-->

Iklan

Pengertian, Fungsi, Dan Peranan Kurikulum

A.    Pengertian

Kurikulum ialah suatu rencana pendidikan, yang memperlihatkan pedoman perihal jenis, lingkup, urutan isi, serta proses pendidikan. Dengan aktivitas itu para siswa melaksanakan aneka macam kegiatan mencar ilmu sehingga terjadi perubahan dan perkembangan tingkah laris pada dirinya. Kurikulum sebagai rencana pembelajaran juga diartikan sebagai seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu

B.     Fungsi

1.      Fungsi penyesuaian

Kurikulum sebagai alat pendidikan harus bisa mengarahkan akseptor didik biar memilki sifat untuk bisa menyesuaikan dengan llingkungannya, baik lingkungan fisik maupun sosial.

2.      Fungsi pengintegrasian

Kurikulum sebagai alat pendidikan harus bisa menghasilkan pribadi-pribadi yang utuh, dalam hal ini orientasi dan fungsi kurikulum ialah mendidik akseptor didik biar memilki eksklusif yang integral. Siswa intinya merupakan anggota dan bab integral dari masyarakat.

3.      Fungsi perbedaan

Kurikulum sebagai alat pendidikan harus bisa memperlihatkan pelayanan terhadap perbedaan individu akseptor didik.

4.      Fungsi persiapan

Kurikulum sebagai alat pendidikan harus bisa mempersiapkan akseptor didik biar bisa melanjutkan studi lebih lanjut untuk suatu jangkauan yang lebih jauh, baik dalam memasuki pendidikan yang lebih tinggi ataupun dalam memasuki kehidupan dalam masyarakat.

5.      Fungsi pemilihan

Kurikulum sebagai alat pendidikan harus bisa memperlihatkan kesempatan kepada akseptor didik dalam menentukan programprogram mencar ilmu sesuai dengan kemampuan dan minatnya.

6.      Fungsi diagnostik

Kurikulum sebagai alat pendidikan harus bisa membantu dan mengarahkan akseptor didik untuk sanggup memahami kemampuan dan potensi yang ada dalam dirinya.

C.     Peranan

1.      Peranan konservatif

Peranan konservatif menekankan bahwa kurikulum sanggup dijadikan sebagai sarana untuk mentransmisikan nilai-nilai warisan budaya masa kemudian yang dianggap masih relevan dengan masa kini kepada anak didik sebagai generasi penerus.

2.      Peranan kreatif

Perkembangan ilmu pengetahuan dan aspek-aspek lainnya senantiasa terjadi setiap saat. Kurikulum melaksanakan kegiatankegiatan kreatif dan konstruktif, dalam arti menekankan bahwa kurikulum harus bisa menyebarkan sesuatu yang baru. Kurikulum harus sanggup membantu setiap akseptor didik dalam mengembangakan potensi dirinya.

3.      Peranan kritis dan evaluatif

Peranan ini dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan bahwa nilainilai dan budaya yang hidup dalam masyarakat senantiasa mengalami perubahan, sehingga pewarisan nilai-nilai dan budaya masa kemudian kepada akseptor didik perlu diadaptasi kondisi yang ada di masa sekarang.



Sumber:

Wibowo, Hari dkk. 2016. Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Baca juga:
Materi UTN 2017 Landasan dan Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum

0 Response to "Pengertian, Fungsi, Dan Peranan Kurikulum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel