-->

Iklan

Sebutkan 10 Macam Petaka Dan Penyebabnya! Ini Jawabannya

10 Macam Bencana Alam dan penyebabnya – Bencana alam merupakan suatu kejadian yang sanggup membahayakan seluruh makhluk hidup disekitarnya. Kitapun sudah sering melihat artikel di surat kabar atau gosip di televisi perihal musibah yang terjadi di mana-mana. Untuk lebih mengenal lebih akrab perihal musibah dan faktor penyebabnya, berikut ini kami sampaikan 10 macam musibah dan penyebabnya. Sebelum kita menyimak lebih jauh lagi perihal macam-macam peristiwa alam, sebaiknya kita simak dulu apa yang dimaksud dengan peristiwa alam.

1. Pengertian Bencana Alam

Bencana alam itu apa? Bencana alam yaitu salah satu suatu kejadian atau kejadian yang terjadi pada alam yang sanggup mengakibatkan jumlah populasi pada insan atau makhluk hidup terancam. Bencana alam sulit atau bahkan mustahil untuk dihentikan. Akan tetapi sebagai manusia, kita hanya bisa mengurangi dampak yang diakibatkan oleh terjadinya peristiwa alam. 

Ada banyak sekali musibah yang pernah terjadi, baik di Indonesia atau bahkan di dunia ini sekalipun. Akan tetapi, kali ini kami akan membagikan 10 macam musibah yang sering terjadi di dunia ini, antara lain : gunung merapi, banjir, tanah longsor, kekeringan, angin puting beliung, dan sebagainya.


2. Macam-Macam Bencana Alam dan Penyebabnya

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, bahwa kami akan membagikan 10 macam musibah yang pernah terjadi, berikut ini uraiannya.

Bencana alam 1 : gempa bumi
Gempa bumi yakni sebuah getaran atau guncangan yang terjadi pada permukaan bumi sebagai proses pelepasan suatu energi dari dalam bumi. Penyebab becana gempa bumi yaitu lantaran adanya pergerakan pada kerak bumi atau lempeng bumi. Guncangan yang dibatkan oleh proses tersebut terjadi secara tiba-tiba sanggup membuat suatu gelombang seismik. 

Getaran dari peristiwa gempa bumi sanggup diukur mengggunakan alat pengukur getaran yang disebut seismometer. Hasil pengukuran yang dihasilkan oleh alat seismometer memakai skala moment magnitudo dan skala rickter, yaitu skala yang besarnya lokal 5 magnitude.

Daerah yang sering terkena peristiwa gempa bumi yaitu daerah-daerah yang memang akrab dengan adanya patahan lempengan bumi. Untuk negara Indonesia, tempat yang rawan gempa yaitu di sepanjang pantar  bagian barat (selatan) pulau sumatera dan jawa pulau jawa penggalan selatan. Gempa merupakan musibah yang tidak sanggup diperkirakan, oleh lantaran itu masyarakat yang tinggal di tempat rawan gempa biasanya sudah mempersiapkan banyak sekali cara untuk meminimalisir dampak yang diakibatkan oleh gempa bumi. Untuk mengurangi dampak yang diakibatkan oleh gempa, cara yang biasanya dipakai yaitu dengan membangun bangunan tahan gempa atau tidak memakai atap bangunan berupa genting, melainkan baja ringan.

Terjadinya peristiwa gempa bumi akan mengakibatkan banyak sekali kerusakan, antara lain :
1. Munculnya peristiwa kebakaran sesudah gempa.
2. Runtuhnya rumah, jembatan, gedung-gedung, dan terputusnya jalan raya.
3. Rusak serta hancurnya areal perkebunan, pertanian, dan perikanan
4. Rusaknya sarana dan prasarana 
5. kegiatan ekonomi masyarakat terganggu
6. Timbulnya kebocoran / jebolnya tanggul yang sanggup mengakibatkan terjadinya banjir

Bencana alam 2 : banjir
Banjir yaitu suatu musibah yang disebabkan oleh adanya curah hujan yang cukup tinggi dan tidak diimbangi oleh tersedianya drainase (saluran air) yang cukup memadai. Kondisi tersebut yakni penyebab terjadinya peristiwa banjir. Selain curah hujan dan susukan drainase, banjir juga sanggup disebabkan oleh luapan pada air sungai yang tidak sanggup dihadang oleh sistem perairan pada suatu daerah.

Selain faktor alam yang disampaikan, terkadang peristiwa banjir juga bisa diakibatkan lantaran faktor kegiatan insan sendiri, contohnya membuang sampah yang sembarangan, penebangan pohong-pohon dengan liar.

Bencana alam 3 : tsunami
Tsunami yakni suatu perpindahan tubuh suatu air maritim menuju daratan dengan jumlah yang besar-besaran yang bisa disebabkan lantaran adanya perubahan permukaan maritim secara vertikal pada dikala yang tiba-tiba. Penyebab tsunami yakni oleh adanya gempa bumi yang dikala itu berada di bawah laut, longsor bawah laut, letusan gunung berapi di bawah laut, atau hantaman meteor yang terjadi di laut.

Kata tsunami pada awalnya berasal dari bahasa negara jepang, tsu artinya pelabuhan, sedangkan nami artinya gelombang. Bencana tsunami ini yakni termasuk musibah yang sangat berbahaya, mengapa? Hal ini lantaran terjadinya tsunami tidak bisa diprediksi dan sangat sulit untuk mencegah tsunami yang mempunyai kecepatan tinggi.

Bencana alam 4 : gunung meletus
Penyebab terjadinya peristiwa gunung meletus yaitu adanya endapan magma yang ada pada perut bumi didorong keluar oleh gas yang ketika itu mempunyai tekanan tinggi. Perlu dicatat, bahwa sebuah gunung berapi bisa untuk terbentuk dari adanya letusan-letusan magma tersebut. Gunung meletus yakni salah satu dari macam musibah memang yang sangat dahsyat adanya.Letusan dari gunung berapi juga bisa menelan dan merenggut adanya korban jiwa serta bisa melibas harta benda yang cukup besar. 

Karena terjadinya gunung meletus yang diakibatkan oleh meningkatnya sebuah kegiatan magma yang berada di dalam perut bumi. Jika sebuah gunung akan meletus maka sanggup dideteksi dengan cara melihat kegiatan perkembangannya, mulai dari level siaga, waspada, awas, dan meletus.Gunung akan mengeluarkan banyak sekali macam jenis material yang ada pada perut bumi ketika meleus menyerupai awan panas, kerikil, batu, debu, hingga magmanya.

Gunung yang akan meletus zaman kini sudah sanggup diprediksi, jadi untuk meminimalisisr dampak yang diakibatkan, kita sanggup mengurangi korban dengan memberi peringatan kepada para warga semoga mengungsi menuju tempat yang lebih aman.

Selain berdampak negatif, gunung meletus juga mempunyai dampak konkret untuk masyarakat sekitar, yaitu sekitar 1 - 2 bulan sesudah terjadinya peristiwa gunung meletus, tumbuh-tumbuhan menjadi lebih subur, hal ini dikarenakan zat pada debu dan banyak sekali material yang telah dikeluarkan oleh gunung merapi mempunyai unsur hara yang sangat tinggi dan baik untuk tanah.

Gunung meletus akan menimbulkan beberapa kerusakan diberbagai sektor. Beberapa dampak negarif yang ditimbulkan oleh peristiwa gung meletus antara lain : 
1. Menimbulkan kebakaran tumbuhan dan hutan disekitarnya
2. Mengakibatkan kekurangan sumber air bersih 
3. Menimbulkan polusi udara dan menggangu jarak pandang penerbangan
4. Menimbulkan banyak korbanm baik manusia, tumbuhan, dan hewan 
5. Kerusakan lingkungan jawaban gempa bumi vulkanik.
6. Mengakibatkan kerusakan area pemukiman dan lahan pertanian jawaban banjir lahar hirau taacuh dan lahar panas 

Bencana alam 5 : kebakaran hutan liar
Penyebab kebakaran hutan sanggup terjadi oleh alam itu sendiri, akan tetapi bisa juga dihubungkan dengan ulah tangan insan yang tidak bertanggung jawab. Kebakaran hutan jikalau terjadi, maka cukup sulit untuk memadamkannya. Karena faktor luas tempat yang terbakar dan juga lantaran lokasinya yang memang jauh dari adanya tempat penanggulangan bencana.

Dampak atau ancaman yang terjadi lantaran terjadinya kebakaran hutan yaitu adanya asap yang sanggup merusak pernapasan. Kebakaran hutan dengan cara liar yakni kebakaran hutan yang memang terjadi di alam liar lantaran goresan ranting ataupun samabaran petir dan juga lantaran kemarau yang begitu panas. Apabila kebakaran hutan itu terjadi lantaran sikap manusia, maka bisa dipastikan bahwa lantaran danya keserakahan dari insan dalam membuka lahan tanpa harus melihat terlebih dahulu akan jawaban yang bisa ditimbulkan.

Bencana alam 6 : tanah longsor
Tanah longsor yakni suatu kejadian musibah geologi yang terjadi dikarenakan adanya pergerakan masa tanah atau batuan dengan banyak sekali jenis. Penyebab musibah tanah longsor secara umum ada dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. 

Faktor pendorong yakni faktor-faktor yang sanggup mempengaruhi suatu kondisi material itu sendiri. Sedangkan faktor pemicu yaitu sebuah faktor yang mengakibatkan dan mengakibatkan akan bergeraknya material tersebut.

Bisanya, longsor terjadi lantaran hujan yang cukup lebat dan pada tanah tersebut tidak ditumbuhi dengan pepohonan yang kuat. Pepohonan sangat berkhasiat untuk menahan tanah-tanah supaya tidak gampang untuk longsor atau terseret.

Selain itu, ada juga musibah tanah longsor yang terjadi dengan cara yang alami. Hal itu terjadi lantaran memang kondisi tanah yang kurang padat dan adanya curah hujan yang tinggi serta letak kemiringan yang sangat curam.

Bencana tanah longsor sanggup mengakibatkan terjadinya banyak sekali kerusakan, antara lain :
1. Rusaknya areal perkebunan dan pertanian 
2. Terputusnya jaringan listrik dan instalasi air minum.
3. Terputusnya jalan raya, dan jembatan
4. Dangkalnya danau dan jebolnya tanggul

Bencana alam 7 : kekeringan (Kemarau)

Kekeringan yaitu suatu keadaan dimana terjadi kekurangan pasokan pada air yang ada di suatu tempat dengan masa waktu yang sangat panjang (berbulan-bulan hingga hingga bertahun-tahun). Bencana kekeringan akan terjadi jikalau pada suatu tempat telah secara curah hujannya terus-menerus berada di bawah rata-rata.

Musibah kemarau yang panjang sanggup mengakibatkan terjadinya kekeringan dan cadangan air tanah akan menjadi habis yang diakibatkan lantaran penguapan (evaporasi), transpirasi dan lainnya.  Hampir tiap tahun peristiwa kemarau terjadi pada banyak sekali tempat yang ada di indonesia di negara-negara yang lainnya di dunia.

Bencana kemarau panjang sanggup menimbulkan banyak sekali kerusakan lingkungan hidup antara lain :
1. Sumur dan sumber air menjadi kering
2. Hutan terbakar jawaban kekeringan
3. Danau, sungai, dan areal pertanian menjadi kering
4. Tumbuhan dan padang rumput banyak yang mati 
5. Gagal panen bagi petani 

Bencana alam 8 : angin angin ribut atau angin puting beliung
Angin puting beliung atau angin angin ribut yaitu angin yang berputar dengan mempunyai kecepatan yang sangat tinggi. Angin tersebut bergerak secara garis lurus dengan usang durasi maksimal 5 menit. Bencana ini, biasanya di indonesia disebut dengan sebutan puting beliung atau juga angin lesus. Akan tetapi, di amerika serikat, angin tersebut disebut dengan sebutan angin tornado.

 Bencana alam merupakan suatu kejadian yang sanggup membahayakan seluruh makhluk hidup disek Sebutkan 10 Macam Bencana Alam dan Penyebabnya! Ini Jawabannya

Pada dikala ini musibah angin angin ribut belum sanggup diprediksi akan kejadiannya, lantaran teknologi yang masih kurang memadai. Akan tetapi, di negara-negara maju menyerupai amerika adanya peristiwa angin ribut sudah sanggup diprediksi kapan waktu akan terjadinya serta dimana tempatnya. Hasil prediksi ini sanggup dipakai untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan oleh angin topan. 

Bencana alam 9 : global warming (pemanasan global)
Pemanasan global (global warming) yakni suatu kejadian yang meningkatnya suhu rata-rata dari atmosfer bumi, maritim dan daratan bumi. Pemanasan global sanggup terjadi disebabkan lantaran imbas timbal balik, imbas rumah kaca, variasi matahari, dan lain-lain.

Bencana alam 10 : Bencana alam wabah 
Bencana wabah yaitu istilah umum dari sebutan suatu kejadian lantaran tersebarnya penyakit pada suatu tempat yang cukup luas. Bencana wabah yang dimaksud ini contohnya yaitu virus flu burung, antraks, dan sebagainya. Penyebab terjadinya wabah tersebut juga bernanekaragam, bisa lantaran faktor kelalaian insan atau juga lantaran kebersihan lingkungan yang kurang. 

Sedangkan untuk mengatasi wabah penyakit yang sudah tersebar disuatu daerah, biasanya akan dilakukan karantina dan derma vaksin melalui dinas kesehatan di tempat yang terkena virus wabah penyakit.

Demikian artikel yang membahas perihal 10 macam musibah dan penyebabnya. Semoga bermanfaat untuk pembaca.

0 Response to "Sebutkan 10 Macam Petaka Dan Penyebabnya! Ini Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel