-->

Iklan

Soal Utn Plpg 2017 Kompetensi Pedagogik


Petunjuk Mengerjakan: Pilihlah salah satu tanggapan yang sempurna dari lima pilihan (A, B, C, D, E)

1.    Howard Gardner beropini bahwa pada diri penerima didik mempunyai kecerdasan yang beraneka ragam yang dikenal dengan “multiple intelligence”. Berikut ini yang tidak termasuk jenis multiple intelligence ialah:

A. kecerdasan musikal dan logical matematika

B. kecerdasan linguistik dan kinestik

C. kecerdasan intrapersonal dan spatial

D. kecerdasan spiritual dan emosional

E.  kecerdasan interpersonal



2.    Unesco PBB menetapkan 4 pilar pendidikan, yaitu: Learning to know, learning to do, learning to live together dan ....

A. learning to be

B. learning to learn

C. learning to experience

D. learning to understand

E.  learning university



3.    Penerapan hukum kedisiplinan di sekolah yang berkait dengan pertolongan reward dan punishment merupakan merupakan perwujudan dari teori pendidikan …….

A. konstruktivistik

B. behavioristik

C. kognitivistik

D. konektivistik

E.  realistic



4.    Dalam pembelajaran yang berbasis konstruktivistik, guru lebih banyak berperan sebagai....

A. stimulan

B. fasilitator, kolaborator, inspirator

C. pelatih

D. panutan

E.  Instruktur



5.    Sekolah berkewajiban untuk membuatkan life skills siswa. Tujuannya yaitu semoga siswa ....

A. mampu hidup bahagia

B. memiliki ketrampilan vokasional

C. memiliki keunggulan akademik

D. mampu mengerjakan setiap butir soal dalam ujian

E.  mampu mandiri



6.    Guru sebagai pendidik profesional  mempunyai  tugas utama...

A. membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

B. mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

C. mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

D. mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

E. mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, penerima didik pada pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.



7.    “Ing ngarso sung tulodo,Ing madyo mangun karso,Tut wuri handayani” (Ki hajar Dewantoro). Manakah pernyataan dibawah ini yang mencerminkan bukan sikap guru dalam  prinsip kepemimpinan pembelajaran tersebut, yaitu...

A. guru harus bisa menjadi referensi yang baik bagi anak didiknya

B. guru menjadi sahabat berguru siswa

C. guru menjadi fasilitator dan inovator dalam proses pembelajaran

D. guru menjadi satu-satunya sumber belajar

E.  guru memperlihatkan penghargaan kepada siswa



8.    Seorang guru perlu bersikap inklusif dan objektif terhadap penerima didik, sahabat sejawat, dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran. Contoh berikut yang sesuai dengan pernyataan di atas yaitu ...

A. Dia yaitu seorang guru yang besar hati dan menjunjung tinggi pekerjaannya, dalam melaksanakan penilaian sesuai kemampuan penerima didik .

B. Dia yaitu seorang guru yang senantiasa berkomunikasi dengan orang bau tanah penerima didik terutama kalau ada permasalahan dari putera atau puterinya.

C. Sebagai seorang guru, beliau selalu menyayangi  dan memperhatikan perkembangan   peserta didiknya.

D. Ketika seorang guru memarahi penerima didik, ada guru lain tidak terima dan menasehati semoga tidak mengulangi.

E. Seorang guru selalu melaksanakan apa yang diusulkan oleh orang bau tanah penerima didiknya semoga tercipta keharmonisan.



9.    Kepribadian guru dengan menampilkan tindakan yang sesuai dengan norma religius  (iman dan takwa, jujur, ikhlas, suka menolong), dan mempunyai sikap yang diteladani penerima didik, maka guru tersebut … .

A. memiliki kepribadian yang dewasa

B. memiliki kepribadian yang mantap dan stabil,

C. memiliki kepribadian yang arif

D. memiliki kepribadian yang berwibawa

E.  memiliki moral mulia dan menjadi teladan



10.  Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang guru supaya menjadi teladan bagi penerima didik yaitu sebagai berikut, kecuali ….

A. Guru harus mempunyai sikap dan kepribadian utuh yang sanggup dijadikan tokoh panutan idola dalam seluruh segi kehidupannya

B. Guru harus berusaha menentukan dan melaksanakan perbuatan yang positif semoga sanggup mengangkat gambaran baik dan kewibawaannya

C. Guru harus mengimplementasikan nilai-nilai tinggi terutama yang diambilkan dari aliran agama

D. Guru harus mempunyai sifat terpuji yang dapat  diikuti oleh penerima didik

E. Guru harus dapat  mempengaruhi penerima didik semoga memalsukan tingkah lakunya



11. Learning dalam behaviorism menekankan adanya….

A. Perubahan pengetahuan

B. Interaksi terus-menerus

C. Perubahan perilaku

D. Pemaknaan informasi baru

E. Pembelajaran bermakna



12.  Pelaksanaan penilaian kinerja guru dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya penilaian kinerja guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang .................

A. Profesional, bermartabat dan sejahtera alasannya harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu

B. Mau mendapatkan tunjangan profesi pendidik dan mau membuatkan kompetensinya

C. Mau dan bisa membuatkan kompetensinya serta selalu mengharap-harap turunnya TPP.

D. Mau dan bisa meningkatkan layanan profesi pendidik yang bermutu.

E. Mau mendapatkan tunjangan profesi pendidik (TPP) tetapi tidak mau dimasukkan surga.



13.  Pedoman Pelaksanaan  Penilaian Kinerja  Guru ini disusun untuk memperluas pemahaman semua pihak terkait wacana prinsip, proses, dan mekanisme pelaksanaan  penilaian kinerja  guru, sebagai suatu sistem penilaian kinerja yang ………..

A. Berbasis kompetensi (competence-based)

B. berbasis bukti (evidence-based appraisal).

C. Berbasis administrasi sekolah (school-based management)

D. Berbasis proses (process-based)

E.  Berbasis hasil (product-based)



14.  Penilaian kinerja  guru yaitu penilaian  yang dilakukan terhadap …………

A. setiap butir kegiatan kiprah utama guru dalam rangka pelatihan karir, kepangkatan, dan jabatannya.

B. setiap butir kompetensi guru dalam rangka pelatihan karir, kepangkatan, dan jabatannya.

C. setiap butir kompetensi pedagogik dan professional guru dalam rangka pelatihan karir, kepangkatan, dan jabatannya.

D. setiap butir kompetensi kepribadian, pedagogic, social dan professional guru dalam rangka pelatihan karir, kepangkatan, dan jabatannya.

E. setiap butir kompetensi guru dan pemanis guru dalam rangka



15.  Guru sebagai pendidik profesional  mempunyai  tugas utama……….

A. membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah

B. mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah

C. mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah

D. mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah

E. mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah



16.  Ekspresi positifseorang guru diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut, kecuali....

A. Menyayangi penerima didik dalam kebaikan

B. Memberikan keteladanan dalam beribadah

C. Berdoa setiap mengawali berguru dan berdisiplin

D. Memberikan senyum, salam, sapa dan santun

E.  Marah-marah dan berlaku bernafsu terhadap orang lain



17.  Ciri-ciri pribadi yang mempunyai kecerdasan sosial yaitu ....

A. Adanya hubungan yang besar lengan berkuasa dengan Tuhan, memberi manfaat kepada lingkungan, dan menghasilkan karya untuk membangun orang lain

B. Bertanggungjawab, berdedikasi dan berwibawa

C. Berperilaku baik, bertanggungjawab dan disiplin

D. Profesional, pengalaman dan menggembangkan diri

E. Berjiwa sosial, profesional dalam bekerja dan jujur



18.  Cara  guru untuk  melakukan komunikasi untuk memperlihatkan hasil-hasil penemuan pembelajaran kepada komunitas profesi dilakukan  adalah ....

A. Lisan, goresan pena dan bentuk lain

B. Paparan

C. Media pembelajaran

D. Bahan pembelajaran

E.  Metode pembelajaran



19.  Manakah indikator kompetensi pedagogik berikut paling tepat?:

A. Mengenali penerima didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, membuatkan kurikulum, melaksanakan kegiatan yang mendidik, memahami dan membuatkan potensi penerima didik, guru memperlihatkan penghargaan terhadap aneka macam agama dan keyakinan yang dianut, melaksanakan penilaian dan evaluasi.

B. Mengenali penerima didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, membuatkan kerjasama dengan sahabat sejawat, melaksanakan kegiatan yang mendidik, memahami dan membuatkan potensi penerima didik, komunikasi dengan penerima didik, melaksanakan penilaian dan evaluasi.

C. Mengenali penerima didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, membuatkan kurikulum, melaksanakan kegiatan yang mendidik, memahami dan membuatkan potensi penerima didik, komunikasi dengan penerima didik, melaksanakan penilaian dan evaluasi.

D. Mengenali penerima didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, membuatkan kurikulum, melaksanakan kegiatan yang mendidik, memahami dan membuatkan potensi penerima didik, komunikasi dengan sopan dan santun, melaksanakan penilaian dan evaluasi.

E. Mengenali penerima didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, membuatkan kurikulum, melaksanakan kegiatan yang mendidik, memahami dan membuatkan potensi penerima didik, mengawali dan mengakhiri pembelajaran sempurna waktu, melaksanakan penilaian dan evaluasi.



20.  Kompetensi guru yang dipakai sebagai dasar PK Guru yaitu kiprah guru yang terkait dengan kiprah pembelajaran, pembimbingan, atau kiprah pemanis yang relevan dengan fungsi sekolah. Manakah dasar PK Guru yang terkait dengan kemampuan mengelola pembelajaran di kelas?:

A. Kompetensi profesional.

B. Kompetensi sosial.

C. Kompetensi pedagogik.

D. Kompetensi kepribadian.

E.  Inovasi dan kreativitas pembelajaran.



21.  Seorang guru mencatat dan memakai informasi wacana karakteristik penerima didik untuk membantu proses pembelajaran. Karakteristik penerima didik tersebut mencakup aneka macam aspek berikut:

A. Aspek fisik intelektual, sosial emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya.

B. Aspek fisik intelektual, sosial emosional, personal, dan latar belakang sosial budaya.

C. Aspek fisik intelektual, sosial personal, moral, dan latar belakang sosial budaya.

D. Aspek fisik intelektual, sosial emosional, moral, dan latar belakang suku agama.

E.  Aspek fisik intelektual, kolegial, moral, dan latar belakang sosial budaya.



22.  Dalam menentukan sumber berguru harus memperhatikan kriteria sebagai berikut:

A. Ekonomis: tidak harus terpatok pada harga yang mahal; Praktis: tidak memerlukan pengelolaan yang rumit, sulit dan langka,

B. Mudah: bersahabat dan tersedia di sekitar lingkungan kita,

C. Fleksibel: sanggup dimanfaatkan untuk aneka macam kompetensi dasar,

D. Sesuai dengan kompetensi dasar: mendukung proses dan pencapaian kompetensi dasar dan sanggup membangkitkan motivasi dan minat berguru siswa.

E. Semua tanggapan benar



23.  Fungsi sumber berguru dalam proses kegiatan berguru mengajar, antara lain:

A. Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan: (a) mempercepat laju berguru dan membantu guru untuk memakai waktu secara lebih baik dan efisien dan (b) mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi sehingga waktu sanggup lebih banyak dipakai untuk mengaktifkan penerima didik dalam pembelajaran.

B. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara: (a) mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional; dan (b) memperlihatkan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannnya.

C. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara: (a) perancangan jadwal pembelajaran yang lebih sistematis; dan (b) pengembangan materi pengajaran yang dilandasi oleh penelitian.

D. Memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas, dengan menyajikan informasi yang bisa menembus batas geografis.

E. Semua tanggapan benar



24.  Jika Anda melaksanakan kunjungan kelas dan memperhatikan guru telah memastikan bahwa semua penerima didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpertisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, maka guru tersebut perlu diberi skor maksimal pada indikator........:

A. Memahami prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.

B. Mengenali karakteristik penerima didik.

C. Menguasi teori mendidik.

D. Memahami perkembangan remaja.

E.  Pembelajaran yang mendidik.



25.  Guru profesional antara lain bisa menentukan materi pembelajaran. Manakah yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran dimaksud?:

A. Materi pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran.

B. Materi pembelajaran yang sempurna dan mutakhir.

C. Materi sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan berguru penerima didik.

D. Materi tidak harus sanggup dilaksanakan di kelas.

E.  Materi sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari penerima didik.



26.  Manakah kegiatan yang menggambarkan kompetensi pedagogik seorang guru?:

A. Guru mempunyai rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

B. Guru bisa mengelola pembelajaran yang menandakan bahwa guru dihormati oleh penerima didik.

C. Merancang planning pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi bimbing tertentu semoga penerima didik mencapai kompetensi dasar yang ditentukan.

D. Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.

E. Guru merasa besar hati dengan profesinya sebagai guru.



27.  Mengapa guru wajib merancang planning pembelajaran?:

A. Agar penerima didik sanggup mencapai Kompetensi Dasar/KD yang ditentukan.

B. Agar penerima didik sanggup berpartisipasi secara maksimal dalam proses pembelajaran.

C. Agar penerima didik tidak hingga mengganggu penerima didik lain pada ketika proses pembelajaran berlangsung.

D. Agar penerima didik termotivasi kemauan belajarnya.

E. Agar penerima didik terfasilitasi pengamalam belajarnya dengan baik.



28.  Berikut yaitu alasan paling sempurna guru perlu mengatur kelas pada ketika pembelajaran berlangsung:

A. Dapat memperlihatkan kesempatan berguru yang sama pada semua penerima didik dengan kelainan fisik dan kemampuan berguru yang berbeda.

B. Guru sanggup memperhatikan potensi dan kekurangan penerima didik.

C. Peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam pembelajaran.

D. Agar tidak membuka peluang penerima didik merugikan penerima didik lainnya.

E. Mencegah adanya sikap menyimpang dari penerima didik selama proses pembelajaran.



29.  Guru telah menetapkan aneka macam pendekatan, strategi, model, motode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif, hal tersebut berkaitan dengan standar kompetensi berikut:

A. Sosial.

B. Pedagogik.

C. Personal.

D. Profesional.

E.  Kepribadian.



30.  Peran guru dalam proses pembelajaran di sekolah harus mengondisikan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi penerima didikuntuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis penerima didik. Untuk itu setiap guru perlu memahami dan memakai prinsip pembelajaran yakni:

A. Dari penerima didik diberi tahu menuju penerima didik mencari tahu; Dari guru sebagai satu-satunya sumber berguru menjadi berguru berbasis aneka sumber belajar; Dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah;

B. Dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi; Dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu;

C. Dari pembelajaran yang menekankan tanggapan tunggal menuju; pembelajaran dengan tanggapan yang kebenarannya multi dimensi;

D. Dari pembelajaran verbalisme menuju keterampilan aplikatif; Peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan fisikal (hardskills) dan keterampilan mental (softskills);

E. Semua tanggapan benar.



31.  Elemen perubahan Kurikulum 2013 terutama berkaitan dengan ....

A. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Isi, dan Standar Pengelolaan.

B. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian.

C. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Penilaian, dan Standar Pembiayaan.

D. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Pengelolaan, dan Standar Penilaian.

E.  Struktur kurikulum, beban belajar, RPP, dan sistem penilaian



32.  Salah satu proses pembelajaran scientific yang baik adalah:

A. Mendorong dan menginspirasi penerima didik berpikir secara kritis, analistis, dan sempurna dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan substansi atau materi pembelajaran.

B. Penjelasan guru, cenderungmenggunakanpendekatantradisional.

C. Berbasis pada konsep, tanpalandasanteori, dan fakta empiris yang dapat

dipertanggungjawabkan.

D. Tujuan pembelajaran dirumuskan secara detail dan jelas, tanpamengindahkanpenyajiannya menarik.

E. Menerapkan langkah 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengomunikasikan) pada setiap pembelajaran.



33.  Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) merupakan salah satu model pembelajaran yang sanggup dipakai oleh guru dengan memakai pendekatan saintifik (scientific approach). Manakah yang tidak sempurna berkaitan dengan pernyataan tersebut?:

A. Pendekatan pembelajaran dimana siswa memperoleh pengetahuan berdasarkan cara kerja ilmiah.

B. Melalui pendekatan ini siswa akan diajak meniti jembatan emas sehingga ia tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan (knowledge) semata tetapi juga akan mendapatkan keterampilan dan sikap-sikap yang dibutuhkan dalam kehidupannya kelak.

C. Saat berguru memakai model pembelajaran berbasis proyek, siswa sanggup berlatih menalar secara induktif (inductive reasoning).

D. project based learning (model pembelajaran berbasis proyek) merupakan salah satu model pembelajaran dalam pendekatan saintifik

E. project based learning (model pembelajaran berbasis proyek) merupakan salah satu model pembelajaran dalam pendekatan saintifik yang berorientasi pada masalah.



34.  Model pembelajaran ini penerima didik difasilitasi melaksanakan pembelajaran aktif. Mereka benar-benar akan dibentuk aktif baik secara hands on (melalui kegiatan-kegiatan fisik), maupun secara minds on (melalui kegiatan-kegiatan berpikir/secara mental). Karena itulah, ruh dari pelaksanaaan model pembelajaran ini sesuai sekali dengan amanat Kurikulum 2013. Model pembelajaran yang dimaksud adalah:

A. Inkuiri

B. PBM (Problem Based Learning)

C. PBL (Project Based Learing)

D. Discovery learning

E.  Cooperative learning



35.  Model pembelajaran yang menyajikan duduk masalah kontekstual dimana penerima didik bekerja dalam tim untuk memecahkan duduk masalah dunia kasatmata (real world) sehingga merangsang penerima didik untuk belajar, merupakan ciri khas model pembelajaran berikut:

A. Inkuiri

B. PBL (Problem Based Learning)

C. PBL (Project Based Learing)

D. Discovery learning

E.  Cooperative learning



36.  Model-model pembelajaran selalu mempunyai kelebihan dan kekurangan sehingga guru sanggup mempertimbangkannya bilamana akan menerapkan model pembelajaran tersebut. Berikut yaitu kelebihan dari salah satu model pembelajaran :

“Dengam model pembelajaran ini berguru sanggup semakin bermakna dan sanggup diperluas ketika penerima didik  berhadapan dengan situasi di mana konsep diterapkan, penerima didik mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan secara simultan dan mengaplikasikannya dalam konteks yang relevan, oleh alhasil melalui pembelajaran ini sanggup meningkatkan kemampuan berpikir kritis, menumbuhkan inisiatif penerima didik dalam bekerja, motivasi internal untuk belajar, dan sanggup membuatkan hubungan interpersonal dalam bekerja kelompok”.

Model pembelajaran manakah yang mempunyai kelebihan ibarat pada informasi di atas?:

A. Inkuiri.

B. PBM (Problem Based Learning).

C. PBL (Project Based Learing).

D. Discovery learning.

E.  Cooperative learning.



37.  Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, penerima didik terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu fenomena terlebih dahulu. Kemudian penerima didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu guru merangsang penerima didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan duduk masalah yang ada. Guru mengarahkan penerima didik untuk bertanya, menandakan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka. Memanfaatkan lingkungan penerima didik untuk memperoleh pengalaman belajar. Guru memperlihatkan penugasan yang sanggup dilakukan di aneka macam konteks lingkungan penerima didik, antara lain di sekolah, keluarga dan masyarakat. Pembelajaran demikian merupakan salah satu referensi implementasi model pembelajaran berikut:

A. Inkuiri

B. PBM (Problem Based Learning)

C. PBL (Project Based Learing)

D. Discovery learning

E.  Cooperative learning



38.  Model pembelajaran ini mengacu kepada teori berguru yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila penerima didik tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi dibutuhkan penerima didik mengorganisasi sendiri.  Sebagai model pembelajaran, pembelajaran ini lebih menekankan pada ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui. Pembelajaran demikian merupakan ciri dari model pembelajaran berikut:

A. Inkuiri

B. PBM (Problem Based Learning)

C. PBL (Project Based Learing)

D. Discovery learning

E.  Cooperative learning



39.  Ranah kompetensi untuk dimensi sikap pada proses pembelajaran diperoleh melalui acara berikut:

A. Menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mencipta.

B. Menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan menalar.

C. Menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengevaluasi.

D. Menerima, menghayati, menghargai, menjiwai, menjalankan.

E.  Menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan.



40.  Penilaian kompetensi sikap dilakukan melalui kegiatan berikut:

A. Observasi, penilaian diri, penilaian sejawat, dan jurnal.

B. Observasi, penilaian diri, jurnal, dan portofolio.

C. Observasi, penilaian sejawat, jurnal, dan portofolio.

D. Observasi, penilaian diri, penilaian sejawat, dan projek.

E.  Observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan projek.



41.  Ranah kompetensi untuk dimensi pengetahuan pada proses pembelajaran diperoleh melalui acara berikut:

A. Mengingat, memahami, menerapkan, mensintesis, menganalisis, mencipta.

B. Mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, mencipta.

C. Mengingat, memahami, menerapkan, menalar, menganalisis, mengevaluasi.

D. Mengingat, memahami, menganalisis, mensintesis, mengevaluasi, mencipta.

E.  Mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.



42.  Penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan melalui acara berikut:

A. Penugasan, projek, dan portofolio

B. Penugasan, portofolio, dan tes tulis 

C. Tes tulis, tes lisan, dan penugasan

D. Tes tulis, penugasan, dan projek

E.  Tes tulis, tes lisan, dan jurnal



43.  Ranah kompetensi untuk keterampilan pada proses pembelajaran diperoleh melalui acara berikut:

A. Mengamati, menanya, memahami, mencoba, menalar, dan menyaji

B. Mengamati, menanya, mencoba, melakukan, menyaji, dan mencipta.

C. Mengamati, memahami, menanya, mencoba, menalar, menyimpulkan.

D. Mengamati, menanya, memahami, menalar, menyaji, dan mencipta.

E.  Mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji dan mencipta.



44.  Penilaian kompetensi keterampilan dilakukan melalui acara berikut:

A. Tes praktik, tes tulis, projek, dan portofolio

B. Tes lisan, tes tulis, praktik, dan portofolio

C. Tes lisan, tes tulis, projek, dan portofolio

D. Tes lisan, tes tulis, tes praktik, dan projek

E.  Portofolio, projek, penugasan, dan tes praktek



45.  Rumusan duduk masalah dalam PTK berikut, yang mana paling sempurna disebut sebagai rumusan duduk masalah PTK?

A. apakah imbas permainan kiprah sanggup meningkatkan keaktifan siswa kelas XISMKN Malang

B. bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XII SMKN 10 Malang

C. mengapa siswa Sekolah Menengah kejuruan Negeri 1 Arcapadha selalu menjadi juara dalam aneka macam perlombaan nasional

D. bagaimana cara memakai alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah

E. bagaimana cara memanfaatkan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah



46.  Kompetensi guru yang memperlihatkan kemampuan memahami konsep pembelajaran dan lingkungan pembelajaran yaitu ...............

A. kompetensi kepribadian

B. kompetensi profesional

C. kompetensi social

D. kompetensi pedagogik

E.  kompetensi pengetahuan



47.  Penelitihan Tindakan Kelas (PTK) merupakan proses spiral yang terdiri dari empat langkah kegiatan, yaitu .......

A. perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi

B. perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi

C. perencanaan, tindakan, refleksi, evluasi

D. evaluasi, perencanaan, tindakan, refleksi

E.  refleksi  perencanaan, penerapan, evaluasi



48.  Tujuan penelitian Tindakan Kelas yaitu untuk ......

A. mengungkapkan kebenaran

B. menjawab duduk masalah guru

C. memperbaiki kinerja guru

D. mengumpulkan informasi

E.  meningkatkan mutu sekolah



49.  Dalam Penelitian tindakan kelas, duduk masalah yang diteliti berasal dari ......

A. kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar

B. keriasauan pendidik akan mutu pendidikan

C. keinginan untuk membantu guru

D. kepedulian peneliti akan kinerja guru

E.  memperbaiki kinerja guru



50.  Syarat karya tulis ilmiah yang baik berdasarkan Buku V Pedoman Penilaian Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yaitu ……

A. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten

B. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik

C. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik dan Holistik

D. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Holistik

E.  Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik, Holistik dan Realsitk







0 Response to "Soal Utn Plpg 2017 Kompetensi Pedagogik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel