-->

Iklan

Petunjuk Sajian Web Online Simdik

Petunjuk web online simdik.info bagi operator sekolah
1. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Copyright © 2011 SIMDIK.INFO
2. Setelah membuka web PRO SIMDIK maka akan tampil sajian web publik dengan keterangan dibawah ini

I. WEB PUBLIK/UMUM.
 Yang di atas : Home, Forum, Obrolan, Tentang Kami, Kontak
Keterangan Lengkap disertai petunjuk gambar dan Download DI SINI
1. Home ; Akan tampil sajian awal menyerupai layar di atas, yang berisi informasi-informasi yang bersifat umum.
 2. Forum ; Akan tampil sajian sebagai berikut ; Menu ini dipakai untuk berdiskusi seputar permasalahan dan hal-hal lainnya sesuai dengan jenjangnya.
3. Obrolan ; Akan tampil sajian untuk Chatting, masukkan nickname  OK, maka tampil sajian chatting.
4. Tentang Kami ; Akan tampil sajian sebagai berikut;
5. Kontak ; Akan Tampil sajian sebagai berikut ;

B. Menu samping kiri bawah
1. Home Akan tampil sajian awal menyerupai layar di atas, yang berisi informasi-informasi yang bersifat umum
2. Profil Sekolah Akan Tampil sajian sebagai berikut ; Silahkan cari sekolah yang Anda inginkan, untuk melihat profil sekolah klik tanda kotak di depan nama sekolah nya.
3. Data Siswa Berisi data siswa yang telah di update. Pilih sekolah berikut kelas yang diinginkan, kemudian klik cari maka akan tampil sajian sebagai berikut ;
4. Nilai Ujian Nasional Pilih jenjang dan nama sekolahnya, maka akan muncul data nilai UN 4 tahun terakhir;
5. Download Berisi file-file yg sanggup Anda download, maka akan tampak sajian sebagai berikut;
6. Komentar Berisi ihwal pertanyaan, kritik atau saran dan gres akan tampil sesudah dijawab oleh Admin. Kami tidak akan menampilkan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan simdik. Silahkan isi pertanyaan, kritik atau saran pada kotak yg telah disediakan dan jangan lupa masukkan security isyarat nya, lanjutkan dengan mengklik sajian Submit.
1. Anda sanggup bergabung dengan mengklik Facebook komunitas di simdik.info dengan mengklik sajian Suka/Like.
2. Anda sanggup juga chatting dengan Admin yang aktif pada sajian Bantuan Online
3. Anda sanggup juga masuk ke web yang terdapat pada sajian Link Terkait.

II. WEB OPERATOR Web ini dipakai untuk sanggup mengupdate data sekolah dan siswa sekolah Anda. Untuk sanggup mengaksesnya diharapkan username & password. Username dan password untuk sekolah telah kami sampaikan melalui operator tingkat kecamatan ;
1. Sanggar untuk SMP
2. Korwil untuk MTS
3. Operator Kecamatan/Sub Rayon untuk SD dan MI Buka web http://simdik.info, maka akan tampil sajian sebagai berikut ; Masukkan username dan password sesuai dengan nama username dan password sekolah Anda, sesudah itu klik sajian Login, maka akan tampak sajian sebagai berikut ;

Menu pada web operator ;Menu Atas dan Menu samping kiri bawah (kedua-duanya sama saja).
1. Web Public Maka akan kembali ke web public, tetapi Anda sanggup masuk kembali ke web operator dengan mengklik sajian Web Operator, tanpa harus memasukkan username dan password lagi.
2. Home Kembali ke sajian awal.
3. My Akun
3.1. Edit Akun Anda sanggup mengganti Password melalui sajian ini. Kemudian klik Simpan
3.2. Logout / Keluar Digunakan untuk keluar dari web operator

4. Kesiswaan
4.1. Entri Data Siswa;
4.1.1. Digunakan untuk mengentri data siswa gres (khusus sekolah swasta termasuk MI dan MTS Negeri serta Sekolah Menengah Pertama Terbuka, dan siswa mutasi dari luar provinsi DKI Jakarta). Database siswa gres akan menyatu dengan data siswa sekolah Anda sesudah di Approve / disetujui oleh Korwil masing-masing. Silahkan membawa dan menyerahkan berkas siswa mutasi masuk yang telah dilegalisasi oleh Sudin/Dinas ke Korwil masing- masing.
4.1.2. Untuk mengentri data siswa kelas 2,3,4,5,6 (SD/MI) dan data siswa kelas 8,9 (SMP/MTs) bagi sekolah yang belum ada data siswanya, dengan menyerahkan fotocopy Daftar 8355 tahun kemudian ke Korwil masing-masing untuk proses Approve data.Setelah selesai diisi kemudian klik Simpan >>> OK, maka data siswa tersebutakan tersimpan.
4.2. Siswa Mutasi; Digunakan untuk memproses siswa mutasi masuk yang berasal dari sekolah di DKI Jakarta, cetak juga surat mutasi masuknya. Ketik nama siswa tersebut pada kolom Kata Kunci  Cari, maka akan muncul nama siswa tersebut (dengan catatan sekolah sebelumnya telah melaksanakan proses mutasi keluar pada sajian Data Siswa  Edit  Ganti Status  Keluar  Simpan). Kemudian klik sajian Edit untuk memproses siswa tersebut menjadi siswa sekolah Anda  Simpan.
4.3. Data Siswa Digunakan untuk memproses atau menambah, memperbaiki/edit data siswa ketika ini termasuk perbaikan nama dan siswa yang mutasi keluar, silahkan proses memakai sajian ini dengan cara pilih kelas nya kemudian buka sajian Edit pada data siswa tersebut,
maka akan tampil sajian data siswa tersebut sebagai berikut;Klik sajian Kelas untuk mengetahui history/sejarah siswa tersebut.Jika terdapat kesalahan nama siswa silahkan ketik perbaikannya padakolom Perbaikan Nama.Klik sajian Ganti Status apabila siswa tersebut sudah mutasi keluar darisekolah Anda, semoga databasenya sanggup diproses/diambil oleh sekolahyang mendapatkan siswa tersebut.Ketik tanggal keluarnya dengan format bulan/tgl/tahun menyerupai pola di atasKetik juga alasan mengapa siswa tersebut keluar.Klik sajian Ganti Status  OK, maka siswa tersebut telah keluar darisekolah Anda.
4.4. Manajemen Kelas Menu ini dipakai untuk memperbaiki kelas paralel sekaligus, apabila pada proses distribusi siswa terjadi kesalahan pembagian kelas, caranya sama menyerupai proses distribusi siswa. Maka akan muncul sajian sebagai berikut; Pilih sajian kelas, maka akan tampak data siswa kelas tersebut. Klik tanda kotak sesudah no urut pada data siswa untuk memproses pembagian siswa sesuai dengan kelas paralelnya. Ketik paralel kelasnyanya dengan abjad KAFITAL (A, B, C, D, E, ... dst), lanjut dengan mengklik Copy To  OK.
4.5. Distribusi Siswa Menu ini dipakai untuk memproses data siswa semoga sesuai dengan kelas dan paralel nya ketika ini. Data siswa yang ada ialah data siswa tahun pelajaran sebelumnya telah masuk ke SIMDIK, jikalau kosong maka Anda diharuskan menginput nya secara online pada sajian Entry Data Siswa dan melaporkan fotocopy daftar 8355 ke Operator Korwil masing- masing untuk proses approve. Menu distribusi siswa sebagai berikut ; Pilih kelas nya maka akan muncul data siswa tahun sebelumnya, kemudian tentukan siswa tersebut menurut kelas paralel nya pada ketika ini (tentukan siswa yg naik kelas dan yang tidak naik kelas/ siswa tetap), Pada halaman paling bawah, ketik kelas paralelnya (A, B, C, D, ... dst.) kemudian klik sajian Copy To  OK.
Maka data siswa yang telah dilakukan proses distribusi siswa akan tampak pada sajian Data Siswa dan Manajemen Kelas termasuk pada sajian Data Siswa yang ada di Web Public. Bila masih terdapat kesalahan silahkan perbaiki melalui sajian Data Siswa  Edit  Simpan atau melalui sajian Manajemen Kelas.
4.6. Distribusi Alumni Hal ini dilakukan untuk memproses siswa yang sudah tamat belajar/lulus dari sekolah Anda pada tahun pelajaran sebelumnya. Menu pada Distribusi Alumni; Klik kotak pada data siswa sesudah kolom nomor maka pada semua kotak yg ada pada data siswa akan diberi tanda centang (apabila disekolah Anda terdapat siswa yg tidak tamat/lulus hilangkan tanda centangnya dengan mengklik kotak pada daftar nama siswa tersebut). Pada halaman paling bawah klik sajian Copy To  OK, maka data siswa tersebut menjadi data Alumni sekolah Anda.

5. Formulir
5.1. Kuesioner Saat ini kami gres menyediakan formulir kuesioner untuk mengetahui sistem jaringan internet di sekolah Anda. Silahkan di pilih sesuai dengan keadaan di sekolah Anda kemudian pada baris paling bawah klik sajian Simpan  OK. Kedepan kami akan menambah dengan formulir lain sesuai dengan data yg dibutuhkan.
6. Report Saat ini pada sajian report gres kami tampilkan 3 (tiga) menu, yaitu ;
6.1. 8355 Digunakan untuk mencetak Daftar 8355 sekolah Anda Tahun Pelajaran 2011/2012, yang terdiri dari Cover, Profil Sekolah, Daftar 8355. Ketik nama Pengawas sekolah Anda berikut dengan NIP nya, kemudian pilih pada sajian Lihat Di ada 3 pilihan 1. Layar, 2. Excel 2003, 3. XML (excel 2007); Untuk mencetak ; klik sajian File  Print (Ctrl+P)  OK.
6.2. Kuesioner Untuk mencetak Kuesioner IT sekolah Anda
6.3. Daftar Kuesioner Untuk mencetak Daftar Kuesioner IT sekolah Anda
7. Forum Operator Menu ini dipakai bagi para operator untuk bertanya dan lainnya berkaitan dengan permasalahan yg dihadapi pada ketika mengerjakan pendataan siswa dan lainnya. Kami berusaha untuk menawarkan solusi yang terbaik dan gres akan tampil sesudah Admin Simdik menjawab.Bagi sekolah yang belum ada dalam database dan belum memiliki Kode Sekolahdi web simdik.info, silahkan menghubungi/menemui operator Sub Rayon (SD/MI)atau Sanggar (SMP/MTs) dengan melampirkan fotocopy Surat Ijin Prinsip/IjinOperasional untuk diproses lebih lanjut.Kami menyadari bahwa web simdik.info masih banyak kekurangan sehingga kamiakan terus memperbaiki dan berbagi web ini. Web publik serta weboperator akan terus kami kembangkan sesuai dengan kebutuhan. Kamimengharapkan semoga semua operator sekolah membuka web simdik.info setiap harikerja, alasannya ialah isu berkaitan dengan kedinasan dan lainnya akan kamisampaikan melalui web ini, dan kami juga mengharapkan Anda bergabung difacebook simdik.info dengan mengklik sajian Like/Suka.Mudah-mudahan panduan ini sanggup membantu Anda dalam mengerjakan pendataansiswa dan lainnya.Anda sanggup menghubungi kami melalui email, facebook, lembaga operator atau contactperson Admin Simdik yang terdapat pada lembaran Username & Password.

0 Response to "Petunjuk Sajian Web Online Simdik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel