Ringkasan Bahan Un 2017 Bahasa Indonesia Sma: Menyunting Kata, Kalimat, Dan Paragraf
RINGKASAN MATERI UN 2017 BAHASA INDONESIA SMA
MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
Menyunting merupakan upaya memperbaiki naskah atau teks. Menyunting kata, kalimat, dan paragraf berarti memperbaiki kata, kalimat, dan paragraf.
Mengacu ke Kisi-Kisi UN tahun 2016/2017 indikator bahan penyuntingan dikelompokkan antara lain memperlihatkan kesalahan, menggunakan, memperlihatkan alasan kesalahan, dan memperbaiki.
Berikut ini disajikan kompetensi menyunting kata, kalimat, dan paragraf sesuai dengan level kognitifnya.
No | Level Kognitif | Kompetensi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf |
1 | Pengetahuan dan Pemahaman | 1. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah 2. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi 3. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat 4. Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf |
2 | Aplikasi | 1. Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata) 2. Mengisi dengan konjungsi yang sesuai |
3 | Penalaran | 1. Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat 2. Memperbaiki kesalahan paragraf 3. Menentukan alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam Paragraf |
- Level Pengetahuan dan PemahamanLevel pengetahuan dan pemahaman dikategorikan level rendah dalam keterampilan menyunting. Pada level ini, penerima didik dituntut mengidentifikasi atau memperlihatkan kesalahan penggunaan kata/istilah, kesalahan penggunaan konjungsi, kesalahan penggunaan kalimat efektif, dan mengidentifikasi atau memperlihatkan kalimat tidak padu dalam paragraf.
- Mengidentifikasi Kesalahan Penggunaan Kata/IstilahMengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah artinya memperlihatkan kesalahan penggunaan kata/istilah dalam kalimat dan dalam paragraf. Kata yang disunting dalam kalimat dan paragraf yakni kata tidak baku. Istilah yang disunting yakni penggunaan peristilahan yang tidak baku atau tidak sesuai dengan Pedoman Umum Pembentukan Istilah.
- Mengidentifikasi Kesalahan Penggunaan KonjungsiKonjungsi yang dianggap tidak sempurna dan harus disunting yakni penggunaan konjungsi tidak sesuai dengan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Menyunting konjungsi dalam paragraf sebaiknya berpedoman pada kaidah yang berlaku. Penyuntingan konjungsi memperhatikan makna dan maksud kalimat.
- Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimatMengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat artinya menemukan dan memperlihatkan kesalahan penggunaan kalimat tidak efektif. Kalimat tidak efektif antara lain ditandai dengan Ketidaklengkapan Unsur Kalimat, Ketidaktepatan Penempatan Unsur dalam Kalimat, Penggunaan Unsur Kalimat secara Berlebihan, Pilihan Kata Tidak Tepat, ketidakparalelan, kontaminasi, dan kesalahan konjungsi.Kalimat efektif ditandai antara lain gampang dipahami isi atau pesannya, lengkap unsur kalimatnya, kata yang dipakai tepat, tidak berlebihan, dan tidak ambigu, dan sebagainya.
- Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragrafMengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf artinya menemukan atau memperlihatkan kalimat yang tidak padu dalam paragraf. Kalimat tidak padu dalam paragraf yakni kalimat yang isinya tidak sesuai dengan isi kalimat yang lain dalam paragraf. Kalimat tidak padu juga kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama dalam paragraf.
- Level AplikasiLevel aplikasi merupakan kompetensi penguasaan konsep dan penerapannya untuk menyunting kata, kalimat, dan paragraf. Pada level ini penerima didik dituntut kemampuan menerapkan konsep yang dikuasainya untuk menyunting mencakup memakai kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata) dan mengisi dengan konjungsi yang sesuai. Peserta didik tidak hanya dituntut bisa memperlihatkan kesalahan, tetapi juga memperbaiki kesalahan.
- menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)Kata bentukan yakni kata yang telah mengalami proses morfologis. Proses morfologis yakni proses terbentuknya suatu kata dari kata lain dengan cara afiksasi, reduplikasi, atau komposisi. Kata bentukan yang dimaksud yakni kata berimbuhan, bentuk ulang, dan adonan kata. Untuk sanggup memakai kata bentukan dengan sempurna perlu mencermati makna kata bentukan dan penggunaan kata bentukan tersebut.
- mengisi dengan konjungsi yang sesuaiMengisi dengan konjungsi yang sesuai artinya menentukan konjungsi yang sempurna dalam kalimat atau paragraf. Penggunaan konjungsi dalam kalimat atau paragraf disesuaiakan dengan korelasi antarkata, antarklausa, dan antarkalimat dalam paragraf.
- Level PenalaranPada level ini mengharuskan penerima didik untuk melaksanakan analisis, evaluasi, sintesis untuk dapat menyunting kata, kalimat, dan paragraf. Peserta didik dituntut menentukan alasan kesalahan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan paragraf.
- Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimatMemperbaiki kesalahan penggunaan kalimat artinya memperbaiki kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif. Kalimat tidak efektif antara lain ditandai dengan Ketidaklengkapan Unsur Kalimat, Ketidaktepatan Penempatan Unsur dalam Kalimat, Penggunaan Unsur Kalimat secara Berlebihan, Pilihan Kata Tidak Tepat, ketidakparalelan, kontaminasi, dan kesalahan konjungsi. Kalimat efektif ditandai antara lain gampang dipahami isi atau pesannya, lengkap unsur kalimatnya, kata yang dipakai tepat, tidak berlebihan, dan tidak ambigu, dan sebagainya
- Memperbaiki kesalahan paragrafKesalahan paragraf ditandai antara lain adanya kalimat tidak padu. Memperbaiki kesalahan paragraf artinya memperbaiki kalimat tidak padu menjadi kalimat padu dalam paragraf.Kalimat tidak padu yakni kalimat yang isinya tidak sesuai dengan isi kalimat-kalimat lain dalam paragraf. Selain itu, kalimat tidak padu juga tidak mendukung kalimat utama dalam paragraf. Untuk memperbaiki kalimat tidak padu menjadi kalimat padu dilakukan dengan memperbaiki isi kalimat tidak padu supaya sesuai dengan isi kalimat-kalimat yang lain dalam paragraf dan isinya mendukung kalimat utama dalam paragraf.
- Menentukan alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam ParagrafMenentukan alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf artinya memperlihatkan bab kata/kalimat yang salah dalam paragraf dan memperlihatkan alasan mengapa hal tersebut salah.
Berikut ini disajikan pola acara menentukan alasan kesalahan kalimat efektif dan memperbaiki kalimat efektif.
No | Kalimat tidak efektif | Keterangan (alasan kesalahan) | Kalimat efektif (perbaikan) |
1. | Sebagai kawasan membaca, harus dilengkapi dengan akomodasi memadai. | Ketidaklengkapan Unsur Kalimat Kalimat tersebut tidak efektif alasannya yakni tidak menjelaskan sesuatu yang harus dilengkapi. Kalimat tersebut tidak menyertakan subjek kalimat. | Sebagai kawasan membaca, perpustakaan harus dilengkapi dengan akomodasi memadai. |
2. | Petani sebelum ada kebijakan impor gula dari Pemerintah, tidak pernah mengalami kerugian sampai puluhan juta rupiah. | Ketidaktepatan Penempatan Unsur dalam Kalimat Kalimat tersebut tidak efektif alasannya yakni salah meletakkan kata petani. Kata petani seharusnya diletakkan di belakang tanda koma. | Sebelum ada kebijakan impor gula dari Pemerintah, petani tidak pernah mengalami kerugian sampai puluhan juta rupiah. |
3. | Para ibu-ibu sedang mengikuti penyuluhan hidup sehat dan bersih. | Penggunaan Unsur Kalimat secara Berlebihan Kalimat tersebut tidak efektif alasannya yakni pemakaian kata Para dan ibu-ibu yang keduanya memperlihatkan makna jamak. Kata ibu tidak perlu diulang | Para ibu sedang mengikuti penyuluhan hidup sehat dan higienis atau, lbu-ibu sedang mengikuti penyuluhan hidup sehat dan bersih. |
4. | Guru menugaskan siswanya menciptakan karangan | Penggunaan kata bentukan yang salah Akhiran –kan pada kata menugaskan membutuhkan objek tak langsung. Seharusnya memakai akhiran-i | Guru menugasi siswanya menciptakan karangan . |
5. | Tugas para pekerja itu yakni mengecat rumah, perbaikan kanal air, dan pemasangan kabel. | Paralelisme/Kesejajaran Kesamaan bentuk kata yang dipakai dalam kalimat. Jika bentuk pertama memakai kata kerja (mengecat) bentuk selanjutnya juga harus kata kerja (memperbaiki bukan perbaikan, memasang bukan pemasangan) | Tugas para pekerja itu yakni mengecat rumah, memperbaiki kanal air, dan memasang kabel. |
6. | Di Yayasan itu dipelajarkan banyak sekali Keterampilan wanita | Kontaminasi/kerancuan Pada kalimat tersebut terdapat bentuk kata rancu yaitu dipelajarkan. | a. Di yayasan itu, diajarkan banyak sekali Keterampilan wanita b. Di yayasan itu, dipelajari banyak sekali Keterampilan wanita. |
7. | Sebelum ke kamar mandi, Mirta meminta ijin pada gurunya. | Ketidakbakuan Pada kalimat tersebut ada kata tidak baku yaitu ijin yang seharusnya izin. | Sebelum ke kamar mandi, Mirta meminta izin pada gurunya. |
8. | Kalau lulus ujian, maka Afniakan mengadakan syukuran. | Kesalahan konjungsi Penggunaan konjungsi maka yang salah. | Kalau lulus ujian, Afni akan mengadakan syukuran. |
0 Response to "Ringkasan Bahan Un 2017 Bahasa Indonesia Sma: Menyunting Kata, Kalimat, Dan Paragraf"
Posting Komentar