-->

Iklan

5 Jenis Pukulan Dalam Tenis Meja (Drive, Push, Chop, Block, Service)

5 Jenis Pukulan dalam Tenis Meja (Drive, Push, Chop, Block, Service). Olahraga tenis meja sanggup dibilang salah satu jenis olahraga yang susah-susah gampang. Bagaimana tidak, kita harus mempertahankan arah bola yang selalu berada di atas meja yang ukurannya tidak luas. Belum lagi kita harus menciptakan atau mendapatkan banyak sekali jenis pukulan bola yang berbeda-beda.

Jenis-Jenis Pukulan dalam Tenis Meja

Setidaknya ada 5 jenis pukulan dalam permainan tenis meja, yaitu pukulan drive, pukulan push, pukulan push, pukulan chop, pukulan block, dan pukulan service. Kelima jenis pukulan tenis meja ini dipakai pada dikala tertentu sesuai dengan situasi yang dihadapi oleh pemain, contohnya jenis pukulan service dalam tenis meja dipakai pada dikala pertama kali memulai permainan.

Untuk lebih terperinci lagi perihal jenis-jenis pukulan dalam tenis meja, berikut ini penjelasannya satu persatu. (Buka juga : 4 Teknik Dasar Tenis Meja (Grip, Stance, Footwork, Stroke))

Jenis Pukulan Tenis Meja 1 : Drive

Jenis pukulan tenis meja yang pertama yaitu drive. Drive merupakan pukulan dengan ayunan panjang sehingga menghasilkan pukulan yang datar dan keras. Jenis pukulan tenis meja ini cukup keras dan cepat. Ada dua jenis pukulan drive dalam tenis meja, yaitu forehand drive and backhand drive.

a. Forehand drive.
Cara melaksanakan forehand drive, pertama gerakkan bet ke arah depan. Gerakan ini diikuti dengan perputaran tubuh kearah depan kira-kira tubuh berputar tiga puluh derajat.
Kesalahan dan cara mengatasi dalam melaksanakan pukulan forehand drive yaitu terjadi perubahan pada posisi bet akhir bergeraknya pergelangan tangan. Hal ini menyulitkan dikala kontak dengan bola. Kuatkan pergelangan tangan dikala perilaku permulaan, sehingga bet tidak akan simpel berubah posisi.

b. Backhand drive.
Cara melaksanakan backhand drive, pertama siku membentuk sudut sembilan puluh derajat. Pergerakan bet diikuti oleh gerak memutar badan. Usahakan kontak dengan bola dikala bet berada di depan tubuh agak kiri.
Kesalahan yang sering terjadi dalam pukulan drive dan cara mengatasinya yaitu gerakan kaki. Untuk mengatasi hal ini yaitu dengan memperbanyak latihan backhand.

Jenis Pukulan Tenis Meja 2 : Push

Push merupakan jenis pukulan tenis meja yang kedua. Push yaitu pukulan backspin pasif yang dilakukan untuk menghadapi backspin. Pukulan ini sanggup menjaga semoga bola tidak melambung terlalu tinggi dari net. Ada dua jenis pukulan push, yaitu forehand push dan backhand push.

a. Forehand push.
Perhatikan semoga posisi bet sedikit terbuka Gerakan bet kedepan dan sedikit kebawah. Usahakan bola mengenai bet bab tengah.

b. Backhand push.
Perkenaan bolanya sama dengan forehand push. Bedanya ini memakai backhand. Usahakan kontak bola hanya terjadi goresan tetapi berpengaruh sehingga menghasilkan bola backspin yang sempurna. Usahakan perkenaan bola di kiri mendekati bab depan tubuh

Jenis Pukulan Tenis Meja 3 : Chop

Chop merupakan pukulan backspin yang bersifat bertahan. Ada dua jenis pukulan chop dalam tenis meja, yaitu forehand chop danbackhand chop.

a. Forehand chop.
Persiapan dalam melaksanakan pukulan forehand chop sama untuk melaksanakan pukulan forehand, tapi posisi bet agak terbuka. Gerakkan bet ke depan condong ke bawah. Usahkan kontak dengan bola terjadi di depan kanan badan. Perkenaan bola pada sisi bet depan agak bawah dan perkenaan pada bola pada sisi bawah bola.

b. Backhand chop.
Posisi awal sama dengan backhand, tetapi posisi bet terbuka atau sisi depan condong ke atas. Usahakan kontak bola pada bab sisi bawah bet depan dengan sisi bawah bola. Usahakan perkenaan bola di kiri agak depan tubuh.

Jenis Pukulan Tenis Meja 4 : Block
Block yaitu cara paling sederhana untuk mengembalikan pukulan tenis meja yang keras. Block dilakukan sesudah bola memantul dari meja. Hal ini dilakukan untuk menciptakan lawan tidak sanggup melancarkan serangan dengan cepat, alasannya yaitu bola yang di block akan kembali dengan cepat. Ada dua jenis pukulan block dalam tenis meja, yaitu forehand block danbackhand block.

a. Forehand block.
Cara melaksanakan pukulan forehand block yang pertama gerakkan bet ke depan, posisi bet tertutup (sisi depan bet menghadap ke bawah). Perhatikan arah datangnya bola, segera lakukan block sesudah bola memantul dari meja, perkenaan bola dengan bet tepat pada tengah bet.

b. Backhand block.
Bet berada disebelah kiri tubuh. Gerakkan bet ke depan kalau ingin melaksanakan blocking, posisi bet tertutup (sisi depan bet menghadap ke bawah). Perhatikan arah datangnya bola, segera lakukan block sesudah bola memantul dari meja, perkenan bola dengan bet tepat pada tengah bet.

Jenis Pukulan Tenis Meja 5 : Service / Servis
Servis yaitu teknik memukul bola untuk menyajikan bola pertama. Ada beberapa teknik pukulan servis dalam tenis meja, yaitu servis forehand topspin, servis backhand topspin, servis forehand backspin, servis backhand backspin. Secara umum teknik memukul topspin merupakan arah putaran bola (dimana bola berputar searah jarum jam). Sedangkan teknik memukul backspin merupakan arah putaran bola juga (bola berputar berlawanan jarum jam).
Olahraga tenis meja sanggup dibilang salah satu jenis olahraga yang susah 5 Jenis Pukulan dalam Tenis Meja (Drive, Push, Chop, Block, Service)

a. Forehand Topspin.
Untuk melaksanakan pukulan forehand topspin pemain bangkit dengan perilaku persiapan di meja bab kanan dan menghadap sektor kiri meja lawan. Tangan kanan memegang bet berada di kanan tubuh dengan siku ditekuk sebesar sembilan puluh derajat. Telapak tangan kiri memegang bola. Bola dilambungkan setinggi enam belas senti meter, kemudian dipukul dengan bet. Usahakan pantulan bola tidak begitu tinggi dari net. (Buka juga : 4 Teknik Dasar Tenis Meja (Grip, Stance, Footwork, Stroke))

b. Backhand Topspin.
Untuk melaksanakan pukulan backhand topspin pemain bangkit di tengah meja dengan perilaku persiapan. Tangan kanan memegang bet dengan mendekatkanya ke pinggang sebelah kiri. Telapak tangan kiri memegang bola. Lambungkan bola setinggi enam belas senti meter, pukul dengan bet. Usahakan bola tidak begitu tinggi dari net sehingga pantulan bola di meja lawan tidak begitu tinggi.

c. Backhand Backspin.
Untuk melaksanakan pukulan backhand backspin pemain bangkit di tengah meja dengan perilaku persiapan. Tangan kanan memegang bet dengan mendekatkannya ke pinggang sebelah kiri. Telapak tangan kiri memegang bola. Lambungkan bola setinggi enam belas senti meter, pukul dengan bet. Untuk melaksanakan pukulan ini hanya menggesek bab belakang bola dengan bab bawah bet. Gerakan bet ke depan condong turun ke bawah. Usahakan bola tidak begitu tinggi dari net sehingga pantulan bola di meja lawan tidak begitu tinggi.

0 Response to "5 Jenis Pukulan Dalam Tenis Meja (Drive, Push, Chop, Block, Service)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel