-->

Iklan

Soal Utn Plpg 2017 Perkembangan Akseptor Didik


KOMPETENSI PEDAGOGIK

MENGUASAI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK DARI ASPEK FISIK, MORAL, SPIRITUAL, SOSIAL, KULTURAL, EMOSIONAL, DAN INTELEKTUAL

1.     Seorang anak menaati standar-standar internal tertentu, tetapi mereka tidak menaati standar-standar orang lain, ibarat orang bau tanah maupun masyarakat. Hal ini merupakan rujukan sikap pada tahapan . . .

A.penalaran prakonvensional

B. penalaran konvensional

C. penalaran pascakonvensional            

D.penalaran interkonvensional

Jawab : B

Pembahasan:

Tiga tahap perkembangan berdasarkan Kohlberg

a.     Penalaran Prakonvesional: Pada tingkat ini anak tidak memperlihatkan internalisasi nilai-nilai moral, kebijaksanaan budi moral dikendalikan oleh imbalan (hadiah) dan eksekusi ekternal.

b.     Penalaran Konvensional: Pada tingkat ini seorang menaati standar-standar (internal) tertentu, tetapi mereka tidak mentaati standar-standar (internal) orang lain, ibarat orangtua atau masyarakat.

c.      Penalaran Pascakonvensional: Pada tingkat ini moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Seorang mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan lalu tetapkan berdasarkan suatu arahan moral pribadi.



2.  Berikut merupakan faktor sentral yang memengaruhi perkembangan kognitif penerima didik  adalah . .

A.   psikologis   

B.   individu      

C.   perasaan

D.   gaya pengasuhan

Jawab : D

Pembahasan: Pola pengasuhan merupakan cikal bakal perkembangan kognitif anak sebab ketika anak diasuh secara tidak sesuai dengan semestinya, ini akan berakibat pada perkembangan kognitif anak, bahkan pada perkembangan mental anak tersebut.



3.     Seorang penerima didik mau mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada ketika ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar.  Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan berguru dalam hal ....

A.   gangguan simbolik       

B.   gangguan nonsimbolik   

C.   kesulitan akademis        

D.   gangguan sosial

Jawab: A

Pembahasan

Ada empat jenis kesulitan/gangguan berguru yang seringkali ditemui dalam perkembangan seorang anak, yaitu sebagai berikut.

a.     Kesulitan berguru akademis, mencakup kesulitan membaca, kesulitan menulis, dan kesulitan berhitung

b.     Gangguan Simbolik,  yaitu ketidakmampuan anak untuk sanggup memahami suatu obyek sekalipun ia tidak mempunyai kelainan pada organ tubuhnya. Ciri-cirinya antara lain yakni :

1) Siswa bisa mendengar tapi tidak mengerti apa yang didengar;

2) Mampu mengaitkan obyek yang dilihat, namun mengalami gangguan pengamatan (visual reseptive)

3) Mengalami gangguan gerak-gerik (motoraphasia)

 c.   Gangguan nonsimbolik, yaitu ketidakmampuan anak untuk memahami isi pelajaran sebab ia mengalami kesulitan untuk mengulang kembali apa yang telah dipelajarinya.

 d.   Gangguan sosial emosional, yaitu gangguan anak yang berkaitan dengan kejiwaan dan lingkungan social, contohnya hiperaktif , yaitu anak yang cenderung tidak bisa diam, distractibility child, yaitu anak yang seringkali mengalihkan perhatiannya ke aneka macam obyek lain di kelas, dan sebagainya.





0 Response to "Soal Utn Plpg 2017 Perkembangan Akseptor Didik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel