-->

Iklan

Ogn 2017 Bahasa Indonesia Bahan Resensi Karya Sastra


RESENSI

Resensi ialah sebuah bentuk goresan pena yang berupa uraian atau ulasan mengenai nilai (mutu) sebuah buku yang berisi pertimbangan baik buruknya sebuah buku. Tujuan resensi ialah untuk memberi rangsangan kepada pembaca supaya membaca dan mempunyai buku tertentu. Resensi sanggup membantu penerbit atau pengarang memperkenalkan buku yang gres diterbitkan.

1.      Susunan resensi:
Identitas buku, meliputi: judul buku, nama pengarang, nama penerbit, daerah dan tahun terbit, dan tebal buku.

2.      Latar belakang buku, dimulai dengan: mengemukakan tema buku secara singkat dengan dilengkapi deskripsi isi buku. Deskripsi buku menyangkut isi atau atau ringkasan buku. Penulis resensi sanggup pula memperkenalkan pengarang buku serta hasil karya-karyanya.

3.      Macam atau jenis buku. Penulis harus mengklasifikasikan jenis buku, apakah ia termasuk fiksi, atau nonfiksi.

4.      Keunggulan buku dan kelemahan buku . Meliputi  organisasi atau kerangka karangan, isi, bahasa, serta teknik penulisan buku yang digunakan.

5.      Nilai buku. Nilai sebuah buku gres akan makin terperinci bila dibandingkan dengan karya-karya lainnya, baik ditulis oleh pengarang itu sendiri atau orang lainnya.

Petunjuk: tulislah kelebihan dan atau kekurangan buku menurut kutipan resensi berikut ini.

NO
Resensi
Kelebihan
Kekurangan
1
Percampuran bahasa Melayu dan Belanda yang ada memang cukup memusingkan, apalagi bagi anak remaja dan cukup umur zaman sekarang. Bahasa Melayu sudah sangat jarang dipakai. Namun, sesungguhnya tak ada kesalahan dalam roman ini. Abdoel Moeis memang seorang penulis yang imajinatif. Awal roman yang indah, jalan dongeng yang menarik, ditutup dengan final yang tragis namun dengan bahasa yang indah, sehingga seakan-akan pembaca tidak merasa bahwa Hanafi melaksanakan perbuatan dosa. Novel ini diakhiri dengan penyesalan Hanafi yang telah menyia-nyiakan Rapiah, istri pilihan ibunya
Roman ini diawali dengan cara yang indah, jalan dongeng yang menarik, ditutup dengan final yang tragis namun dengan bahasa yang indah.
Percampuran bahasa Melayu dan Belanda yang terdapat pada novel ini  cukup memusingkan, apalagi bagi anak remaja dan cukup umur zaman sekarang.
2
Novel "Bekisar Merah" dengan tokoh Sasi mengisahkan kehidupan
penduduk Karangsoga yang miskin. Pemaparan alam pedesaan sangat kuat. Tokoh dongeng digambarkan melalui bunyi batinnya. Penulisannya sangat bersahabat dengan situasi pedesaan dan kemiskinan.
Penulis yang bersahabat dengan alam pedesaan bisa mengangkat desa miskin Karangsoga melalui batin pelakunya dalam sebuah novel.

3
Novel Memory in Sorong mengisahkan seorang gadis (Ajeng) mengemban misi "penyelamatan keluarga" sesudah tahu bahwa ibunya (Retno) ditinggal kawin lagi oleh ayahnya (Himawan). Sambil menjalankan kiprah sebagai jurnalis televisi, Ajeng terbang ke Sorong untuk mencari Anneke—selingkuhan sang ayah. Penyajian alur dongeng terasa sangat biasa sehingga

membaca novel ini tidak memperlihatkan sesuatu yang mendorong keingintahuan wacana peristiwa-peristiwa berikutnya. Dengan kata lain, pembaca seakan bisa menebak kisah-kisah yang akan dilakukan si tokoh sebagai lazimnya "perselingkuhan".

Alur dongeng terasa biasa dan gampang ditebak si pembaca kelanjutan ceritanya.

4
Kisah yang diuraikan dalam buku karya Agatha Christie ini memakai alur maju dengan beberapa kali flashback ini cukup mengasyikkan untuk dibaca. Di dalamnya, banyak hal-hal tak terduga yang terjadi, antara lain mengenai huruf tokoh yang sulit ditebak, dan juga pelaku pembunuhan yang misterius. Setiap babak selalu memunculkan hal-hal yang baru, sehingga sanggup membangun suasana yang berbeda-beda. Cerita ini memakai bahasa percakapan sehari-hari yang sanggup dengan gampang dimengerti oleh pembaca. Istilah-istilah khusus hanya digunakan sesekali dalam cerita. Hanya saja, kadang tokoh dongeng memberikan sesuatu dengan kalimat yang panjang, ibarat pada obrolan antara Miss Marple dan Tuan Rafiel, sehingga membosankan pembaca.
mengasyikkan untuk dibaca. Di dalamnya, banyak hal-hal tak terduga yang terjadi, antara lain mengenai huruf tokoh yang sulit ditebak, dan juga pelaku pembunuhan yang misterius. Setiap babak selalu memunculkan hal-hal yang baru, sehingga sanggup membangun suasana yang berbeda-beda
kadang tokoh dongeng memberikan sesuatu dengan kalimat yang panjang, sehingga membosankan pembaca.
5
Bab pertama novel Sang Pemimpi karya  Andrea Hirata menceritakan bahwa dirinya yang dipanggil Ikal dan kedua temannya, Arai dan Jimbron ialah tiga remaja yang begitu nakalnya sehingga mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, tokoh antagonis dalam buku ini.  Namun,  pada bab-bab berikutnya pembaca akan melihat potongan-potongan kisah yang ibarat berdiri sendiri, sehingga seakan-akan Andrea hanya menciptakan cerpen-cerpen dalam satu buku. Tapi sebetulnya pada setiap bab, mulai awal sampai akhir, mempunyai relasi yang sangat erat. Seperti mozaik-mozaik dalam kehidupan. Novel yang disajikan dengan bahasa yang bagus ini bisa menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut mencicipi kebahagiaan, semangat keputusasaan ,dan kesedihan.
Novel ini  disajikan dengan bahasa yang bagus sehingga  mampu menyihir pembaca. Dengan demikian pembaca bisa ikut mencicipi kebahagiaan, semangat keputusasaan ,dan kesedihan.
Dalam novel ini penyajiannya terdiri atas potongan-potongan kisah yang ibarat berdiri sendiri, sehingga seakan-akan Andrea hanya menciptakan cerpen-cerpen dalam satu buku.
6
Dalam buku Hujan Kepagian ini bisa dilihat banyak sisi  yang  lebih  manusiawi.  Pengarangnya sendiri juga terlibat eksklusif dalam usaha kemerdekaan ketika menjadi anggota tentara pelajar.

Pengalaman-pengalaman selama revolusi ini sangat menarik.
Dalam buku ini, antara satu insiden dengan insiden lainnya terdapat keterkaitan. Isi ceritanya sangat unik dan menarik. Bahasa yang digunakan pengarang sederhana, tetapi memikat. Kalimat-kalimat dalam paragraf disusun secara runtut sehingga gampang dipahami.
Isi ceritanya sangat unik dan menarik. Bahasa yang digunakan pengarang sederhana, tetapi

memikat. Kalimat-kalimat dalam paragraf disusun secara runtut sehingga gampang dipahami.





0 Response to "Ogn 2017 Bahasa Indonesia Bahan Resensi Karya Sastra"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel