-->

Iklan

Siapakah Pemimpin Di/Tii Di Mana Gerakan Ini Mulai Dilaksanakan?

Materi Sekolah - Siapakah Pemimpin DI/TII Di Mana Gerakan ini Mulai Dilaksanakan? - Darul Islam/ Tentara Islam Indonesia (DI/TII) - Di Jawa Barat muncul gerombolan ekstrimis “Darul Islam“ (DI). Keinginan yang menjadi harapan mereka ialah membentuk Negara Islam Indonesia (NII) degan sebuah kekuatan tentara yaitu Tentara Islam Indonesia (TII).

Organisasi DI/TII dipimpin oleh Sukarmaji Marijan Kartosuwiryo. Gerakan ini bermula saat Tentara Nasional Indonesia ditarik mundur dari Jawa Barat akhir dari Perjanjian Renville. Akan tetapi tentara Hizbullan dan Sabillilah tidak mentaati perintah untuk hijrah tersebut.

Mereka tetap tinggal di Jawa Barat sehingga mereka mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh TNI. Mereka kemudian bergabung dengan dan menamakan diri „Darul Islam“ (DI). Pada tangal 14 Agustus 1949 mereka memproklamirkan „Negara Islam Indonesia“ (NII).

TII Di Mana Gerakan ini Mulai Dilaksanakan Siapakah Pemimpin DI/TII Di Mana Gerakan ini Mulai Dilaksanakan?

Ketika Tentara Nasional Indonesia kembali ke Jawa Barat, sesudah Belanda melaksanakan Agresi Militer II, mendapat perlawanan dari DI/TII. Sejak itulah Tentara Nasional Indonesia kemudian melaksanakan operasi penumpasan terhadap DI/TII. Upaya Tentara Nasional Indonesia untuk mematahkan perlawanan DI/TII memakan waktu yang cukup lama.

Pada tahun 1960 Melalui Kodam VI Siliwangi mulai melancarkan operasi secara besar-besaran. Rakyat dengan pagar betis ikut membantu Tentara Nasional Indonesia dalam rangka melumpuhkan kekuatan DI/TII tersebut. Pada tahun 1962 Kartosuwiryo sanggup ditangkap yang kemudian oleh pengadilan dijatuhi eksekusi mati.

Pemberontakan DI/TII ternyata tidak saja berlangsung di Jawa Barat, tetapi juga di Jawa Tengah. Di Jawa Tengah gerakan ini dipelopori oleh Amir Fatah dengan organisasi Majelis Islam dari tempat Tegal-Brebes. Di samping itu ada juga Angkatan Muda Islam yang dipimpin oleh Moh. Mahfudin Abdul Rachman dari tempat Kebumen.

Untuk menghadapi kekuatan gres ini Tentara Nasional Indonesia membentuk pasukan gres dengan nama „Banteng Raider“

0 Response to "Siapakah Pemimpin Di/Tii Di Mana Gerakan Ini Mulai Dilaksanakan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel