-->

Iklan

Pembahasan Soal Un 2017/2018 Sma/Ma Bahasa Indonesia Nomor 30: Pengembangan Topik Cerita



30.       Cermati teks berikut! 
Topik               : Hukuman seumur hidup bagi koruptor 
Kata kunci       : pegawai, pemerintah, rumah mewah, sederhana, angkot, warisan, dituduh.
Pengembangan topik dan kata kunci ke dalam bentuk cerpen yang sempurna yakni . . . 
A. Ia hanya pegawai biasa di sebuah kantor pemerintah. Rumahnya megah di tempat elit, tetapi orang-orang hanya tahu pegawai itu orang sederhana alasannya ketika  pergi ke kantor beliau naik angkot. Masyarakat kaget saat pegawai tersebut dijebloskan ke penjara dan dituntut eksekusi seumur hidup. 
B. Pegawai itu hanya pegawai biasa di sebuah kantor pemerintah. Dia dituduh korupsi alasannya memiliki rumah glamor di tempat elit. Padahal hidupnya sangat sederhana. Pergi dan pulang kerja beliau selalu memakai angkot. Rumah glamor itu bahu-membahu yakni rumah warisan dari orangtuanya. 
C. Jabatan pegawai itu cukup tinggi, jadi masuk akal jikalau memiliki rumah glamor di tempat elit. Sebenarnya rumah itu yakni warisan dari orangtuanya tetapi orang-orang tidak percaya alasannya hidup makmur dan bergelimpang harta.
D. Jabatan itu gres saja diembannya, tiba-tiba KPK menyelidiki pegawai tersebut dengan tuduhan menggelapkan uang negara. Pegawai tersebut murka dan mencari pengacara populer untuk membela diri. Namun, KPK memiliki bukti-bukti.
E. Jabatan pegawai itu awalnya biasa saja, tetapi alasannya kegigihan dan kerja keras, beliau berhasil mendapat posisi yang baik di kantornya. Akibatnya banyak yang merasa iri dengan keberhasilannya. 
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Pengembangan dongeng yang sesuai dengan kata-kata kunci yakni opsi B. 
Kata-kata kunci: pegawai (1), pemerintah (2), rumah glamor (3), sederhana (4), angkot (5), warisan (6), dituduh (7) .
Pengembangan dongeng yang memasukkan kata-kata kunci sanggup dicermati sebagai berikut.
Pegawai (1) itu hanya pegawai biasa di sebuah kantor pemerintah (2). Dia dituduh (7) korupsi alasannya memiliki rumah mewah (3) di tempat elit. Padahal hidupnya sangat sederhana (4). Pergi dan pulang kerja beliau selalu memakai angkot (5). Rumah glamor itu bahu-membahu yakni rumah warisan (6) dari orangtuanya. 


PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA 











14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik https://cozycornerpendidikan.blogspot.com//search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa

















0 Response to "Pembahasan Soal Un 2017/2018 Sma/Ma Bahasa Indonesia Nomor 30: Pengembangan Topik Cerita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel