerintahan Indonesia dihadapkan dengan duduk perkara gawat yang bertalian dengan dipertahankannya dominasi Belanda atas ekonomi Indonesia.

Sebagaimana diketahui bahwa dalam KMB, pihak Indonesia telah menyetujui untuk menghormati hak-hak dan mengakui kepentingan-kepentingan perusahaan Belanda di Indonesia.

Dengan demikian, sanggup dikatakan bahwa kemerdekaan ekonomi belum tercapai sebab beberapa sektor ekonomi Indonesia yang strategis masih dikuasai dan dikendalikan perusahaan-perusahaan swasta Belanda.

Ada lima perusahaan swasta Belanda yang memegang monopoli acara ekonomi di Indonesia, yaitu:
  1. Jacobson dan van den Berg,
  2. Internatio,
  3. Borneo-Sumatera Maatschappiy (Barsumij),
  4. Lindeteves, dan
  5. Geo Wehry.

 Perusahaan Swasta Belanda yang Memegang Monopoli Kegiatan Ekonomi di Indonesia  The Big Five 5 Perusahaan Swasta Belanda yang Memegang Monopoli Kegiatan Ekonomi di Indonesia

Kelima perusahaan itu sering disebut sebagai “the big five”, terutama sebab sebagai pemegang monopoli acara ekonomi Indonesia.

Berkaitan dengan keadaan tersebut, sebagian besar rakyat Indonesia mendesak pemerintah Indonesia untuk mengurangi kekuasaan perusahaan-perusahaan swasta Belanda dalam mengeksploitasi sumber alam Indonesia, dan sekaligus mendorong dan mendukung perkembangan perusahaan swasta pribumi Indonesia.

Mereka berkeyakinan bahwa keadaan perekonomian Indonesia yang kurang menguntungkan pada revolusi fisik merupakan bukti pelaksanaan sistem ekonomi kolonial. Pada masa kolonial eksploitasi sumber daya alam dan insan Indonesia dilakukan oleh dan untuk kepentingan penjajah.

Atas dasar pedoman di atas, maka kepemilikan gila dan non pribumi, khususnya orang Belanda dan juga Cina atas aset-aset produktif Indonesia dan pengendalian ekonomi Indonesia harus dikurangi atau dihapus sama sekali.

0 Response to "The Big Five 5 Perusahaan Swasta Belanda Yang Memegang Monopoli Acara Ekonomi Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel