-->

Iklan

Perangkat Pembelajaran Sejarah Sma Kelas Xii Kurikulum 2013

Perangkat K13 Sejarah Peminatan Kelas XII Revisi Lengkap - Selamat berjumpa kembali dengan kami Blog . kali ini kami akan membagikan RPP dan Silabus Sejarah peminatan Lengkap Kelas XII SMA.

RPP Sejarah Indonesia Sekolah Menengan Atas MA XII  ini sanggup anda download secara lengkap untuk melengkapi manajemen Perangkat Pembelajaran Guru 2018/2019. RPP merupakan perangkat manajemen wajib bagi guru sebelum mengajar, alasannya yaitu idealnya guru menciptakan sebuah perencanaan terlebih dahulu untuk diterapkan pada proses KBM.

RPP K13 Sejarah Indonesia XII SMA Edisi Revisi ini sanggup juga anda terapkan eksklusif hanya dengan mengganti datanya saja, tetapi lebih elok lagi kalau ini hanya sekedar dijadikan rujukan untuk anda menciptakan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 sendiri. File ini kami sediakan untuk RPP Sekolah Menengan Atas kurikulum 2013 revisi 2017.

Tidak hanya RPP Sejarah Indonesia Sekolah Menengan Atas kurikulum 2013 tetapi juga di blog ini nantinya saya membagikan beberapa manajemen Perangkat pembelajaran untuk RPP K13 MAPEL lainnya untuk itu kunjungi terus blog ini yaaa,untuk mendapat file penting lainnya.

Contoh RPP Singkat dari File ini :

A.KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya
KI 2:Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan  pro-aktif dan menawarkan sikap sebagai potongan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:Memahami, menerapkan, dan menganalisis  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.KOMPETENSI DASAR  (KD)
1.1Menghayati proses usaha mempertahankan kemerdekaan dan menawarkan rasa syukur terhadap rahmat dan karunia-Nya
2.1Menunjukkan sikap tenggang rasa terhadap para pejuang dan mengamalkan nilai-nilai kejuangan para jagoan dalam kehidupan sehari-hari.
2.2Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas pembelajaran sejarah.
2.3Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, kolaborasi dan proaktif  yang dipelajari dari kejadian dan para pelaku sejarah dalam berpartisipasi menuntaskan permasalahan bangsa dan negara Indonesia
3.1Mengevaluasi perkembangan dan dampak Perang Dingin terhadap kehidupan politik dan ekonomi global
3.2Mengevaluasi sejarah organisasi global dan regional  diantaranya : GNB, ASEAN, OKI, APEC, OPEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA
3.3Mengevaluasi   sejarah kontemporer dunia antara lain runtuhnya Pakta Warsawa, Uni Soviet, Jerman Bersatu, Konflik Kamboja, Perang Teluk, Apartheid di Afrika selatan, Konflik Yugoslavia dan terorisme dunia bagi kehidupan sosial dan politik global.
4.1Membuat kliping wacana perkembangan dan dampak Perang Dingin terhadap kehidupan politik dan ekonomi global.
4.2Membuat kliping wacana sejarah organisasi global dan regional diantaranya : GNB, ASEAN, OKI, APEC, OPEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA.
4.3Merekonstruksi salah satu kejadian sejarah kontemporer dunia menyerupai runtuhnya Pakta Warsawa,  Uni Soviet, Jerman Bersatu, Konflik Kamboja, Perang Teluk, Apartheid di Afrika selatan, Konflik Yugoslavia dan terorisme dunia bagi kehidupan sosial dan politik global, dalam bentuk goresan pena atau media lain.

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1.1Menghayati anugerah yang kuasa terhadap para pemimpin dalam proses mempertahankan kemerdekaan
2.1.1Menunjukan sikap tenggang rasa terhadap para pejuang dan mengamalkan nilai-nilai kejuangan para pahlawab dalam kehidupan sehari
2.2.1Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas pembelajaran sejarah.
2.3.1Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, kolaborasi dan proaktif  yang dipelajari dari kejadian dan para pelaku sejarah dalam berpartisipasi menuntaskan permasalahan bangsa dan negara Indonesia
3.1.1Memahami definisi perang dingin
3.1.2Menyebutkan factor-faktor penyebab terjadinya perang dingin
3.1.3Menyebutkan bentuk-bentuk perang dingin
3.1.4Mengidentifikasi dampak-dampak perang hambar terhadap kehidupan politik dan ekonomi global
3.2.1Mengidentifikasi latar belakang berdirinya: GNB, ASEAN, OKI, APEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA
3.2.2Mengidentifikasi tujuan berdirinya: GNB, ASEAN, OKI, APEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA
3.2.3Mengidentifikasi perkembangan dari: GNB, ASEAN, OKI, APEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA
3.3.1Mengevaluasi sejarah kontemporer dunia antara lain runtuhnya Pakta Warsawa, Uni Soviet, Jerman Bersatu, Konflik Kamboja, Perang Teluk, Aphartheid di Afrika Selatan, Konflik Yugoslavia dan Terorisme dunia bagi kehidupan social dan politik global.
4.1.1Membuat Kliping atau makalah wacana perkembangan dan dampak perang hambar terhadap kehidupan politik dan ekonomi global.
4.2.1Membuat kliping atau makalah wacana sejarah organisasi global dan regional diantaranya : GNB, ASEAN, OKI, APEC, OPEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA.
4.3.1Merekonstruksi salah satu kejadian sejarah kontemporer dunia menyerupai runtuhnya Pakta Warsawa,  Uni Soviet, Jerman Bersatu, Konflik Kamboja, Perang Teluk, Apartheid di Afrika selatan, Konflik Yugoslavia dan terorisme dunia bagi kehidupan sosial dan politik global, dalam bentuk goresan pena atau media lain.

D.MATERI PEMBELAJARAN
1.Definisi Perang Dingin
Pasca Perang Dunia Kedua (PD II) terjadi perebutan kepentingan dari kubu pemenang yaitu Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Blok Timur yang dipimpin Uni Soviet menjadikan suasana yang tidak representatif. Pertentangan di antara dua kekuatan dunia tersebut melahirkan Perang Dingin (the cold war).
Perang Dingin (The Cold War) atau ‘perang urat syaraf’ yaitu suasana internasional yang penuh ketegangan dan bermusuhan akhir konflik ideologi antara Blok Barat (liberal kapitalis) pimpinan Amerika Serikat dan Blok Timur (sosialis komunis) pimpinan Uni Soviet yang berkembang sehabis Perang Dunia II berakhir.

2.Faktor-faktor penyebab Perang Dingin
1)Perbedaan dan Pertentangan Ideologi
2)Perebutan Dominasi Kepemimpinan

3.Bentuk–bentuk Perang Dingin
1)Bidang Politik
2)Bidang Ekonomi
3)Bidang Militer
4)Bidang Ruang angkasa

4.Hubungan Pemerintahan Komunis di Cina, Perang Korea, dan Revolusi Kuba dengan Perluasan Perang Dingin ke Luar Eropa
1)Pemerintahan Komunis di Cina
2)Perang Korea
3)Revolusi Kuba

5.Hubungan Perang Vietnam dengan Perkembangan Politik di Asia Tenggara

6.Hubungan Perkembangan Teknologi Persenjataan dan Ruang Angkasa dengan Kondisi Keamanan Dunia pada Masa Perang Dingin

7.Organisasi Regional dan Global
1)Gerakan Non Blok (GNB)
2)ASEAN,
3)OKI,
4)APEC,
5)MEE,
6)GATT,
7)WTO,
8)NAFTA
9)CAFTA

8.Sejarah Kontemporer Dunia
1)Pakta Warsawa
2)Runtuhnya Uni Soviet
3)Jerman Bersatu
4)Konflik Kamboja
5)Perang Teluk
6)Aphartheid di Afrika Selatan
7)Konflik Yugoslavia
8)Terorisme Dunia

Untuk Link Download Perangkat Pembelajaran K13 Sejarah Peminatan Kelas XII dibawah ini :

Google Drive :

Sekian Terimakasih atas kunjunganya...

0 Response to "Perangkat Pembelajaran Sejarah Sma Kelas Xii Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel