-->

Iklan

Pendekatan, Strategi, Metode, Dan Teknik Pembelajaran



Dalam Lampiran 3 Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 (233) pendekatan dimaknai sebagai cara menyikapi/melihat (a way of viewing); strategi dimaknai sebagai cara mencapai tujuan dengan sukses (a way of winning the game atau a way of achieving of objectif); metode dimaknai sebagai cara menangani sesuatu (a way of dealing). Sedangkan teknik dimaknai sebagai cara memperlakukan sesuatu (a way creating something); dan model dimaknai sebagai kerangka yang berisikan langkah-langkah/uruturutan kegiatan/sintakmatik yang secara operasional perlu dilakukan oleh guru dan siswa. Dalam tumpuan lain dijelaskan bahwa pendekatan ialah titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran; metode ialah cara yang dipakai untuk  mengimplementasikan planning yang sudah disusun dalam bentuk aktivitas konkret dan mudah untuk mencapai tujuan pembelajaran; teknik adalah cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifk; dan model adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal hingga tamat yang disajikan secara khas oleh guru (bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran). Pendekatan (approach) merupakan titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Roy Killen (1998) misalnya, mencatat ada dua pendekatan dalam pembelajaran, yaitu pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centered approaches) dan pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centered approaches) yang dipakai dalam perancangan kurikulum dan pembelajaran ketika ini. Strategi pembelajaran merupakan perencanaan tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan banyak sekali sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan metode merupakan upaya untuk mengimplementasikan planning yang sudah disusun dalam aktivitas konkret biar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Metode dipakai sebagai cara untuk melakukan dan merealisasikan taktik yang telah ditetapkan. Dalam mengimplementasikan metode pembelajaran, seorang pendidik perlu memutuskan teknik atau cara tertentu biar proses pembelajaran berjaan efektif dan efsien, serta taktik atau gaya individu dalam melakukan suatu teknik atau metode tertentu contohnya dalam memakai ilustrasi atau memakai gaya bahasa atau idialek biar bahan pembelajaran gampang dipahami.

(Dikutip dari Materi UKG Bahasa Indonesia 2015 oleh Mukh Doyin & Supriyono)

0 Response to "Pendekatan, Strategi, Metode, Dan Teknik Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel