-->

Iklan

Pendekatan Penilaian


Secara umum ada dua metoda/acuan yang dipakai untuk melihat hasil berguru siswa yaitu evaluasi teladan norma dan evaluasi teladan patokan.Apabila kita melaksanakan pengukuran atau evaluasi berarti kita membandingkan. Dalam evaluasi pendidikan ada dua pendekatan yang dipakai sebagai pembanding, yaitu evaluasi teladan norma atau PAN (norm referenced evaluation) dan evaluasi teladan patokanatau PAP (criterion refrenced evaluation).

A.      Penilaian Acuan Patokan

Penilaian teladan patokan (Criterion Referenced Evaluation) yang dikenal pula dengan sebutan standar mutlak, berusaha menafsirkan hasil tes yang diperoleh siswa dengan membadingkannya dengan patokan yang telah ditetapkan, sebelum hasil tes itu sendiri diperoleh, dan bahkan sebelum acara pengajaran dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk memilih batas kelulusan itu telah ditetapkan. Kurikulum 2013 memakai pendekatan evaluasi acuhan patokan yang lalu dikembangkan dengan istilah evaluasi teladan kriteria (PAK). PAK merupakan evaluasi pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan berguru minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik akseptor didik.

B.  Penilaian Acuan Norma

Penilaian acuah norma/relatif disebut pula norma aktuil atau norma empiris. Norma relatif ialah suatu norma yang disusun secara relatif menurut distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.



Sumber Pustaka

Ariani, Farida dkk. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.



POSTINGAN TERKAIT

Tips Lulus UTN 2017 Baca DI SINI


0 Response to "Pendekatan Penilaian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel