Model Pembelajaran Berbasis Projek
Rancangan Pembelajaran Berbasis Projek
A. Identitas Model
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas ……
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII/1
Materi Pokok : Teks Cerita Sejarah
Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit (2 pertemuan)
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
4.2 Memproduksi teks kisah sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan kisah fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara verbal maupun tulisanmaupun tulisan
Indikator:
1) Menentukan langkah-langkah menyusun teks kisah sejarah
2) Menyusun teks kisah sejarah
C. Langkah Pembelajaran
Langkah-langkah Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
A. Penentuan Proyek | 1. Peserta didik memilih hari atau insiden bersejarah sebagai topik yang akan dikembangkan menjadi teks kisah bersejarah |
B. Perancangan Langkah-langkah Penyelesaian Proyek | 2. Peserta didik dibimbing guru mendiskusikan hukum main dan pemilihan kegiatan yang sanggup mendukung pelaksanaan proyek 3. Peserta didik mendiskusikan sumber/bahan/alat pendukung pelaksanaan proyek 4. Peserta didik menyimak klarifikasi guru mengenai penilaian dalam kelompok masing masing, penerima didik mendiskusikan dan perencanaan proyek berupa penentuan fase insiden bersejarah |
C. Penyusunan Jadwal Pelaksanaan Proyek | 5. Peserta didik menciptakan time line pemilihan dan penyiapan proyek 6. Peserta didik mendiskusikan deadline untuk menuntaskan proyek menyusun teks kisah sejarah 7. Peserta didik mendiskusikan dan menciptakan acara atau waktu pelaksanaan penyelesaian setiap fase persitiwa dalam teks kisah sejarah yang akan ditulisnya |
D. Penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru | 8. Peserta didik mengidentifikasi dan mencatat hal-hal yang berkaitan dengan fase insiden yang menjadi objek untuk penulisan teks kisah sejarah 9. Peserta didik mengonsultasikan permasalahan atau hambatan dalam menuntaskan penulisan teks kisah sejarah 10. Peserta didik memperbaiki hasil goresan pena menurut hasil konsultasi |
E. Penyusunan Laporan dan Presentasi /Publikasi Hasil Proyek | 11. Peserta didik membaca kembali teks kisah sejarah yang sudah ditulis dan memperbaiki bila masih terjadi kesalahan dengan mengacu pada point-point evaluasi yang disepekati pada tahap perencanaan 12. Peserta didik menempelkan teks kisah sejarah yang sudah dibuatnya di daerah yang sudah disediakan (tempat menyerupai bentuk pameran) 13. Peserta didik melaksanakan kegiatan shopping model,yaitu mengunjungi, membaca, dan menanggapi teks kisah sejarah kelompok lain. |
F. Evaluasi Proses dan Hasil Proyek | 14. Peserta didik melaksanakan refleksi terhadap kegiatan dan hasil kiprah proyek yang sudah dilaksanakan. 15. Peserta didik mengemukakan pengalamannya selama menuntaskan kiprah proyek penerima didik mendengarkan umpan balik terhadap proses yang telah dilaksanakan dan produk yang telah dihasilkan. |
0 Response to "Model Pembelajaran Berbasis Projek"
Posting Komentar