-->

Iklan

Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Sd/Mi


(BERDASARKAN PERMENDIKNAS NOMOR 16 TAHUN 2007)

NO
KOMPETENSI INTI GURU
KOMPETENSI GURU KELAS SD/MI
1
Menguasai karakteristik penerima didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan
intelektual.

1.1 Memahami karakteristik penerima didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
1.2 Mengidentifikasi potensi penerima didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.
1.3 Mengidentifikasi kemampuan awal penerima didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.
1.4 Mengidentifikasi kesulitan penerima berguru usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.
2
Menguasai teori berguru dan prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik.

2.1 Memahami aneka macam teori berguru dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan lima mata pelajaran SD/MI.
2.2 Menerapkan aneka macam pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD/MI.
2.3 Menerapkan pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas-kelas awal SD/MI.
3
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/ bidang pengembangan
yang diampu.

3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
3.2 Menentukan tujuan lima mata pelajaran SD/MI.
3.3 Menentukan pengalaman berguru yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MI
3.4 Memilih bahan lima mata pelajaran SD/MI yang terkait dengan pengalaman berguru dan tujuan pembelajaran.
3.5 Menata bahan pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik penerima didik usia SD/MI.
3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.
4
Menyelenggarakan pembelajaran
yang mendidik.
4.1 Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik
4.2 Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran.
4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
4.4 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan.
4.5 Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik penerima didik dan lima mata pelajaran SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
4.6 Mengambil keputusan transaksional dalam lima mata pelajaran SD/MI sesuai dengan situasi yang berkembang.
5
Memanfaatkan teknologi isu dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
5.1 Memanfaatkan teknologi isu dan komunikasi dalam pembelajaran.
6
Memfasilitasi pengembangan
potensi penerima didik untuk Mengaktualisasikan aneka macam potensi yang dimiliki
6.1 Menyediakan aneka macam kegiatan pembelajaran untuk mendorong penerima didik mencapai prestasi berguru secara optimal.
6.2 Menyediakan aneka macam kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi penerima didik, termasuk kreativitasnya.
7
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan penerima didik.
7.1 Memahami aneka macam taktik berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun, baik secara mulut maupun tulisan.
7.2 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan penerima didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis penerima didik, (b) menunjukkan pertanyaan atau kiprah sebagai permintaan kepada penerima didik untuk merespons, (c) respons penerima didik, (d) reaksi guru terhadap respons penerima didik, dan seterusnya.
8
Menyelenggarakan penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar.
8.1 Memahami prinsip-prinsip penilaian dan penilaian proses dan hasil berguru sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI.
8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil berguru yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI.
8.3 Menentukan mekanisme penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar.
8.4 Mengembangkan instrumen penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar.
8.5 Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil berguru secara berkesinambungan dengan mengunakan aneka macam instrumen.
8.6 Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil berguru untuk aneka macam tujuan.
8.7 Melakukan penilaian proses dan hasil belajar.

9
Memanfaatkan hasil penilaian dan
evaluasi untuk kepentingan
pembelajaran.
9.1 Menggunakan isu hasil penilaian dan penilaian untuk memilih ketuntasan belajar.
9.2 Menggunakan isu hasil penilaian dan penilaian untuk merancang aktivitas remedial dan pengayaan.
9.3 Mengkomunikasikan hasil penilaian dan penilaian kepada pemangku kepentingan.
9.4 Memanfaatkan isu hasil penilaian dan penilaian pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
10
Melakukan tindakan reflektif untuk
peningkatan kualitas
pembelajaran.
10.1 Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
10.2 Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan lima mata pelajaran SD/MI.
10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI.

UNTUK CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI

0 Response to "Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Sd/Mi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel