-->

Iklan

Kkm Bahasa Indonesia Sma/Smk Kelas Xi Semester 1



KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas : XI
Tahun Pelajaran : 2018/ 2019
KKM : 65


Kompetensi Inti    : 


1. Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai cuilan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasaingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kriteria Penentuan Ketuntasan
Komplek sitas Sarana pendukung Intake siswa
3.1. Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur 66      
  3.1.1. Mengidentifikasi teks mekanisme dengan memperhatikan isi,  pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur.  66 67 68 63
  3.1.2. Membuat rancangan teks mekanisme dengan organisasi yang tepat 66 66 69 63
4.1. Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara mulut dan tulis 64      
  4.1.1. Menyusun pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara mulut dan tulis 64 63 66 63
  4.1.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisiteks prosedur 64 64 65 63
3.2. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur 66      
  3.2.1. Mengidentifikasi struktur teks prosedur 67 68 70 63
  3.2.2. Mengidentifikasi kebahasaan teks prosedur 65 65 67 63
4.2. Mengembangkan teks mekanisme dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan 64      
  4.2.1. Menyusun teks mekanisme dengan memerhatikan struktur dan  kebahasaan yang dominan 65 64 68 63
  4.2.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks mekanisme yang disusun. 63 62 64 63
3.3. Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi mulut dan tulis 66      
  3.3.1. Menganalisis teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, hubungan kausalitas, dan topik. 66 66 69 63
  3.3.2. Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara mulut dan tulis. 66 67 68 63
4.3. Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara mulut dan tulis 64      
  4.3.1. Menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara mulut dan tulis 64 64 65 63
  4.3.2. Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun 64 63 66 63
3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi 66      
  3.4.1. Mengidentifikasi teks eksplanasi dengan memerhatikan  istilah, pokok isi,  referensi, dan pengetahuan dan urutan insiden yang memperlihatkan hubungan kausalitas. 65 65 67 63
  3.4.2. Mengidentifikasi struktur teks eksplanasi 67 68 70 63
  3.4.3. Mengidentifikasi kebahasaan teks eksplanasi  66 69 66 63
4.4. Memproduksi teks eksplanasi secara mulut atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan 64      
  4.4.1. Menyusun teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan. 64 63 66 63
  4.4.2. Mempresentasikan, memperlihatkan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam diskusi kelompok. 64 64 65 63
3.5. Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan positif yang disajikan dalam ceramah 66      
  3.5.1. Menentukan unsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan 65 65 67 63
  3.5.2. Menemukan informasi dan permasaahan positif dalam teks ceramah 67 68 70 63
4.5. Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan positif sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah 64      
  4.5.1. Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah. 64 63 66 63
  4.5.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun 64 64 65 63
3.6. Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah 66      
  3.6.1. Mengidentifikasi isi dan struktur teks ceramah. 66 67 68 63
  3.6.2. Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah 66 66 69 63
4.6. Mengkonstruksi ceramah ihwal permasalahan positif dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat 64      
  4.6.1. Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema,   dan struktur. 64 64 65 63
  4.6.2. Menyampaikan teks ceramah yang telah dibentuk dalam bentuk mulut dengan memperhatikan teknik cermah  (intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai.  65 64 68 63
  4.6.3. Mengomentari dan memperbaiki cermah temannya. 63 62 64 63
3.7. Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca 66      
  3.7.1. Menentukan unsur-unsur penting buku yang dibacanya. 66 67 68 63
  3.7.2. Menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. 66 67 68 63
4.7. Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) 64      
  4.7.1. Menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. 64 63 66 63
  4.7.2. Mempresentasikan dan  memberi tanggapan, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. 64 63 66 63
3.8. Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan dongeng pendek yang dibaca 66      
  3.8.1. Menentukan unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen  67 68 70 63
  3.8.2. Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam dongeng pendek 65 65 67 63
4.8. Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam dongeng pendek 64      
  4.8.1.  Menentukan nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek 65 64 68 63
  4.8.2. Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan 63 62 64 63
  4.8.3. Mempresentasikan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas. 64 64 65 63
3.9. Menganalisis unsur-unsur pembangun dongeng pendek dalam buku kumpulan dongeng pendek 66      
  3.9.1. Mengidentifikasi cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen 66 66 69 63
  3.9.2. Menelaah teks dongeng pendek menurut struktur dan kaidah 66 66 69 63
4.9. Mengkonstruksi sebuah dongeng pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen 64      
  4.9.1. Menyusun kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen 64 64 65 63
  4.9.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. 64 64 65 63
3.10. Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca 66      
  3.10.1. Menentukan butir-butir penting buku nonfiksi yang dibaca 66 66 69 63
  3.10.2. Membuat final ihwal isi buku nonfiksi yang dibaca. 66 67 68 63
4.10. Mempertunjukkan kesan langsung terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat 64      
  4.10.1. Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas. 63 62 64 63
  4.10.2. Memberi jawaban dan memperbaiki hasil kerja kelompok. 65 64 68 63
3.11. Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca 66      
  3.11.1. Mengidentifikasi dan mengomentari bagian-bagian yang membangun dongeng fiksi yang dibaca. 66 66 69 63
  3.11.2. Menentukan pesan dari satu buku fiksi yang dibaca  66 66 69 63
4.11. Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca 64      
  4.11.1. Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca. 64 64 65 63
  4.11.2. Mempresentasikan, memberitanggapan dan  memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas. 64 63 66 63
KKM SEMESTER I 65      
Mengetahui, Boyolali, 2 Juli 2018
Kepala Sekolah Menengan Atas N 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP  197207081998011001

UNDUH FILE KKM BENTUK EXCEL KLIK https://drive.google.com/open?id=1zowAuiERf2DH5IuDFe5JUUbIzXtx9rj6


0 Response to "Kkm Bahasa Indonesia Sma/Smk Kelas Xi Semester 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel