-->

Iklan

Soal Uts/Pts Bahasa Indonesia Kelas Xi Sma/Ma Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019



SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER

BAHASA INDONESIA KELAS XI



A. KISI-KISI (KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR)
1. KD 3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur    
Indikator Disajikan gambaran wacana teks prosedur, akseptor didik bisa menjelaskan struktur teks mekanisme dengan tepat
2. KD 3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur           
Indikator Disajikan teks prosedur, akseptor didik bisa menganalisis kebahasaan teks mekanisme mencakup kata kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, kalimat/pernyataan persuasif dengan tepat.
3. KD 3.3 Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi mulut dan tulis      
Indikator Disajikan gambaran wacana teks eksplanasi, akseptor didik bisa menjelaskan struktur teks eksplanasi dengan tepat.
4. KD 4.4 Memproduksi teks eksplanasi secara mulut atau tulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan      
Indikator Disajikan gambaran insiden alam (banjir), akseptor didik bisa menyusun teks eksplanasi bertema insiden alam (banjir) dengan tepat.
5. KD 3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi         
Indikator Disajikan gambaran teks eksplanasi insiden alam (banjir), akseptor didik bisa menganalisis kebahasaan teks eksplanasi mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, dan konjungsi kronologis atau kausalitas dengan tepat.


B. SOAL 

1. Setiap teks mempunyai struktur yang berbeda dengan jenis teks yang lain. Jelaskan struktur teks prosedur!

2. Cermatilah teks berikut!
Kiat Berwawancara Kerja 
Bagi perusahaan, wawancara merupakan kesempatan untuk menggali kualifkasi calon pegawai secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan, kebutuhan dan sifat erusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya jawab antara pewawancara dengan calon.
Agar gampang dipahami oleh kawan bicara, kita harus berbicara dengan jelas. Jaga supaya kita tidak berbicara terlalu cepat atau lambat, atur juga bunyi supaya terang terdengar. Suara yang terlalu pelan menciptakan kita terlihat kurang percaya diri, sementara bunyi yang terlalu keras menciptakan kita terlihat agresif. Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi suatu keharusan. 
Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikan pewawancara supaya kita sanggup memerikan jawaban yang relevan. Tak ada salahnya menanyakan kembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk memastikan bahwa pemahaman kita sudah benar. Namun, jangan melakukannya terlalu sering lantaran justru akan menciptakan pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita.
Bahasa badan pun ikut memegang peranan. Gerakan nonverbal menyerupai mengangguk atau perilaku badan yang agak condong ke depan memperlihatkan bahwa kita tertarik pada apa yang disampaikan si pewawancaraa. Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, lantaran kontak mata penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja. 
Singkatnya, akan lebih baik jikalau kita bisa menampilkan perilaku yang antusias secara verbal maupun nonverbal. Oleh lantaran itu, hindari bahasa badan yang sanggup diartikan negatif, menyerupai menggoyangkan kaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari kontak mata. Cara berbicara yang percaya diri namun tidak terkesan sombong sanggup menarik minat pewawancara.
Pada ketika berbicara, hindari uraian yang panjang lebar dan berteletele. Cobalah mengemas kalimat secara singkat dan terfokus, namun tetap menarik. Kita dibutuhkan bisa memperlihatkan bahwa kita yaitu orang yang sempurna untuk posisi yang ditawarkan. Ceritakanlah kemampuan atau pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengkritik atasan atau rekan kerja sebelumnya lantaran ini memperlihatkan perilaku yang tidak professional.
Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba menyampaikan sesuatu yang berdasarkan kita akan menciptakan pewawancara merasa terkesan. Jangan melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan memperlihatkan data yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut hanyalah karangan. Tunjukkan bahwa kita bisa mengenali diri kita sendiri dengan tepat.
Pewawancara biasanya memperlihatkan kesempatan kepada kita untuk mengajukan pertanyaan di selesai wawancara. Gunakanlah kesempatan ini secara elegan dengan cara memperlihatkan rasa ingin tahu kita wacana lingkup dan deskripsi kiprah posisi yang dilamar, kesempatan pengembangan diri, dan sebagainya. Ini wajar, lantaran bersikap pasif dan menyerahkan segala sesuatu kepada pihak perusahaan tidak akan menambah nilai kita di mata pewawancara.
Calon yang mau bertanya dalam porsi yang sempurna memperlihatkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai honor dan tunjangan. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang bisa memilih nominal honor yang ia harapkan, lantaran dianggap sanggup melaksanakan evaluasi atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka kesempatan untuk negosiasi.
Dengan persiapan matang dan unjuk diri yang baik ketika wawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan). 
Analisislah ciri kebahasaan teks mekanisme yang mencakup kata kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, dan kalimat/pernyataan persuasif. 
3. Setiap teks mempunyai struktur yang berbeda dengan teks yang lain. Jelaskan struktur teks eksplanasi!

4. Peristiwa banjir merupakan salah satu peritiwa alam. Susunlah teks eksplanasi bertema banjir. Kembangkan tulisanmu dengan memakai pola lantaran jawaban atau hubungan kausalitas.

5. Analislah kebahasaan teks eksplanasi yang telah Anda buat yang mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, dan kata penghubung dan kausalitas.

PEMBAHASAN MATERI
1. MATERI PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR KLIK https://cozycornerpendidikan.blogspot.com//search?q=materi-pembelajaran-teks-prosedur
2. MATERI PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI KLIK https://cozycornerpendidikan.blogspot.com//search?q=materi-pembelajaran-teks-prosedur


SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER

BAHASA INDONESIA KELAS XI

1. Setiap teks mempunyai struktur yang berbeda dengan jenis teks yang lain. Jelaskan struktur teks prosedur!

2. Cermatilah teks berikut!

Cara Melakukan Belanja Online yang Aman 

Belanja online merupakan tren di kalangan masyarakat ketika ini. Dari orang renta hingga yang muda pernah melakukannya, tetapi banyak juga orang yang pernah tertipu  oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk menghindari insiden tersebut, silakan ikuti mekanisme dari kami ini.

Pertama, sebelum melaksanakan belanja online yang harus kalian miliki yaitu laptop atau smartphone dan koneksi internet. Kedua, usahakan transaksi melalui website terpecaya menyerupai bukalapak, tokopedia, shopee, blibli dan sebagainya. Usahakan jangan membeli barang melalui sosial media, lantaran penipu biasanya berkeliaran di sana. Kecuali latar penjualan mereka cantik menyerupai renan store, dan sebagainya. Kali ini saya membahas melalui jalur shopee lantaran lebih aman. Di samping itu, banyak promonya.

Ketiga, masuk ke halaman website shopee.co.id atau bisa diunduh aplikasinya di app store buat perangkat apple dan play store buat perangkat android. Keempat, silahkan cari barang yang ingin dibeli kemudian baca deskripsi, kalau ada kata-kata ( jikalau barang masih ada di katalog dan masih bisa di klik beli, berarti stok barang masih ada, jikalau bertanya ketersediaan barang melalui fitur chat tidak akan kami balas). Kalau tidak ada kata-kata menyerupai itu di deskripsi barangnya, Anda wajib menanyakan ketersediaan barang dan variannya.

Kelima, kalau semuanya sudah oke, tinggal klik beli, biasanya kita bisa memasukkan arahan promo, untuk potongan harga atau gratis ongkos kirim. Jika tidak ada, bisa dilewatkan. Keenam, klik checkout, kemudian masukkan alamat rumah atau tempat barang mau diantar, kemudian klik lanjut. Ketujuh, silahkan isi deskripsi atau catatan kepada penjual, biasanya saya isi dengan model atau varian supaya tidak terjadi salah kirim menyerupai salah warna atau salah variannya.

Kedelapan, pilihlah kurir atau jasa pengirimannya. Kalau estimasi waktu dari Jakarta ke solo sekitar 3-6 hari tergantung jasa kurirnya dan estimasi dari luar negeri biasanya bisa 2 ahad hingga 1 bulan atau lebih, tergantung waktu lamanya transit barang di antarnegara. Kesembilan, klik metode pembayaran, metode pembayaran bisa dipilih melalui transfer bank, pembayaran indomart dan sebagainya. Kesepuluh, klik lanjutkan, nanti akan keluar arahan pembayaran, tinggal masukkan arahan pembayaran beserta harganya, kemudian tunggu sekitar 10 menit, nanti akan ada pesan bahwa barang sudah dibayar, tinggal tunggu konfirmasi dari penjual

Kesebelas, tinggal tunggu penjual mengkonfirmasi barang dan akan diberi nomor resi yang tujuannya untuk mengecek posisi barang ada di mana, sesudah barang sampai, klik pesanan telah tiba dan jangan lupa kasih rating dan saran buat penjual supaya bisa diperbaiki.

Nah itu tadi cara berbelanja online yang aman, dan caranya pun sangat gampang dan praktis. dan juga kita tidak perlu susah-susah mencari barang yang kita inginkan di toko biasa dan harganya juga lebih murah dibanding toko biasa. (dikutip dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/3218022/biar-tak-tertipu-ini-kiat-aman-belanja-online dengan perubahan seperlunya). 

Analisislah ciri kebahasaan teks mekanisme yang mencakup kata kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, dan kalimat/pernyataan persuasif.

3. Setiap teks mempunyai struktur yang berbeda dengan teks yang lain. Jelaskan struktur teks eksplanasi!

4. Peristiwa banjir merupakan salah satu peritiwa alam. Susunlah teks eksplanasi bertema banjir. Kembangkan tulisanmu dengan memakai pola lantaran jawaban atau hubungan kausalitas.

5. Analislah kebahasaan teks eksplanasi yang telah Anda buat yang mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, dan kata penghubung dan kausalitas.

KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN

PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019



Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester            : XI/1

Kurikulum                   : 2013

Guru Mapel                 : Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.



1. Struktur teks prosedur

Teks mekanisme dibuat oleh ungkapan wacana tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang.

a. Tujuan merupakan pengantar wacana topik yang akan dijelaskan dalam teks.

b. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan.

c. Penegasan ulang berupa impian ataupun manfaat apabila petunjuk-petunjuk itu dijalankan dengan baik.

Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menjelaskan struktur teks mekanisme mencakup tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang dengan sangat tepat.
4
2
Peserta didik menjelaskan struktur teks mekanisme mencakup tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang dengan tepat.
3
3
Peserta didik menjelaskan struktur teks mekanisme mencakup tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang dengan kurang tepat.
2
4
Peserta didik menjelaskan struktur teks mekanisme mencakup tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang dengan tidak tepat.
1

Total Skor




2. Analisis ciri kebahasaan teks prosedur

Analisis kebahasaan teks mekanisme berjudul Cara Melakukan Belanja Online yang Aman sebagai berikut.

a.    Banyak memakai kata-kata kerja perintah (imperatif). Kata kerja imperatif dibuat oleh akhiran –kan, -i, dan partikel –lah.

      Bentuk dasar       
       Imbuhan/Partikel      
Bentukan Kata
usaha
-kan
usahakan
masuk
-lah
masuklah
sila
-kan
silakan
masuk
-kan
masukkan
pilih
-lah
pilihlah
lanjut
-kan
lanjutkan

b.    Banyak memakai kata-kata teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahasnya. Berkenaan dengan problem belanja online, dipakai istilah-istilah belanja online pula, contohnya transaksi, smartphone, internet, promo, transfer, rating, dan sebagainya.

c.    Banyak memakai konjungsi penambahan

Contoh : Kali ini saya membahas melalui jalur shopee lantaran lebih aman. Di samping itu, banyak promonya.

d.   Banyak memakai pernyataan persuasif. Berikut yaitu pola kalimatnya.

1)   Untuk menghindari insiden tersebut, silakan ikuti mekanisme dari kami ini.

2)   Sebelum melaksanakan belanja online, yang harus kalian miliki yaitu laptop atau smartphone dan koneksi internet.

Pedoman Penilaian

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks mekanisme mencakup kata kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, dan pernyataan persuasif dengan sangat tepat.
4
2
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks mekanisme mencakup kata kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, dan pernyataan persuasif dengan tepat.
3
3
Peserta didik menganalisis  kebahasaan teks mekanisme mencakup kata kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, dan pernyataan persuasif dengan kurang tepat.
2
4
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks mekanisme mencakup kata kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, dan pernyataan persuasif dengan tidak tepat.
1

Total Skor


 3. Struktur teks eksplanasi

Teks eksplanasi dibuat oleh bagian-bagian berikut.
a. Identifikasi fenomena (phenomenon identifcation), mengidentifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya. Bagian ini disebut juga dengan pernyataan umum.
b. Penggambaran rangkaian insiden (explanation sequence), memerinci proses insiden yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa.
1) Rincian yang berpola atas pertanyaan “bagaimana” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan urutan waktu.
2) Rincian yang berpola atas pertanyaan “mengapa” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan hubungan lantaran akibat.

Bagian ini disebut juga dengan deretan penjelas.
c. Ulasan (review), berupa komentar atau evaluasi wacana konsekuensi atas insiden yang dipaparkan sebelumnya. Bagian ini disebut juga dengan interpretasi.

Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menjelaskan struktur teks eksplanasi mencakup identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan review (ulasan)  dengan sangat tepat.
4
2
Peserta didik menjelaskan struktur teks eksplanasi mencakup identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan review (ulasan)  dengan tepat.
3
3
Peserta didik menjelaskan struktur teks eksplanasi mencakup identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan review (ulasan)  dengan kurang tepat.
2
4
Peserta didik menjelaskan struktur kebahasaan teks eksplanasi mencakup identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan review (ulasan) dengan tidak tepat.
1

Total Skor


 4. Contoh teks eksplanasi

Proses Terjadinya Banjir

Banjir yaitu insiden terjadinya air yang mengenai daratan dan sanggup mengakibatkan kerusakan fisik pada daratan tersebut dan sanggup menciptakan kerugian sosial dan ekonomi pada lingkungan sekitar yang terkena banjir.
Secara alamiah banjir disebabkan oleh terjadinya hujan lokal dan propagasi limpasan dari tempat hulu pada satu tempat tangkapan. Secara nonilmiah banjir sanggup terjadi lantaran ulah manusia.
Proses terjadinya banjir secara alamiah itu seperti,turunnya hujan jatuh ke permukaan bumi dan tertahan oleh tumbuh-tumbuhan sesudah itu masuk ke permukaan tanah mengalir ke tempat yang lebih rendah sesudah itu terjadi penguapan dan keluar ke permukaan daratan. Banjir yang terjadi secara almiah sanggup menjadi bancana bagi insan bila banjir itu mengenai insan dan mengakibatkan kerugian bagi manusia.
Sedangkan proses terjadinya banjir secara non alamiah lantaran ulah insan seperti,membuang sampah tidak pada tempatnya dan mengakibatkan aliran air tidak lancar sehingga air tersebut terapung di tempat pembuangannya semakin usang semakin menguap sesudah itu tinggi dan keluar sehingga mengenai daratan dan mengakibatkan banjir.
Proses banjir itu sanggup terjadi secara alamiah dan lantaran ulah manusia. Manusia sanggup mengalami kerugian lantaran banjir itu lantaran mereka mendiami tempat tinggal yang secara alamiah merupakan dataran banjir. Makara bila insan bertempat tinggal di dataran yang sering terkena banjir bukan banjirlah yang mendatangi insan tapi manusialah yang mendatangi banjir.

 Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
a.                      Peserta didik menulis teks eksplanasi  sangat sesuai dengan kerangka,  struktur, dan kebahasaan.
4
2
b.                      Peserta didik menulis teks eksplanasi sesuai dengan kerangka,  struktur, dan kebahasaan.
3
3
c.                      Peserta didik menulis teks eksplanasi kurang sesuai dengan kerangka,  struktur, dan kebahasaan.
2
4
d.                     Peserta didik menulis teks eksplanasi tidak sesuai dengan kerangka,  struktur, dan kebahasaan.
1

Total Skor


 5. Analisis kebahasaan teks eksplanasi

a. Banyak memakai kata teknis atau peristilahan, sesuai dengan topik yang dibahasnya.

Contoh: hujan lokal, propagasi limpasan

b. Banyak memakai konjungsi kausalitas ataupun kronologis.

    Konjungsi kausaltias, antara lain, sebab, karena, oleh lantaran itu, oleh lantaran itu, sehingga.

Contoh kalimat: Secara non ilmiah banjir sanggup terjadi lantaran ulah manusia.

c. Banyak memakai kata bermakna denotatif.

Contoh

Banjir : insiden terjadinya air yang mengenai daratan

Hujan : titik-titik air yang berjatuhan dari udara lantaran proses pendinginan

  d. Banyak memakai kata kerja pasif. Seperti kata disebabkan, terkena, dan sebagainya.

Contoh kalimat: Secara alamiah banjir disebabkan oleh terjadinya hujan lokal dan propagasi limpasan dari tempat hulu pada satu tempat tangkapan. 

Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks eksplanasi mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas dengan sangat tepat.
4
2
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks eksplanasi mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas dengan tepat.
3
3
Peserta didik menganalisis  kebahasaan teks eksplanasi mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas dengan kurang tepat.
2
4
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks eksplanasi mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas dengan tidak tepat.
1

Total Skor




Nilai Akhir : (skor nomor 1+ 2+3+4+5 ) X 5

Nilai maksimal : 20 X 5 = 100




BACA JUGA

KISI-KISI DAN SOAL PENILAIAN TENGAH (PTS) SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
BAHASA INDONESIA SMA/MA KELAS X, XI, XII KURIKULUM 2013
1. KISI-KISI DAN SOAL Perguruan Tinggi Swasta KELAS X KLIK https://cozycornerpendidikan.blogspot.com//search?q=materi-pembelajaran-teks-prosedur 
2. KISI-KISI DAN SOAL Perguruan Tinggi Swasta KELAS XI KLIK https://cozycornerpendidikan.blogspot.com//search?q=materi-pembelajaran-teks-prosedur 
3. KISI-KISI DAN SOAL Perguruan Tinggi Swasta KELAS XII KLIK https://cozycornerpendidikan.blogspot.com//search?q=materi-pembelajaran-teks-prosedur

0 Response to "Soal Uts/Pts Bahasa Indonesia Kelas Xi Sma/Ma Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel