-->

Iklan

Ini Negara Dan Tempat Yang Melarang Perayaan Tahun Gres 2018

Perayaan malam tahun gres 2018 tinggal beberapa hari lagi. Ada sejumlah fenomena menarik terkait perayaan malam tahun 2018 ini antara lain undangan agresi tidak keluar rumah di malam tahun gres 2018, ada pula tempat yang dikabarkan mengeluarkan edaran yang melarang perayaan malam tahun gres 2018.

Selain itu adapula beberapa Negara yang memang semenjak dulu sudah melarang perayaan malam tahun baru. Negara yang melarang perayaan tahun gres 2018 antara lain: Arab Saudi, Brunei Darussalam, Somalia, dan Tajikistan.

1 Arab Saudi
Sejumlah ulama di Arab Saudi memberi masukan kepada negara dan jadinya resmi menjadi keputusan Mutawa - Komisi Kebijakan dan Pencegahan Kejahatan - untuk melarang perayaan Tahun Baru di negara tempat dua kota suci tersebut.

Keputusan itu termasuk melarang sejumlah toko menjual aksesori, bunga dan boneka yang bertema pergantian tahun. Pihak kepolisian syariah pun akan melaksanakan razia dan pengawasan secara ketat.

2. Brunei Darussalam
Sultan Hassanal Bolkiah menerapkan larangan perayaan natal dan tahun gres sebagai bab dari syariat Islam yang telah menjadi aturan resmi di negara tersebut.

Warga non muslim yang ada di Brunei tetap diperbolehkan merayakan Natal dan Tahun Baru, namun secara terbatas di dalam komunitas mereka sendiri. Jika ada yang kedapatan mengorganisir perayaan Natal akan dieksekusi penjara.

3. Somalia
Somalia, negara di Afrika dengan penduduk nyaris 100 persen muslim ini juga melarang perayaan Natal dan Tahun Baru karena bertentangan dengan kebudayaan Islam.

Termasuk dikhawatirkan sanggup memprovokasi gerakan radikal sayap kanan, Al-Shahaab untuk melaksanakan tindakan teror.

4. Tajikistan
Negara bagian Uni Soviet, Tajikistan pun melarang perayaan Natal dan Tahun Baru termasuk mendirikan pohon Natal baik yang orisinil ataupun buatan di tempat-tempat umum, termasuk sekolah dan kampus.

Pemerintah Tajikistan bahkan mengeluarkan dekrit pelarangan tersebut, termasuk memakai kembang api, petasan dan banyak sekali hadiah dalam rangka peringatan tahun baru.

Larangan itu juga meliputi penggunaan sosok Bapa Frost, sinterklas versi Rusia dalam semua program termasuk siaran di televisi. Publik Tajikistan sangat dekat dengan sosok Bapa Frost alasannya ialah selalu muncul setiap perayaaan Natal dan Tahun Baru.

Di Inonesia, ternyata ada juga sebagai tempat yang melarang perayaan pergantian malam tahun 2018. Daerah yang dikabarkan melarang perayaan tahun gres dengan hura-hura di antaranya Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, dan Banda Aceh.


a) Larangan Perayaan Malam Tahun gres di Aceh
Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh telah memasang undangan bersama, biar warga tidak merayakan dengan banyak sekali macam bentuk pesta apapun malam pergantian tahun gres masehi 2018. Pemko Banda Aceh menilai pesta pada malam pergantian tahun gres tidak sesuai dengan syariat Islam.

Seruan itu ditandatangani oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banda Aceh. Ada 5 poin tercatat dalam undangan tersebut, termasuk pedagang untuk tidak memperjualbelikan ibarat kembang api, mercon, trompet atau material yang biasa dipergunakan ketika pesta perayaan tahun baru.

LARANGAN PERAYAAN TAHUN BARU 2018


Adapun kelima poin undangan larangan tahun gres tersebut ialah :
1. Diminta kepada warga kota Banda Aceh biar pada malam tahun gres masehi 1 Januari 2018 tidak melaksanakan perayaan ibarat pesta kembang api, mercon/petasan, meniup terompet, balap-balapan kendaraan dan permainan / kegiatan hura-hura lainnya yang tidak bermanfaat serta bertentangan dengan syariat Islam dan budbahasa istiadat Aceh.
2. Dilarang memperjualbelikan petasan/mercon, kembang api, terompet atau sejenisnya.
3. Mari kita sama memperkokoh kesatuan dan persatuan guna memelihara perdamaian, keamanan dan ketertiban di dalam kehidupan bermasyarakat.
4. Mari kita sama-sama meningkatkan kepedulian dalam menegakkan syariat Islam dan tidak melaksanakan banyak sekali kegiatan yang melanggar peraturan perundang-undangan dan qanun syariat Islam, serta menjaga jati diri warga kota Banda Aceh yang gemilang dalam bingkai syariah.
5. Demikian undangan bersama ini disampaikan untuk dimaklumi dan diindahkan serta menjadi pedoman bagi semua pihak dalam rangka tahun gres masehi 1 Januari 2018

b) Larangan Perayaan Malam Tahun gres di Gorontalo
Pemerintah Kabupaten Bone Bolanggo di Provinsi Gorontalo mengeluarkan surat edaran yang melarang pegawanegeri pemerintah setempat untuk tidak merayakan Tahun Baru alasannya ialah "tidak sesuai dengan dengan Syariat Islam".

Yang tidak boleh merayakan tahun gres ialah para pegawai negeri serta jajaran sekolah tinggi tinggi negeri maupun swasta sedangkan masyarakat umum hanya diimbau untuk "lebih baik zikir dan berdoa."

LARANG PERAYAAN MALAM TAHUN BARU 2018 ok


Surat edaran yang dikeluarkan Rabu (27/12) tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango, Ishak Ntoma.

"Itu suratnya terperinci untuk forum pemerintah, untuk kepala SKPD, kanwil kementerian yang ada di kabupaten Bone Bolango untuk melarang perayaan tahun baru. Itu nggak ditujukan ke masyarakat. Kalau masyarakat sendiri sih imbauan aja," ujar Kepala Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Bone Bolango, Rizal A Djunaid, kepada BBC Indonesia, Jumat (29/12).

"Bunyi suratnya itu untuk pelarangan untuk instansi, pegawai dan mahasiswa untuk tidak merayakan kegiatan acara tahun baru." Jelas Rizal.

Meski tidak secara eksplisit melarang masyarakat untuk merayakan malam tahun baru, berdasarkan Rizal dengan adanya surat edaran ini maka masyarakat sanggup menyesuaikan untuk tidak merayakan tahun gres dengan menyalakan kembang api.





0 Response to "Ini Negara Dan Tempat Yang Melarang Perayaan Tahun Gres 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel