-->

Iklan

50 Ki Kd Bahasa Indonesia Smk Kurikulum 2013 Revisi (2018)

Daftar KI KD Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 K13 Revisi Terbaru. Masih menyerupai tahun-tahun sebelumnya, pada tahun pelajaran 2018/2019, pemerintah memberlakukan kurikulum 2013 revisi untuk dipakai di satuan pendidika (sekolah). Khusus untuk jenjang SMK, ada sedikit perubahan, khususnya berkaitan dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI KD) pada mata pelajaran.

Lantas, apa saja perubahan KI KD mata pelajaran SMK? Kali ini kami akan membagikan KI KD salah satu pelajaran muatan nasional (A) Sekolah Menengah kejuruan ialah mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10, 11, dan 12. Jika beberapa waktu yang lalu, ada surat yang beredar bahwa KI KD Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan sama dengan KI KD Bahasan Indonesia SMA/MA. Untuk tahun 2018 ini, khusus Sekolah Menengah kejuruan memakai dasar aturan yang berbeda dengan SMK. Jadi, untuk tahu apakah KI KD bahasa Indonesia antara Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan itu sama atau tidak, berikut ini rinciannya.

Dasar aturan yang kami gunakan dalam artikel perihal KI KD Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan K13 ini ialah Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 perihal Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Peraturan ini ditetapkan mulai pada tanggal 9 Juni 2017 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah ialah hamid Muhammad.

Keputusan Dirjen Pendidikan tersebut merupakan dasar aturan yang paling gres yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan pendidikan, khususnya acara mengajar di kelas. Meskipun di luar sana ada banyak sekali KI KD kurikulum 2013 revisi yang dibagikan, untuk artikel ini kami susun menurut dasar aturan yang jelas. Keputusan Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 sanggup anda unduh di web resmi ditpsmk, ialah https://psmk.kemdikbud.go.id, atau anda sanggup lihat eksklusif pada final artikel. Sudah kami siapkan dan kami lampirkan semoga anda puas.

KI KD Pelajaran Bahasan Indonesia Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi

Ada perbedaan antara KI KD mata pelajaran Bahasan Indonesia Kurikulum 2013 revisi dan kurikulum 2013 sebelumnya. Perbedaan KI KD tersebut terletak pada tidak adanya Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual), dan Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial). Tujuan kurikulum meliputi empat aspek kompetensi, ialah (1) aspek kompetensi  sikap  spiritual,  (2)  sikap  sosial,  (3)  pengetahuan,  dan  (4) keterampilan.  Aspek-aspek  kompetensi  tersebut  dicapai  melalui  proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan  kompetensi  sikap  spiritual  yaitu,  “Menghayati  dan mengamalkan  ajaran  agama  yang  dianutnya”.  Sedangkan  rumusan kompetensi  sikap  sosial  yaitu,  “Menghayati  dan  mengamalkan  sikap jujur,  disiplin,  santun,  peduli  (gotong  royong,  kerja  sama,  toleran,  damai), bertanggung-jawab,  responsif,  dan  proaktif  melalui  keteladanan,  pinjaman nasihat,  penguatan,  pembiasaan,  dan  pengkondisian  secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai kepingan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial  dan  alam  serta  dalam  menempatkan  diri  sebagai  cerminan  bangsa dalam  pergaulan  dunia”.  Kedua  kompetensi  tersebut  dicapai  melalui pembelajaran  tidak  langsung  (indirect  teaching)  yaitu  keteladanan, pembiasaan,  dan  budaya  sekolah,  dengan  memperhatikan  karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi akseptor didik.

Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan sepanjang  proses  pembelajaran  berlangsung,  dan  dapat  digunakan  sebagai pertimbangan  guru  dalam  mengembangkan  karakter  peserta  didik  lebih lanjut.

KI KD BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah kejuruan K13 KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi perihal pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian bahasa Indonesia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai kepingan dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan ekspresi dan tulis
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.3 Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.5 Menganalisis teks anekdot dari aspek makna tersirat
3.6 Mengevaluasi struktur dan kebahasaan teks anekdot
3.7 Mendeskripsikan nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam dongeng rakyat (hikayat) baik ekspresi maupun tulis
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan dongeng rakyat dan cerpen
3.9 Menguraikan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel
3.10 Menganalisis pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks perundingan berkaitan dengan bidang pekerjaan ekspresi maupun tertulis
3.11 Mengevaluasi isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks perundingan berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.12 Menganalisis permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan esensi dari debat
3.13 Menganalisis isi debat berkaitan dengan bidang pekerjaan (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan)
3.14 Menganalisis butir-butir penting yang sanggup diteladani dari teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.16 Menganalisis suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
3.19 Menganalisis informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.20 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks mekanisme berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.21 Menganalisis informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan ekspresi dan tulis
3.22 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.23 Menganalisis informasi berupa permasalahan faktual yang disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.24 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.25 Mendeskripsikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
3.26 Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca
3.27 Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
3.28 Mendeskripsikan informasi penting yang ada dalam proposal acara atau penelitian berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.29 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.30 Menganalisis informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
3.31 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.32 Membandingkan isi banyak sekali resensi berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan sistematika sebuah resensi
3.33 Menganalisis kebahasaan resensi dalam kumpulan cerpen atau novel setidaknya dua karya yang berbeda
3.34 Menganalisis alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton
3.35 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
3.36 Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca
3.37 Mendeskripsikan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
3.38 Menganalisis unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
3.39 Menganalisis informasi, yang meliputi orientasi, rangkaian insiden yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam dongeng sejarah ekspresi atau tulis
3.40 Menganalisis kebahasaan dongeng atau novel sejarah
3.41 Mendeskripsikan informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.42 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.43 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan dongeng pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
3.44 Menganalisis isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan
3.45 Menganalisis struktur dan ciri kebahasaan teks iklan sesuai bidang pekerjaan
3.46 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
3.47 Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.48 Mendeskripsikan isi dan sistematika surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.49 Menganalisis unsur kebahasaan surat dinas yang sesuai bidang pekerjaan
3.50 Menganalisis nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)

 revisi untuk dipakai di satuan pendidika  50 KI KD Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi (2018)

KI KD BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah kejuruan K13 KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

4. Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan duduk kasus sesuai dengan bidang kajian bahasa Indonesia.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, mengakibatkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR
4.1 Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan menurut interpretasi baik secara ekspresi maupun tulis
4.2 Mengonstruksikan teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik ekspresi maupun tulis
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara ekspresi dan/tulis
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik ekspresi maupun tulis
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik ekspresi maupun tulis.
4.7 Menceritakan kembali isi dongeng rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca
4.8 Mengembangkan dongeng rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan epilog dalam teks perundingan berkaitan dengan bidang pekerjaan secara ekspresi atau tulis
4.11 Mengonstruksikan teks perundingan berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan secara ekspresi untuk menunjukkan esensi dari debat
4.13 Mengembangkan permasalahan/ informasi dari banyak sekali sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.14 Menyajikan hal-hal yang sanggup diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca secara tertulis
4.15 Membuat teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan baik ekspresi maupun tulis
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan)
4.18 Menyajikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi
4.19 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme berkaitan bidang pekerjaan dengan organisasi yang sempurna secara ekspresi dan tulis
4.20 Mengembangkan teks mekanisme berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
4.21 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara ekspresi dan tulis
4.22 Memproduksi teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara ekspresi atau tulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
4.23 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan faktual sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.24 Mengonstruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat
4.25 Menyajikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.26 Menyajikan persamaan dan perbedaan isi dua buku pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca
4.27 Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
4.28 Melengkapi informasi dalam proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan supaya lebih efektif
4.29 Merancang sebuah proposal karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
4.30 Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.31 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan
4.32 Menyajikan isi sebuah resensi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
4.33 Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan dongeng pendek atau novel yang sudah dibaca
4.34 Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan
4.35 Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan
4.36 Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian
4.37 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara ekspresi maupun tulis
4.38 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
4.39 Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi dongeng sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
4.40 Menulis dongeng sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan
4.41 Menyeleksi ragam informasi sebagai materi teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara ekspresi maupun tulis
4.42 Merancang teks editorial berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara ekspresi maupun tulis
4.43 Menyusun laporan hasil diskusi buku perihal satu topik baik secara ekspresi maupun tulis
4.44 Mengonstruksi makna dan tujuan isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan
4.45 Menyusun teks iklan sesuai bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara ekspresi maupun tulis
4.46 Menyusun opini dalam bentuk artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.47 Mengonstruksi sebuah artikel berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
4.48 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara ekspresi maupun tulis
4.49 Menyusun surat dinas yang berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
4.50 Menulis refleksi perihal nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)

KEPUTUSAN DIRJEN NOMOR 330/D.D5/KEP/KR/2017
Dasar aturan perihal KI KD Kurikulum 2013 revisi ini mengacu pada keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah menyerupai yang kami lampirkan berikut ini. Adapun kompetensi keahlian yang kami gunakan sebagai dasar ialah kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Kami pikir tidak ada masalah, sebab KI KD PPKN Sekolah Menengah kejuruan itu sama di semua jurusan.


Link : Download KI KD Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan K13 (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)

Demikian artikel perihal daftar kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013 revisi, mata pelajaran bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan Kelas X, XI, dan XII. Jika anda tidak puas, atau ingin mendownload artikel ini, sanggup melalui link yang telah disediakan.

0 Response to "50 Ki Kd Bahasa Indonesia Smk Kurikulum 2013 Revisi (2018)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel