-->

Iklan

Soal Ogn 2017 Model, Metode, Strategi, Dan Langkah-Langkah Pembelajaran


I.                   SOAL TEORETIS

1.      Dalam mengawali pelajarannya, Pak Dudung merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan banyak sekali teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Langkah yang dilakukan Pak Edi itu merupakan serpihan dari model pembelajaran…

A.    saintifik   

B.     berbasis masalah   

C.     penemuan 

D.    berbasis proyek

2.      Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, penerima didik terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu fenomena terlebih dahulu. Kemudian penerima didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu kiprah guru ialah meransang penerima didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan duduk masalah yang ada. Tugas guru ialah mengarahkan penerima didik untuk bertanya, menandakan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.  Kegiatan yang dilakukan guru tersebut mengisyaratkan implementasi  model pembelajaran ....

A.    project based learning      

B.     inquiry learning    

C.     discovery learning

D.    problem based learning

3.      Seorang guru mengajar pada suatu kelas pada jam ke terakhir. Berikut ini yang sanggup dilakukan oleh guru semoga pembelajaran sanggup mencapai tujuan.

A.    Melaksanakan pembelajaran dengan menunjukkan kiprah yang menarik dan merangsang berpikir siswa

B.     Membebaskan kegiatan siswa dan memutarkan film dan musik semoga siswa terhibur.

C.     Mengawasi siswa dengan ketat semoga tidak ada siswa yang mengantuk.

D.    Meminta siswa mengerjakan Lomba Kompetensi Siswa dan menimbulkan kiprah rumah kalau tidak selesai.

II.                SOAL APLIKATIF

4.      Dalam suatu pelaksanaan pembelajaran berbicara dengan KD "Menceritakan banyak sekali pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang sempurna guru membagi siswa ke dalam kelompok menurut nomor yang sudah ditentukan oieh guru. Dalam kelompok mereka saling bercerita perihal pengalaman yang menarik. Guru menunjuk siswa bemomor tertentu dalam setiap kelompok untuk memberikan pengalaman yang paling menarik. Anggota kelompok dan kelompok lain boleh menunjukkan pendapatnya perihal ketepatan pilihan kata dan ekspresi yang dipakai dengan menunjukkan alasan yang logis. Bersama dengan siswa guru menyimpulkan hasil diskusi dan menunjukkan evaluasi kelompok yang terbaik.

Berdasarkan konteks pembelajaran langkah yang perlu diperbaiki oleh guru adalah...

A.           Pemberian kesempatan bercerita

B.           Pembagian kelompok

C.           Jenis penilaian

D.           Pemberian nomor pada siswa

5.      Berdasarkan KD "Membacakan banyak sekali teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat".

Berikut ini rancangan pembelajaran dengan metode yang tepat, kecuali

A.        Metode Iangsung yaitu siswa diajak dalam kegiatan upacara bendera dan membacakan teks perangkat upacaranya.

B.        Metode ceramah yaitu guru memberi klarifikasi kepada siswa bagaimana cara membaca teks perangkat upacara dengan benar.

C.       Metode simulasi yaitu guru menciptakan suasana upacara bendara di kelas dan siswa membaca teks perangkat upacaranya.

D.       Metode bermaian kiprah yaitu siswa memerankan pelaku dalam upacara bendera yang sedang membacakan teks perangkat upacara.

6.      Dalam pembelajaran dengan KD "Membahas isi puisi berkenaan dengan citra penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi" guru membagi siswa dalam kelompok diskusi jago yang terdiri atas kelompok jago penginderaan, kelompok jago perasaan dan pikiran dan kelompok jago imajinasi. Setelah itu setiap kelompok mempelajari bahan tersebut setiap kelompok mengirimkan seorang ahlinya ke setiap kelompok. Setelah itu guru membagikan puisi yang sama untuk dibahas menurut informasi yang telah dikumpulkan dan tim ahli. Setelah itu, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan guru memberi penguatan.

Dalam pembelajaran tersebut guru memakai metode....

A.           diskusi kelompok

B.           kontekstual

C.           kepala bemomor

D.           jigsaw

7.      Berdasarkan KD "Menulis naskah drama menurut cerpen yang sudah dibaca" rancangan pembelajaran PAKEM yang sempurna adalah....

A.        Guru meminta siswa untuk membaca cerpen yang mereka sukai kemudian menuliskannya menjadi naskah drama sebagai kiprah rumah.

B.        Guru meminta siswa membaca sebuah novel secara berkelompok, kemudian mengubahnya menjadi naskah drama dan mementaskannya.

C.        Guru membacakan sebuah cerpen yang disukai oleh siswa kemudian siswa diminta untuk menuliskan kembali dalam bentuk naskah drama.

D.        Guru meminta siswa berdiskusi di perpustakaan perihal cerpen dan mengidentifikasi tokoh cerpen untuk dibentuk naskah dramanya kemudian dipentaskan.

8.      Berdasarkan KD "Menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya" berikut ini ialah rancangan pelaksanaan pembelajaran dengan tepat.

A.     Guru memutarkan sebuah rekaman rapat. Guru meminta siswa mendiskusikan hal-hal yang dibahas dalam rapat tersebut. Kemudian, guru meminta siswa mendiskusikan hal-hal yang dilakukan dalam sebuah rapat. Setelah itu, guru memberi klarifikasi perihal notulen rapat. Kemudian dalam kelompok siswa diminta untuk menulis notulen rapat.

B.     Guru mengawali dengan klarifikasi perihal tujuan dan latar belakang pembelajaran Setelah itu, guru menunjukkan notulen rapat kepada siswa kemudian siwa diminta untuk mendiskusikan hal-hal yang terdapat dalam notulen rapat. Kemudian guru menciptakan simulasi rapat dan siswa diminta untuk menciptakan notula menurut referensi notula yang diberikan.

C.     Guru memutarkan sebuah rekaman rapat. Setelah itu, guru meminta setiap siswa menuliskan satu kalimat menurut rekaman rapat tersebut dan menempelkannya di papan tulis. Guru bahu-membahu dengan siswa mengidentifikasi kalimat-kalimat efektif dan kalimat yang berisi pokok-pokok rapat. Kemudian, guru meminta siswa untuk mendiskusikan kalimat efektif tersebut dalam kelompok.

D.     Guru melaksanakan curah pendapat dengan siswa perihal notulen rapat. Setelah itu, siswa membentuk kelompok untuk mendiskusikan perihal notula rapat, Kemudian, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Bersama-sama dengan siswa guru melaksanakan konfirmasi.

 POSTINGAN TERKAIT
1. BAHAN LENGKAP PERSIAPAN OGN BACA DI SINI
2. CONTOH BEST PRACTICE BABAK FINAL OGN BACA DI SINI
3. CONTOH RISALAH AKADEMIK BABAK FINAL OGN BACA DI SINI



0 Response to "Soal Ogn 2017 Model, Metode, Strategi, Dan Langkah-Langkah Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel