-->

Iklan

Modul 4 Prakondisi Di Plpg Kompetensi Pedagogik


STRATEGI PEMBELAJARAN

Dikutip dari sumber www.sertifikasiguru.id, kegiatan prakondisi pada PLPG 2017  Peserta PLPG 2017 wajib mempelajari Modul Pedagogik dan Modul Pendalaman Materi Bidang Studi secara berdikari dan sanggup diunduh melalui laman sertifikasiguru.id

Sebagai persiapan pendalaman modul pedagogik di prakondisi PLPG 2017 kami sajikan RINGKASAN MATERI KELOMPOK KOMPETENSI PEDAGOGIK 4:  STRATEGI PEMBELAJARAN

Ringkasan Materi ini dikembangkan menurut kompetensi pedagogik  keempat di Permendiknas nomor 16 tahun 2007 yaitu: Menyelenggarakan Pembelajaran yang Mendidik.

RINGKASAN MATERI KELOMPOK KOMPETENSI PEDAGOGIK 4.

         PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, DAN TEKNIK PEMBELAJARAN
         Dalam Lampiran 3 Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 (233) pendekatan dimaknai sebagai cara menyikapi/melihat (a way of viewing); strategi dimaknai sebagai cara mencapai tujuan dengan sukses (a way of winning the game atau a way of achieving of objectif); metode dimaknai sebagai cara menangani sesuatu (a way of dealing). Sedangkan teknik dimaknai sebagai cara memperlakukan sesuatu (a way creating something); dan model dimaknai sebagai kerangka yang berisikan langkah-langkah/uruturutan kegiatan/sintakmatik yang secara operasional perlu dilakukan oleh guru dan siswa. Dalam rujukan lain dijelaskan bahwa pendekatan yaitu titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran; metode yaitu cara yang dipakai untuk  mengimplementasikan planning yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan konkret dan simpel untuk mencapai tujuan pembelajaran; teknik adalah cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifk; dan model adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal hingga simpulan yang disajikan secara khas oleh guru (bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran). Pendekatan (approach) merupakan titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Roy Killen (1998) misalnya, mencatat ada dua pendekatan dalam pembelajaran, yaitu pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centered approaches) dan pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centered approaches) yang dipakai dalam perancangan kurikulum dan pembelajaran dikala ini. Strategi pembelajaran merupakan perencanaan tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan banyak sekali sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan metode merupakan upaya untuk mengimplementasikan planning yang sudah disusun dalam kegiatan konkret semoga tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Metode dipakai sebagai cara untuk melakukan dan merealisasikan taktik yang telah ditetapkan. Dalam mengimplementasikan metode pembelajaran, seorang pendidik perlu memutuskan teknik atau cara tertentu semoga proses pembelajaran berjaan efektif dan efsien, serta taktik atau gaya individu dalam melakukan suatu teknik atau metode tertentu contohnya dalam memakai ilustrasi atau memakai gaya bahasa atau idialek semoga bahan pembelajaran gampang dipahami.

Sumber Pustaka:

Doyin, Mukh dan Supriyono. 2015. Materi UKG Bahasa Indonesia 2015. Semarang: Bandungan Institute

POSTINGAN TERKAIT

SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI

MODUL 6 KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DISINI


0 Response to "Modul 4 Prakondisi Di Plpg Kompetensi Pedagogik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel