-->

Iklan

Soal Utn Plpg 2017 Hakikat Bahasa Dan Pemerolehan Bahasa


MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA


MEMAHAMI HAKIKAT BAHASA DAN PEMEROLEHAN BAHASA


1.  Setiap bahasa memiliki ciri khas sendiri yang tidak dimiliki oleh bahasa lainnya.

Pernyataan ini menawarkan bahwa bahasa bersifat ...      

A.   arbitrer        

B.   variatif

C.   dinamis

D.   unik


Jawab: D

Pembahasan:

Arbitrer: yaitu tidak adanya relasi wajib antara lambang bahasa (yang berwujud suara itu) dengan konsep atau pengertian yang dimaksud oleh lambang tersebut (mana suka)

Variatif: bahasa bermacam-macam sesuai status sosial dan latar belakang budaya.

Dinamis: kegiatan insan itu selalu berubah, maka bahasa menjadi ikut berubah, menjadi tidak tetap, menjadi dinamis. Perubahan itu sanggup berupa pemunculan kata atau istilah baru, peralihan makna sebuah kata, dan perubahanperubahan lainnya.

Unik: setiap bahasa memiliki ciri khas sendiri yang tidak dimiliki oleh bahasa lainnya. Ciri khas

ini bisa menyangkut sistem bunyi, sistem pembentukan kata, sistem pembentukan kalimat, atau sistem-sistem lainnya.



2.     Salah satu teori pemerolehan bahasa menyatakan bahwa kematangan bernalar berbanding lurus dengan kemampuan berbahasa.

Konsep ini berpijak pada pandangan ...  

A.   kognitivisme

B.   nativisme     

C.   interaksionisme     

D.   behaviorisme


Jawab : A

Pembahasan:

Teori Kognitivisme: Perkembangan bahasa harus berlandaskan pada perubahan yang lebih fundamental dan lebih umum di dalam kognisi. Jadi, urutan-urutan perkembangan kognitif memilih urutan perkembangan bahasa

Teori Nativisme: bahasa hanya sanggup dikuasai oleh manusia, hewan mustahil sanggup menguasai bahasa manusia. setiap insan yang lahir sudah dibekali dengan suatu alat untuk memperoleh bahasa (language acquisition device, disingkat LAD).

Teori interaksionisme beranggapan bahwa pemerolehan bahasa merupakan hasil interaksi antara kemampuan mental pembelajaran dan lingkungan bahasa.

Teori behaviorisme:  menyoroti aspek sikap kebahasaan yang sanggup diamati pribadi dan relasi antara rangsangan (stimulus) dan reaksi (response).

3.     Penguasaan kemampuan memformulasikan kaidah yang berada pada level rumit yang dicapai anak pada usia prasekolah merupakan bab dari pemerolehan bahasa pada bidang ...

A.    fonologi

B.    morfologi      

C.     sintaksis        

D.    semantik


Jawab: B

Pembahasan:

Pemerolehan bahasa dalam bidang fonologi: semenjak anak dilahirkan hingga usia 6 bulan, hingga anak mengeluarkan celotehan.

Pemerolehan bahasa dalam bidang morfologi: bawah umur mempelajari morfem mula-mula bersifat hapalan. Hal ini diikuti dengan menciptakan akibat secara bernafsu perihal bentuk dan makna morfem. Akhirnya anak membentuk kaidah. Proses yang rumit ini dimulai pada periode prasekolah dan terus berlangsung hingga pada masa adolesen.

Pemerolehan Bahasa dalam bidang semantik: perkembangan kanak-kanak memperoleh makna suatu kata dengan cara menguasai fitur-fitur semantik kata itu satu demi satu hingga semua fitur semantik dikuasai, menyerupai yang dikuasai oleh orang dewasa.

Pemerolehan bahasa dalam bidang sintaksis: anak memulai berbahasa dengan mengucapkan satu kata atau bab kata. Kata ini, bagi anak, sebetulnya yaitu kalimat penuh.

Pemerolehan bahasa dalam bidang pragmatik : tahap pemerolehan pragmatik anak dipengaruhi oleh lingkungannya. Di dalam pemerolehan pragmatik, anak tidak hanya berbahasa tetapi juga memperoleh tindak berbahasa.

BACA JUGA SOAL ALIRAN LINGUISTIK



0 Response to "Soal Utn Plpg 2017 Hakikat Bahasa Dan Pemerolehan Bahasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel