Laporan Ptk
Melaporkan hasil penelitian tidak sebatas menguraikan temuan kita dalam laporan penelitian. Ada subbab lain yang amat penting kedudukannya kaitannya dengan pelaporan, yaitu pembahasan. Jika dalam kepingan hasil penelitian kita hanya menguraikan temuan pada masing-masing siklus, bila perlu pada masing-masing teknik yang digunakan, juga instrumennya; pada kepingan pembahasan kita harus mengaitkan temuan yang satu dan yang lain, bahkan juga mengaitkan antara temuan dan teori yang digunakan. Bagian ini merupakan kepingan terpenting dalam laporan PTK, alasannya yaitu itu bila dilihat dari jumlah halamannya, kepingan ini mempunyai porsi yang paling banyak.
Sumber Pustaka
Struktur Laporan Penelitian Tindakan Kelas terdiri atas tiga bagian, yaitu kepingan awal, kepingan utama atau kepingan inti, dan kepingan akhir. Bagian awal laporan PTK terdiri atas Halaman Judul, Lembar Pengesahan, Abstrak, Prakata, dan Daftar Isi. Halaman Judul yaitu identitas penelitian yang terdiri atas judul, peneliti, instansi penelitian, dan tahun pembuatan laporan. Lembar pengakuan berisi identitas peneliti yang disahkan oleh pejabat berwenang. Jika penelitian dilakukan oleh sekolah, pejabat yang berwenang mengesahkan yaitu kepala sekolah. Jika PTK merupakan hibah dari LPMP, pejabat berwenangnya yaitu Kepala LPMP. Abstrak merupakan intisari yang sangat penting dari hasil penelitian. Abstrak berisi latar belakang masalah, tujuan penelitian, pelaksanaan penelitian, hasil penelitian, dan saran. Kata Pengantar (Prakata) antara lain berisi ucapan terima kasih peneliti kepada pihak yang telah membantunya.
Secara lengkap, berikut disajikan struktur laporan penelitian tindakan kelas.
Tabel Kerangka Laporan PTK
No | Bagian | Isi |
1. | Judul | Peningkatan Kemampuan Menyusun Teks Cerpen dengan Pendekatan Kontekstual Elemen Pemodelan pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Semarang Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 |
2. | Awal | Halaman Judul Lembar Pengesahan Hasil Penelitian Abstrak Pernyataan Kata Pengantar Daftar Isi Daftar Tabel Daftar Gambar Daftar Lampiran |
3. | Isi | BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah 1.2 Rumusan Masalah 1.3 Tujuan Penelitian 1.4 Manfaat Penelitian BAB II LANDASAN TEORETIS DAN HIPOTESIS TINDAKAN 2.1 Landasan Teori 2.1.1 Menyusun Teks Cerpen 2.1.1.1 Hakikat Cerpen 2.1.1.2 Tahap Menyusun Teks Cerpen 2.1.2 Hakikat Teknik Pemodelan 2.1.2.1 Pendekatan Kontekstual 2.1.2.2 Teknik Pemodelan sebagai Elemen dari Pendekatan Kontekstual 2.2 Kerangka Berpikir 2.3 Hipotesis Tindakan BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Setting Penelitian 3.2 Subjek Penelitian 3.3 Desain Penelitian 3.4 Indikator Kinerja 3.5 Teknik Pengumpulan Data 3.6 Instrumen Penelitian 3.6 Validasi Data 3.7 Analisis Data BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 1.1 Hasil Penelitian 1.1.1 Siklus I 1.1.1.1 Proses Pemberian Tindakan 1.1.1.2 Hasil Tes 1.1.1.3 Hasil Nontes 1.1.2 Siklus II 1.1.2.1 Proses Pemberian Tindakan 1.1.2.2 Hasil Tes 1.1.2.3 Hasil Nontes 1.2 Pembahasan 1.2.1 Kemampuan Menulis Teks Cerpen 1.2.2 Aktivitas Siswa BAB V PENUTUP 5.1 Simpulan 5.2 Saran |
4. | B a g i a n Akhir | Daftar Pustaka Lampiran 1) Surat Izin Penelitian 2) Daftar Nilai Prasiklus 3) Daftar Nilai Siklus I 4) Daftar Nilai Siklus II 5) Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa Siklus I 6) Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa Siklus II 7) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I 8) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II 9) Contoh Teks Cerpen |
Doyin, Mukh dan Supriyono. 2015. Materi UKG Bahasa Indonesia 2015. Semarang: Bandungan Institute
0 Response to "Laporan Ptk"
Posting Komentar