-->

Iklan

Model Pembelajaran Discovery Learning


Contoh Tahap Pembelajaran Discovery learning

Satuan Pendidikan: Sekolah Menengan Atas …
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XII/1
Materi Pokok : Teks Cerita Sejarah
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KD:  Memahami struktur dan kaidah teks dongeng sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan dongeng fiksi dalam novel baik melalui mulut maupun tulisan.

Indikator:

1) Menentukan struktur teks dongeng sejarah;
2) Menentukan kaidah/ciri-ciri bahasa (fitur bahasa) teks dongeng sejarah.

B. Langkah-langkah Pembelajaran


Tahapan Pokok
Kegiatan Pembelajaran
A.    Pemberian Rangsangan (Stimulation)
1.    Peserta didik menyimak tayangan aneka macam bencana sejarah dunia.
2.    Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sanggup menghadapkansiswa pada kondisi internal yang mendorong eksplorasi terhadap pemahaman teks hasil observasi dongeng sejarah.
3.      Guru mengarahkan tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang akan dilakukan
4.      Siswa membaca pola model teks dongeng sejarah berjudul “Sejarah Hari Buruh.”.
B.     Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)
5.     
6.    Peserta didik mengidentifikasi persoalan yang relevan dengan materi bacaan diantaranya diarahkan untuk menanyakan fungsi teks dongeng sejarah dan bentuk atau strukturnya,
7.      Berdasarkan identifikasi persoalan tersebut, siswa menentukan dan merumuskan salah satu di antaranya dalam bentuk hipotesis.
C.     Pengumpulan Data (Data Collection)
8.    Peserta didik membentuk kelompok mencar ilmu sesuai isyarat guru dengan mempertimbangkan kemampuan akademik, gender, dan ras (@5 0rang per kelompok).
9.      Peserta didik mengidentifikasi siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana bencana yang terjadi pada teks dongeng sejarah “Hari Buruh.”
10.  Peserta didik menyusun periode sejarah secara kronologis, sesuai dengan urutan waktu dari bencana sejarah teks “Hari Buruh.”
11.  Peserta didik menentukan struktur yang membangun teks “Sejarah Hari Buruh”
D.    Pengolahan Data (Data Processing)
12.   
13.  Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh dari hasil aktivitas sebelumnya untuk menentukan unsur-unsur atau struktur teks dongeng sejarah.
E.     Pembuktian (Verification)
14.  Guru menunjukkan kesempatan kepada siswa untuk memverifikasi sehingga sanggup menemukan konsep perihal struktur teks dongeng sejarah.
F.      Menarik Kesimpulan (Generalization)
15.  Peserta didik menciptakan kesimpulan perihal struktur teks dongeng sejarah
16.  Peserta didik mempresentasikan.



0 Response to "Model Pembelajaran Discovery Learning"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel