-->

Iklan

Pengertian Evaluasi, Pengukuran, Tes, Dan Penilaian




Evaluasi (evaluation) yaitu penilaian yang sistematik ihwal manfaat atau kegunaan suatu objek (Stufflebeam dan Shinkfield, 1985 dalam Depdiknas, 2004:11). Pada ketika melaksanakan penilaian di dalamnya ada kegiatan untuk memilih nilai suatu program, sehingga ada unsur keputusan ihwal nilai suatu kegiatan (value judgement). Dalam melaksanakan keputusan, dibutuhkan data hasil pengukuran dan isu hasil penilaian selama dan sehabis kegiatan berguru mengajar. Objek penilaian yaitu kegiatan yang balasannya mempunyai banyak dimensi, menyerupai kemampuan, kreativitas, sikap, minat, keterampilan, dan sebagainya. Oleh alasannya yaitu itu, dalam kegiatan penilaian alat ukur yang dipakai juga bervariasi bergantung pada jenis data yang ingin diperoleh. Berdasarkan uraian tersebut, terdapat istilah pengukuran dan penilaian. Sebagai bab dari penilaian kedua istilah tersebut akan dibahas lebih lanjut semoga tidak terjadi kesalahpahaman konsep.

Pengukuran (measurement) adalah proses penetapan angka terhadap suatu tanda-tanda berdasarkan hukum tertentu (Guilford, 1982 dalam Depdiknas, 2004:9). Safari (1997:3) mengartikan pengukuran sebagai suatu kegiatan untuk mendapat informasi/data secara kuantitatif. Secara tersirat kedua definisi tersebut membuktikan pengukuran merupakan proses proteksi angka atau perjuangan memperoleh deskripsi numerik sejauhmana penerima didik telah mencapai suatu tingkatan. Pengukuran sanggup memakai tes dan nontes.

Tes adalah seperangkat pertanyaan yang mempunyai jawaban benar atau salah. Tes dalam pembelajaran bahasa dikenal dengan tes bahasa yang target pokoknya yaitu tingkat kompetensi berbahasa penerima didik. Nontes seperangkat pertanyaan atau pernyataan yang instrumennya berbentuk kuesioner atau inventori.

Penilaian (assessment) merupakan suatu pernyataan berdasarkan sejumlah fakta untuk menjelaskan karakteristik seseorang atau sesuatu (Griffin dan Nix, 1991 dalam Depdiknas, 2004:10).  


Sumber:

Ariani, Farida dkk. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan


Baca juga:

Soal UTN 2017 Pengertian Evaluasi, Pengukuran, Tes, dan Penilaian

0 Response to "Pengertian Evaluasi, Pengukuran, Tes, Dan Penilaian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel