-->

Iklan

Soal Ogn 2017 Tanya Jawab Kompetensi Pedagogik Iii Dan V


 PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG KONDUSIF DAN PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK
BAHAN PERSIAPAN OLIMPIADE GURU NASIONAL 2017

1.    Bagaimanakah langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik? Berikan contoh!

Pembelajaran dengan pendekatan saintifik dilaksanakan dengan lima langkah yang disingkat dengan 5M, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

a. Mengamati

Kegiatan Belajarnya mengamati: melihat, membaca, mendengar, menyimak (tanpa atau dengan alat).

2.      Menanya

Kegiatan Belajarnya: Mengajukan pertanyaan wacana gosip yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat gosip pelengkap wacana apa yang diamati dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik).

3.      Mengumpulkan Informasi/ Eksperimen

Kegiatan Belajarnya: Melakukan eksperimen, Membaca sumber lain selain buku teks, Mengamati objek/kejadian, Aktivitas Wawancara dengan narasumber

4.      Mengasosiasikan/ Mengolah

Kegiatan Belajarnya

Mengolah gosip yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil acara mengumpulkan/eksperimen maupun hasil mengamati dan acara mengumpulkan informasi

5.      Mengkomunikasikan         

Kegiatan Belajarnya : Menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan  hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnnya.

KONSEP PENDEKATAN SAINTIFIK BACA DI SINI

CONTOH RPP DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BACA DI SINI

2.    Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran discovery learning? Jelaskan langkah-langkah discovery learning dan buatlah teladan dalam perencanaan pembelajaran  

Model Discovery Learning ialah teori berguru yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila pelajar tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi dibutuhkan siswa mengorganisasi sendiri.

Pelaksanaan pembelajaran dengan model discovery learning mencakup 6 tahap, yaitu

a. Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)   

b.  Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)     

c.  Data collection (Pengumpulan Data).     

d.  Data Processing (Pengolahan Data)     

e.  Verification (Pembuktian)

f.  Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

PEMBAHASAN LENGKAP DISCOVERY LEARNING BACA DI SINI

CONTOH RPP DISCOVERY LEARNING BACA DI SINI

3. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran berbasis duduk masalah ) ? Jelaskan langkah-langkah Problem Based Learning dan buatlah teladan dalam perencanaan pembelajaran

Pembelajaran berbasis duduk masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan duduk masalah kontekstual sehingga merangsang akseptor didik untuk belajar. Dalam kelas yang menerapkan pembelajaran berbasis masalah, akseptor didik bekerja dalam tim untuk memecahkan duduk masalah dunia nyata (real world)

Tahapan-Tahapan Model PBL

Fase 1: Orientasi akseptor didik kepada masalah.

Fase 2: Mengorganisasikan akseptor didik

Fase 3: Membimbing penyelidikan individu dan kelompok.

Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.

Fase 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

PENJELASAN LENGKAP PBL BACA DI SINI

CONTOH RPP PBL BACA DISINI

4. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran Project Based Learning (Pembelajaran berbasis proyek ) ? Jelaskan langkah-langkah Project Based Learning dan buatlah teladan dalam perencanaan pembelajaran

Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning=PjBL) ialah metode pembelajaran yang memakai proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melaksanakan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan gosip untuk menghasilkan banyak sekali bentuk hasil belajar.

Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan metode berguru yang memakai duduk masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan gres menurut pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata.

Langkah-langkah Pembelajaran Berbasis Proyek

1. Penentuan Pertanyaan Mendasar (Start With the Essential Question).

2. Mendesain Perencanaan Proyek (Design a Plan for the Project)

3. Menyusun Jadwal (Create a Schedule)

4. Memonitor akseptor didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project)

5. Menguji Hasil (Assess the Outcome).

6. Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience)

PENJELASAN LENGKAP POJECT BASED LEARNING BACA DI SINI

CONTOH RPP PjBL BACA DISINI

BACA JUGA TANYA JAWAB PEDAGOGIK I
BACA JUGA TANYA JAWAB PEDAGOGIK II
BACA JUGA TANYA JAWAB PEDAGOGIK IV

BACA CONTOH BEST PRACTICE BABAK FINAL OGN DI SINI
BACA CONTOH RISALAH AKADEMIK BABAK FINAL OGN DI SINI

BREAKING NEWS....
MODUL, LEMBAR KERJA, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB GURU PEMBELAJAR TAHUN 2017 KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI
MODUL, LK, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PROFESIONAL BACA DI SINI


0 Response to "Soal Ogn 2017 Tanya Jawab Kompetensi Pedagogik Iii Dan V"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel