-->

Iklan

Silabus Dan RPP SMK Kelas X Kurikulum 2013 Lengkap Bahasa Indonesia

Selamat tiba dan selamat berjumpa kembali dengan Blog , disini kami kali ini akan mengembangkan mengenai Perangkat Pembelajaran (RPP dan Silabus Bahasa Indonesia) Kelas X Sekolah mengenah kejuruan / SMK. silabus-dan-rpp-smk-k13.

Buat bapak/ibu dan rekan-rekan yang sedang membutuhkan RPP dan Silabus Sekolah Menengah kejuruan kelas X mata pelajaran Bahasa Indonesia, kami publikasikan informasi yang saya sanggup dari aneka macam sumber.


Kami Menyarankan dalam pembuatan perangkat mengajar dipersiapkan selengkap-lengkapnya sesuai dengan peraturan yang ada. supaya tidak kerja dua kali dalam pembuatanya.

Berikut ini Contoh Singkat dari RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan kelas X:

Nama sekolah : SMK Blogger
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Program : Semua Bidang Keahlian
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit (4 pertemuan)
Aspek Pembelajaran : Mendengarkan, menulis, berbicara
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana
Kompetensi Dasar : Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
Indikator : membedakan lafal, tekanan, intonasi, dan  jeda yang lazim/baku dan yang tidak
mencatat lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak dari wacana tulis mengenai lingkungan hidup
mengidentifikasi ciri-ciri ragam bahasa baku
memberi komentar terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:
memahami obrolan untuk membedakan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak berkaitan dengan lingkungan hidup
memperlihatkan catatan terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dari wacana tulis berkaitan dengan lingkungan hidup
mengenal ragam bahasa baku
mengungkapkan pendapat secara mulut dari wacana mulut yang didengar mengenai lafal, tekanan, intonasi, dan jeda
B. Materi Pokok Pembelajaran
· Membedakan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda
· Menyimak wacana dialog
· Mencatat lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dengan berlatih menyimak
· Mengenal ragam bahasa baku
C. Metode Pembelajaran
· Presentasi
· Diskusi kelompok
· Inquari
· Tanya jawab
· Penugasan
· Demonstrasi/pemeragaan model


TAHAP KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA Siswa ditanya wacana pelafalan, penggunaan tekanan, intonasi, dan jeda dalam pemakaian bahasa dikaitkan dengan wacana lingkungan hidup.
(Apersepsi) Siswa diminta memahami contoh-contoh pelafalan baku, penggunaan tekanan, intonasi, dan jeda dalam kalimat yang berkaitan dengan lingkungan hidup.
Guru mengajak siswa untuk membedakan secara cermat pelafalan, penggunaan tekanan, intonasi, dan jeda dalam kalimat yang secara umum ditemukan dalam kehidupan di sekitar siswa.
INTI Pertemuan ke-1 (90’)
Siswa diajak mencermati penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dalam kalimat ragam mulut dan tulis.
Siswa diajak mengenali lafal baku dalam ragam kalimat.
Siswa mempraktikkan pelafalan baku, penggunaan tekanan, intonasi, dan jeda yang sempurna dan bervariasi melalui latihan soal.
Siswa menyimak rekaman wawancara atau menyimak pembacaan transkrip oleh guru atau  menyimak bahan rekaman wawancara yang diperagakan oleh dua siswa.
Pertemuan ke-2 (90’)
Siswa berlatih mencatat penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dalam wacana HBKB di Jakarta: 100% Tak Bebas Kendaraan Bermotor.
Siswa mengerjakan soal-soal dalam wacana tersebut mengenai lafal, tekanan, intonasi, dan jeda; dukungan komentar; dan pengungkapan kembali isi wacana dengan bahasa siswa.
Pertemuan ke-3 (90’)
Siswa diarahkan untuk mengenal ciri-ciri  dan fungsi ragam bahasa baku lengkap dengan contoh-contohnya.
Siswa berlatih memberi komentar mengenai penggunaan ragam bahasa baku dan tidak baku dalam wacana HBKB di Jakarta: 100% Tak Bebas Kendaraan Bermotor dari beberapa cara/teknik membaca yang dipresentasikan teman-teman.
Pertemuan ke-4 (90’)
Siswa memperkaya bahan pembelajaran dengan mengerjakan soal-soal uji kelompok berupa kerja kelompok mengenai penulisan kembali bahan yang disimaknya (rekaman informasi dari radio/TV).
Siswa menulis kembali/membuat transkrip ragam bahasa yang dipakai dalam rekaman berita.
Siswa menganalisis penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang baku dan yang tidak yang terdapat dalam rekaman berita.
PENUTUP Siswa mengerjakan uji keterampilan berbahasa sebagai pengayaan dan pendalaman konsep lafal, tekanan, intonasi, dan jeda.
(Internalisasi dan  refleksi) Siswa mengevaluasi dan menciptakan final mengenai penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda.

RPP Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Lengkap Bahasa Indonesia Kelas X
Perangkat Kelas X Bahasa indonesia link
Silabus B.Indo Sekolah Menengah kejuruan Kelas X.doc Download
RPP B.Indo Sekolah Menengah kejuruan Kelas X.doc Download

0 Response to "Silabus Dan RPP SMK Kelas X Kurikulum 2013 Lengkap Bahasa Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel