-->

Iklan

Kompetensi Pedagogik Guru Paud/Tk/Ra


 (BERDASARKAN PERMENDIKNAS NOMOR 16 TAHUN 2007)

NO
KOMPETENSI INTI GURU
KOMPETENSI GURU KELAS PAUD/TK/RA
1
Menguasai karakteristik penerima didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan
intelektual.

1.1 Memahami karakteristik penerima didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar belakang sosial-budaya.
1.2 Mengidentifikasi potensi penerima didik usia TK/PAUD dalam aneka macam bidang pengembangan.
1.3 Mengidentifikasi kemampuan awal penerima didik usia TK/PAUD dalam aneka macam bidang pengembangan.
1.4 Mengidentifikasi kesulitan penerima didik usia TK/PAUD dalam aneka macam bidang Pengembangan.
2
Menguasai teori berguru dan prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik.

2.1 Memahami aneka macam teori berguru dan prinsip-prinsip bermain sambil berguru yang mendidik yang terkait dengan aneka macam bidang pengembangan di TK/PAUD.
2.2 Menerapkan aneka macam pendekatan, strategi, metode, dan teknik bermain sambil berguru yang bersifat holistik, otentik, dan bemakna, yang terkait dengan aneka macam bidang pengembangan di TK/PAUD.
3
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/ bidang pengembangan
yang diampu.

3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
3.2 Menentukan tujuan acara pengembangan yang mendidik.
3.3 Menentukan acara bermain sambil berguru yang sesuai untuk mencapai tujuan pengembangan.
3.4 Memilih bahan acara pengembangan yang mendidik ialah acara bermain sambil berguru sesuai dengan tujuan pengembangan
3.5 Menyusun perencanaan semester, mingguan dan harian dalam aneka macam acara pengembangan di TK/PAUD.
3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian
4
Menyelenggarakan pembelajaran
yang mendidik.
4.1 Memahami prinsip-prinsip perancangan acara pengembangan yang mendidik dan menyenangkan.
4.2 Mengembangkan komponen-komponen rancangan acara pengembangan yang mendidik dan menyenangkan.
4.3 Menyusun rancangan acara pengembangan yang mendidik yang lengkap, baik untuk acara di dalam kelas, maupun di luar kelas.
4.4 Menerapkan acara bermain yang bersifat holistik, otentik, dan bermakna.
4.5 Menciptakan suasana bermain yang menyenangkan, inklusif, dan demokratis
4.6 Memanfaatkan media dan sumber berguru yang sesuai dengan pendekatan bermain sambil belajar.
4.7 Menerapkan tahapan bermain anak dalam acara pengembangan di TK/PAUD.
4.8 Mengambil keputusan transaksional dalam acara pengembangan di TK/PAUD sesuai dengan situasi yang berkembang.
5
Memanfaatkan teknologi info dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
5.1 Memanfaatkan teknologi info dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas acara pengembangan yang mendidik.
6
Memfasilitasi pengembangan
potensi penerima didik untuk Mengaktualisasikan aneka macam potensi yang dimiliki
6.1 Menyediakan aneka macam acara bermain sambil berguru untuk mendorong penerima didik menyebarkan potensinya secara optimal termasuk kreativitasnya.
7
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan penerima didik.
7.1 Memahami aneka macam taktik berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun, baik secara mulut maupun tulisan.
7.2 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan penerima didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis penerima didik, (b) memperlihatkan pertanyaan atau kiprah sebagai seruan kepada penerima didik untuk merespons, (c) respons penerima didik, (d) reaksi guru terhadap respons penerima didik, dan seterusnya.
8
Menyelenggarakan penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar.
8.1 Memahami prinsip-prinsip penilaian dan penilaian proses dan hasil berguru sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI.
8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil berguru yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI.
8.3 Menentukan mekanisme penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar.
8.4 Mengembangkan instrumen penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar.
8.5 Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil berguru secara berkesinambungan dengan mengunakan aneka macam instrumen.
8.6 Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil berguru untuk aneka macam tujuan.
8.7 Melakukan penilaian proses dan hasil belajar
9
Memanfaatkan hasil penilaian dan
evaluasi untuk kepentingan
pembelajaran.
9.1 Menggunakan info hasil penilaian dan penilaian untuk memilih ketuntasan belajar.
9.2 Menggunakan info hasil penilaian dan penilaian untuk merancang agenda remedial dan pengayaan.
9.3 Mengkomunikasikan hasil penilaian dan penilaian kepada pemangku kepentingan.
9.4 Memanfaatkan info hasil penilaian dan penilaian pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
10
Melakukan tindakan reflektif untuk
peningkatan kualitas
pembelajaran.
10.1 Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
10.2 Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan lima mata pelajaran SD/MI.
10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI.

UNTUK CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI

0 Response to "Kompetensi Pedagogik Guru Paud/Tk/Ra"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel