-->

Iklan

Soal Ogn 2017 Smp Bahasa Indonesia Menulis (Pedagogik)


BAHAN PERSIAPAN OGN 2017 SMP

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

KOMPETENSI PEDAGOGIK MENULIS

1. Berdasarkan KD "Menulis naskah drama menurut cerpen yang sudah dibaca" rancangan pembelajaran PAKEM yang sempurna adalah....

A.        Guru meminta siswa untuk membaca cerpen yang mereka sukai kemudian menuliskannya menjadi naskah drama sebagai kiprah rumah.

B.        Guru meminta siswa membaca sebuah novel secara berkelompok, kemudian mengubahnya menjadi naskah drama dan mementaskannya.

C.        Guru membacakan sebuah cerpen yang disukai oleh siswa kemudian siswa diminta untuk menuliskan kembali dalam bentuk naskah drama.

D.        Guru meminta siswa berdiskusi di perpustakaan wacana cerpen dan mengidentifikasi tokoh cerpen untuk dibentuk naskah dramanya kemudian dipentaskan.

2. Dalam pembelajaran menulis dengan KD "Mendeskripsikan sikap insan melalui dialog

naskah drama". Guru membentuk siswa dalam sebuah kelompok. Kemudian, siswa diminta mendiskusikan sikap insan dalam drama tersebut. Setelah itu, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.

Berdasarkan rancangan pembelajaran tersebut berikut ini media yang sempurna adalah....

A.     Video pementasan drama.

B.     Pementasan drama.

C.     Simulasi drama.

D.     Naskah drama.



3. Perhatikan tabel berikut.

KD
Indikator
Teknik penilaian
Soal
Menulis naskah – drama menurut insiden nyata
Mampu menulis konflik dalam naskah drama menurut gambar peristiwa
1. tes tertulis
1. Tulislah sebuah obrolan drama yang menggambarkan konflik menurut gambar.
2. penugasan
2.Buatlah sebuah naskah drama menurut insiden nyata!
3.                   unjuk kerja
3. Buatlah sebuah obrolan drama yang menggambarkan konflik menurut gambar.



Berdasarkan tabel di atas hal yang kurang sempurna adalah....

A.        Soal untuk penugasan tidak sesuai dengan indikator.

B.        Teknik tes unjuk kerja tidak sempurna sesuai dengan indikator.

C.       Indikator tidak sanggup mengukur kompetensi dasar.

D.       Soal nomor tiga kurang sesuai dengan indikator.

4. Berdasarkan KD "Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif. Berikut ini bahan pembelajaran yang sempurna untuk KD tersebut adalah....

A.     Paragraf deskripsi dan laporan.

B.     Paragraf deskriptif dan observasi.

C.    Jenis-jenis paragraf dan laporan.

D.    Jenis-jenis paragraf dan observasi.

5. Berdasarkan KD "Menulis surat langsung dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa" berikut ini yakni kriteria evaluasi yang tepat....

A.     Kualitas isi, organisasi dan penyajian isi, gaya bahasa, prosedur tulisan.

B.     Komposisi surat, pilihan bentuk surat, organisasi isi, bentuk tulisan, tata bahasa.

C.     Ruang lingkup isi, gaya bahasa, prosedur penulisan surat, tata bahasa.

D.     Bentuk surat, organisasi dan penyajian isi, pilihan kata, dan tata

6. Berdasarkan KD "Menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya" berikut ini yakni rancangan pelaksanaan pembelajaran dengan tepat.

A.     Guru memutarkan sebuah rekaman rapat. Guru meminta siswa mendiskusikan hal-hal yang dibahas dalam rapat tersebut. Kemudian, guru meminta siswa mendiskusikan hal-hal yang dilakukan dalam sebuah rapat. Setelah itu, guru memberi klarifikasi wacana notulen rapat. Kemudian dalam kelompok siswa diminta untuk menulis notulen rapat.

B.     Guru mengawali dengan klarifikasi wacana tujuan dan latar belakang pembelajaran Setelah itu, guru menawarkan notulen rapat kepada siswa kemudian siwa diminta untuk mendiskusikan hal-hal yang terdapat dalam notulen rapat. Kemudian guru menciptakan simulasi rapat dan siswa diminta untuk menciptakan notula menurut pola notula yang diberikan.

C.     Guru memutarkan sebuah rekaman rapat. Setelah itu, guru meminta setiap siswa menuliskan satu kalimat menurut rekaman rapat tersebut dan

menempelkannya di papan tulis. Guru gotong royong dengan siswa mengidentifikasi kalimat-kalimat efektif dan kalimat yang berisi pokok-pokok rapat. Kemudian, guru meminta siswa untuk mendiskusikan kalimat efektif tersebut dalam kelompok.

D.     Guru melaksanakan curah pendapat dengan siswa wacana notulen rapat. Setelah itu, siswa membentuk kelompok untuk mendiskusikan wacana notula rapat, Kemudian, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Bersama-sama dengan siswa guru melaksanakan konfirmasi.

PEMBAHASAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI

POSTINGAN TERKAIT

SOAL MENULIS PROFESIONAL BACA DI SINI

SOAL MENDENGARKAN BACA DI SINI

SOAL MEMBACA BACA DI SINI

SOAL BERBICARA BACA DI SINI


0 Response to "Soal Ogn 2017 Smp Bahasa Indonesia Menulis (Pedagogik)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel