-->

Iklan

Modul 5 Prakondisi Di Plpg 2017 Kompetensi Pedagogik


TIK DAN MEDIA PEMBELAJARAN

Dikutip dari sumber www.sertifikasiguru.id, pada kegiatan prakondisi pada PLPG 2017  Peserta PLPG 2017 wajib mempelajari Modul Pedagogik dan Modul Pendalaman Materi Bidang Studi secara berdikari dan sanggup diunduh melalui laman sertifikasiguru.id

Sebagai persiapan pendalaman modul pedagogik di prakondisi PLPG 2017 kami sajikan RINGKASAN MATERI KELOMPOK KOMPETENSI PEDAGOGIK :  TIK DAN MEDIA PEMBELAJARAN

Ringkasan Materi ini dikembangkan berdasarkan kompetensi pedagogik yang kelima di Permendiknas nomor 16 tahun 2007 yaitu: Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Kepentingan Pembelajaran.

RINGKASAN MATERI KELOMPOK KOMPETENSI PEDAGOGIK 5.

MEDIA PEMBELAJARAN

Media ialah segala sesuatu yang sanggup dipakai untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke akseptor sehingga sanggup merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses mencar ilmu terjadi.

Memahami karakteristik banyak sekali media pengajaran merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik dalam kaitannya dengan keterampilan pemilihan media pengajaran.

A.      kriteria yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran

  1. Tujuan

Apa tujuan pembelajaran dan kompetensi yang ingin dicapai? Apakah tujuan itu masuk tempat kognitif, afektif, psikomotor atau kombinasi ketiganya? Jenis rangsangan indera apa yang ditekankan: apakah penglihatan, pendengaran, atau kombinasinya? Jika visual, apakah perlu gerakan atau cukup visual diam?

2.      Sasaran Didik

Siapakah target didik yang akan memakai media? Bagaimana karakteristik mereka, berapa jumlahnya, bagaimana latar belakang sosialnya, apakah ada yang berkelainan, bagaimana motivasi dan minat belajarnya? dan seterusnya.

3.      Karakteristik media yang bersangkutan

Bagaimana karakteristik media tersebut? Apa kelebihan dan kelemahannya? Sesuaikah media yang akan kita pilih itu dengan tujuan yang akan dicapai?

4.      Waktu

Yang dimaksud waktu ialah berapa usang waktu yang dibutuhkan untuk mengadakan atau menciptakan media yang akan kita pilih, serta berapa usang waktu yang tersedia atau yang kita miliki.

5.      Biaya

Faktor biaya menjadi kriteria yang harus kita pertimbangkan. Berapa biaya yang kita perlukan untuk membuat, membeli atau meyewa media tersebut? Dapatkah kita mengusahakan biaya tersebut/apakah besarnya biaya seimbang dengan tujuan mencar ilmu yang hendak dicapai?

6.      Ketersediaan

Kemudahan dalam memperoleh media juga harus menjadi pertimbangan kita. Adakah media yang kita butuhkan itu tersedia di sekitar kita, di sekolah atau di pasaran

7.      Konteks penggunaan

Konteks penggunaan maksudnya ialah dalam kondisi dan taktik bagaimana media tersebut akan digunakan. Misalnya, apakah untuk mencar ilmu individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal?

8.      Mutu Teknis

Kriteria ini terutama untuk memilih/membeli media pembelajaran siap pakai yang telah ada. Misalnya kegiatan audio, video, grafis atau media cetak lain. Bagaimana mutu teknis media pembelajaran

tersebut, apakah visualnya jelas, menarik dan cocok? Apakah suaranya terang dan yummy didengar?

B. Jenis Media Pembelajaran

Dilihat dari sifatnya, media sanggup dibagi atas:

1) Media auditif, yaitu media yang hanya sanggup didengar saja, atau media yang hanya mempunyai unsur suara, ibarat radio dan rekaman suara.

2) Media visual, yaitu media yang hanya sanggup dilihat saja, tidak mengandung unsur suara. Jenis media yang tergolong ke dalam media visual adalah: film slide, foto, transparansi, lukisan, gambar, dan banyak sekali bentuk materi yang dicetak ibarat media grafis dan sebagainya.

3) Media audiovisual, yaitu jenis media yang selain mengandung unsur bunyi juga mengandung unsur gambar yang sanggup dilihat, misalnya, rekaman video, banyak sekali ukuran film, slide suara, dan sebagainya. Kemampuan media ini dianggap lebih baik dan lebih menarik alasannya ialah mengandung kedua unsur jenis media yang pertama dan kedua.

Dilihat dari kemampuan jangkauannya, media sanggup dibagi ke dalam:

1) Media yang mempunyai daya liput yang luas dan serentak,seperti radio dan televisi. Melalui media ini peserta didik sanggup mempelajari hal-hal atau kejadian-kejadian yang positif secara serentak tanpa harus memakai ruangan khusus.

2) Media yang mempunyai daya liput yang terbatas oleh ruang dan waktu, ibarat film slide, film, video, dan sebagainya.

C. Manfaat media pembelajaran

Secara umum manfaat media pembelajaran berdasarkan Harjanto (1997 : 245) ialah :

1) Memperjelas penyajian pesan biar tidak terlalu verbalistis (tahu kata – katanya, tetapi tidak tahu maksudnya)

2) Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera. Dengan memakai media pembelajaran yang sempurna dan bervariasi sanggup diatasi perilaku pasif siswa.

3) Dapat menjadikan persepsi yang sama terhadap suatu masalah.

Selanjutnya berdasarkan Purnamawati dan Eldarni (2001 : 4) yaitu

4) Membuat konkrit konsep yang abstrak, contohnya untuk menjelaskan peredaran darah.

5) Membawa obyek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

6) Manampilkan obyek yang terlalu besar, contohnya pasar, candi.

7) Menampilkan obyek yang tidak sanggup diamati dengan mata telanjang.

8) Memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat.

9) Memungkinkan siswa sanggup berinteraksi eksklusif dengan lingkungannya.

10) Membangkitkan motivasi belajar

11) Memberi kesan perhatian individu untuk seluruh anggota kelompok belajar.

12) Menyajikan informasi mencar ilmu secara konsisten dan sanggup diulang maupun disimpan berdasarkan kebutuhan.

13) Menyajikan informasi mencar ilmu secara serempak (mengatasi waktu dan ruang)

14) Mengontrol arah maupun kecepatan mencar ilmu siswa.

D. Fungsi media pembelajaran ialah sebagai berikut.

1. Fungsi Atensi

Fungsi atensi media visual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.

2. Fungsi Afektif

Media visual sanggup terlihat dari tingkat kenikmatan siswa saat mencar ilmu (atau membaca) teks yang bergambar. Gambar atau lambang visual sanggup menggugah emosi dan perilaku siswa, contohnya informasi yang menyangkut duduk kasus sosial atau ras.

3. Fungsi Kognitif

Fungsi kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaiaan tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.

4. Fungsi Kompensatoris

Fungsi kompensatoris media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang menunjukkan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.

E. Memanfaatkan TIK dalam Berkomunikasi dan Pengembangan Diri

Berikut ini akan disajikan empat jenis komunikasi di dunia maya yang bisa dilakukan, yaitu komunikasi memakai atau memanfaatkan akomodasi e-mail, milis, chatting dan facebook.

1) e-mail

e-mail yaitu surat elektronik. Surat elektronik ialah surat yang dibuat, dikirim dan diterima tidak dalam bentuk fsik berupa kertas akan tetapi dalam bentuk data elektronik yang dibuat, dikirim dan/atau diterima dalam bentuk data yang diolah dan dikirim memakai kegiatan aplikasi e-mail dengan memanfaatkan peralatan elektronik computer dan jaringan internet. Melalui e-mail ini kita bisa saling berkirim surat sebagaimana layaknya saling berkirim surat biasa, hanya dalam wujud surat yang berbeda, bukan berupa kertas. Beragam jenis data dan informasi yang bisa dikirim melalui e-mail, yaitu bisa berupa teks atau tulisan, gambar, suara, dan video.

2) Milis

Milis atau mailing list ialah layanan di dalam Internet yang dipakai untuk berdiskusi melalui e-mail. Diskusi dalam milis bisa dikelompok-kelompokkan berdasarkan kategori atau topik dan kelompok tertentu. Misalnya topik perihal pekerjaan, bisnis, pendidikan, hobi dan lain-lain atau kelompok organisasi guru. Salah satu penyedia mailing list (server) yang paling populer ialah Yahoo!. Untuk bisa melaksanakan diskusi di milis atau mailing list, kita harus terdaftar terlebih dahulu di penyedia mailing list, contohnya di Yahoo! Groups. Kalau sudah terdaftar artinya kita sudah mempunyai jalan masuk untuk masuk ke dalam kelompok-kelompok diskusi di mailing list yang sudah ada. Di sini kita bisa mengirim dan mendapatkan pesan e-mail sesuai dengan tema diskusi tertentu.

3) Chatting

Chatting merupakan kata benda dari kata kerja chat (Inggris) artinya mengobrol. Chatting dalam dunia Internet artinya kegiatan yang tersedia yang dipakai untuk mengobrol atau berinteraksi via internet. Melalui akomodasi ini, kita bisa bisa mengobrol atau berkomunikasi dengan siapa pun dan di mana pun di seluruh cuilan dunia.

4) Facebook

Facebook merupakan salah satu kegiatan aplikasi dunia maya jaringan sosial berbasis internet, di samping kegiatan lainnya. Pencetus dan pengembang aplikasi ini ialah Mark Zuckerberg. Melalui facebook ini kita bisa berkenalan dengan orang baru, reuni dengan teman-teman lama, juga bisa dipakai untuk kepentingan tertentu lainnya missal pendidikan, politik, bisnis dan sebagainya.



POSTINGAN TERKAIT

1.      SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI

2.      MODUL LENGKAP KOMPETENSI PEDAGOGIK UNDUH DI SINI

3.   TIPS SUKSES PRAKONDISI BACA DI SINI

0 Response to "Modul 5 Prakondisi Di Plpg 2017 Kompetensi Pedagogik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel