-->

Iklan

Soal Kompetensi Pedagogik Teori Belajar


KOMPETENSI INTI GURU: MENGUASAI TEORI BELAJAR DAN PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN YANG MENDIDIK

1.    Teori ini  memandang berguru sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus)  dan akibat dari siswa (response) yang sanggup diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan akibat terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori berguru yang dimaksud adalah…           

A.  Behaviorisme   

B.  Humanistik       

C.  Sibernetik         

D.  Kontruktivisme

2.    Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, menciptakan dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, menunjukan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

A.  Sibernetik         

B.  Humannistik     

C.  Behaviorisme    

D.  Konstruktivisme

3.    Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran yaitu sebagai fasilitator, motivator, dan memperlihatkan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori berguru ini berusaha memahami sikap berguru dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori berguru ini yaitu ….

A.    Humanistik   

B.     Konstruktivisme         

C.     kognitivisme   

D.    Nativisme

4.    Pada masa sekarang siswa dituntut untuk sanggup berguru setiap dikala dan sanggup terjadi di manapun. Hal ini terjadi alasannya kemajuan teknologi yang memungkinkan berguru jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori berguru ….

A.  Sibernetik        

B.  Konstruktivisme           

C.  Behaviorisme    

D.  Kognitivisme 
5.      Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang gres sanggup terkait dengan pengetahuan usang yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang yaitu teori belajar…

A.    Behaviorisme

B.     Konstruktivisme

C.    Kognitivisme

D.    Sibernatik

Pembahasan

Macam-Macam Teori Belajar

ü  Behaviorisme: Teori berguru tingkah laris (behaviorisme) memandang berguru sebagai hasil dari  pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus)  dan akibat dari siswa (response) yang sanggup diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan akibat terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise).

ü  Kognitivisme: Menurut Piaget, struktur kognitif atau skemata (schema) yaitu suatu organisasi mental tingkat tinggi yang terbentuk pada dikala orang itu berinterkasi dengan lingkungannya. Sejalan dengan itu, pengetahuan atau pengalaman yang gres sanggup terkait dengan pengetahuan usang yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang.

ü  Konstruktivisme: Belajar untuk menemukan (learning by discovery is learning to discover). di kelas para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, menciptakan dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, menunjukan benar tidaknya dugaannya itu.

ü  Nativisme: berguru bahasa pada hakikatnya hanyalah proses pengisian detil kaidah-kaidah atau struktur aturan-aturan bahasa ke dalam LAD (Language Acquasition Device) yang sudah tersedia secara alamiah pada manusia.

ü  Humanistik: tujuan berguru yaitu untuk memanusiakan manusia. Proses balajar dianggap berhasil bila seorang pelajar telah memahami lingkungannya dan dirinya sendiri. Teori berguru ini berusaha memahami sikap berguru dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya.

ü  Sibernatik: berguru yaitu pengolahan atau pemrosesan informasi. Teori ini berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi dan ilmu informasi. Teori ini juga lebih mementingkan system info dari pesan atau bahan yang dipelajari.

UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN TERHADAP MATERI TEORI BELAJAR
BACA RINGKASAN MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK TEORI BELAJAR

0 Response to "Soal Kompetensi Pedagogik Teori Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel