Perkembangan Fisik Penerima Didik
Kuhlen dan Thompson mengemukakan bahwa perkembangan fisik individu mencakup empat aspek, yaitu:
(a) Otot-otot, yang mensugesti perkembangan kekuatan dan kemampuan motorik;
(b) Sistem syaraf yang sangat memengaruhi perkembangan kecerdasan dan emosi;
(c) Kelenjar Endokrin, yang mengakibatkan munculnya pola-pola tingkah laris baru, menyerupai pada usia cukup umur berkembang perasaan bahagia untuk aktif dalam suatu kegiatan, yang sebagian anggotanya terdiri atas lawan jenis;
(d) Struktur fisik/tubuh, yang mencakup tinggi, berat, dan proporsi.
Seifert dan Hoffnung (1994) beropini perkembangan fisik mencakup perubahan-perubahan dalam badan (seperti : pertumbuhan otak, sistem saraf, organ-organ indrawi, pertambahan tinggi dan berat, hormon, dan lain-lain), dan perubahan-perubahan dalam cara individu dalam memakai tubuhnya (seperti perkembangan keterampilan motorik dan perkembangan seksual), serta perubahan dalam kemampuan fisik (seperti penurunan fungsi jantung, penglihatan, dan sebagainya).
Sumber Pustaka
Wibowo, Hari dkk. 2016. Karakteristik Peserta Didik. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Untuk teladan soal kompetensi pedagogik dan pembahasannya secara lengkap baca DI SINI
0 Response to "Perkembangan Fisik Penerima Didik"
Posting Komentar