-->

Iklan

Penilaian Sikap, Pengetahuan, Dan Keterampilan


PENILAIAN SIKAP, PENGETAHUAN, DAN KETERAMPILAN




A.      Penilaian Sikap

1.      Gradasi/Taksonomi Sikap (Attitude: Krathwohl)

Menerima -> menanggapi->menghargai->menghayati->mengamalkan

Penilaian sikap dilakukan untuk mengetahui kecendrungan sikap spiritual dan sosial siswa di dalam dan luar kelas sebagai hasil pendidikan.

2.      Teknik dan Instrumen Penilaian Sikap

Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Keterangan
Observasi
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan selama proses pembelajaran.
Penilaian diri
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan pada selesai semester.
Penilaian antar peserta didik
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan pada selesai semester, setiap pesesrta didik dinalai oleh 3 siswa.
Jurnal
Catatan pendidik berisi info wacana kekuatan dan kelemahan penerima didik
Berupa catatan guru wacana kelemahan dan kekuatan penerima didik yang tidak berkaitan dengan mata pelajaran.


3.      Hasil Pengolahan Nilai Sikap

Hasil penilaian pencapaian sikap dalam bentuk  deskripsi.

Deskripsi sikap terdiri atas keberhasilan dan/atau ketercapaian sikap yang diinginkan dan sikap yang belum tercapai yang memerlukan pelatihan dan pembimbingan.

Deskripsi dalam bentuk kalimat positif,  memotivasi dan materi refleksi

Contoh Deskripsi  Sikap

Sikap  Spiritual

Selalu bersyukur dan berdoa sebelum melaksanakan acara serta toleransi yang baik pada agama yang berbeda; ketaatan beribadah mulai berkembang.



Sikap Sosial

Memiliki sikap santun, disiplin, dan tanggung jawab yang baik, responsif dalam pergaulan; sikap kepedulian mulai meningkat.



B.     Penilaian Pengetahuan

1.      Proses Kognitif

a.       C1; mengingat (remember), mengingat kembali pengetahuan dari memorinya.

b.      C2; memahami (understand), mengkonstruksi makna dari pesan baik secara lisan, tulisan, dan grafis.

c.       C3; menerapkan (apply), penggunaan mekanisme dalam situasi yang diberikan atau situasi baru.

d.      C4; menganalisis (analysis), penguraian materi ke dalam bagian-bagian dan bagaimana bagian-bagian itu saling berafiliasi satu sama lain dalam keseluruhan struktur.

e.       C5; mengevaluasi (evaluate) menciptakan keputusan menurut kriteria dan standar.

f.       C6; mengkreasi (create) menempatkan elemen-elemen secara bersamaan ke dalam bentuk modifikasi atau mengorganisasi elemen-elemen ke dalam contoh gres (struktur baru).

2.      Dimensi Pengetahuan

a.       Pengetahuan faktual; pengetahuan terminologi atau pengetahuan detail yang spesifik dan elemen.

b.      Pengetahuan konseptual; pengetahuan yang lebih kompleks berbentuk klasifikasi, kategori, prinsip dan generalisasi.

c.       Pengetahuan prosedural; pengetahuan wacana bagaimana melaksanakan sesuatu.

d.      Pengetahuan metakognitif; pengetahuan wacana kognisi, merupakan tindakan atas dasar suatu pemahaman, mencakup kesadaran berpikir dan penetapan keputusan wacana sesuatu.

3.      Proses dan Hasil Penilaian Pengetahuan

a.       Nilai pengetahuan diperoleh dari hasil penilaian harian selama satu semester, penilaian tengah semester dan penilaian selesai semester

b.      Nilai selesai pencapaian pengetahuan rerata dari hasil pencapaian kompetensi setiap KD selama satu semester.

c.       Nilai pada rapor ditulis dalam bentuk angka skala 0 – 100 dan dilengkapi dengan deskripsi singkat kompetensi yang menonjol/tertinggi dan terendah menurut pencapaian KD selama satu semester

d.      Deskripsi nilai didasarkan pada nilai tertinggi dan terendah pada capaian KD per semester

4.     Teknik Penilaian Pengetahuan

Teknik Penilaian
Keterangan
Tes tulis
Memilih tanggapan (pilihan ganda, dua pilihan benar-salah, ya-tidak), menjodohkan, sebab-akibat.
Mensuplai tanggapan (isian atau melengkapi, tanggapan singkat atau pendek, uraian).
Tes Lisan
Soal / pertanyaan yang menuntut siswa menjawab secara verbal (formatif tes)
Penugasan
Tugas yang dilakukan secara individu atau kelompok.



C.    Penilaian Keterampilan

1.      Dimensi Keterampilan

Keterampilan abstrak: K-1 Mengamati, K-2 Menanya, K-3 Mencoba, K-4 Menalar, K-5 Menyaji, K-6 Mencipta

Keterampilan Konkrit:

a.    Persepsi (perception): perhatian untuk melaksanakan suatu gerakan.

b.    Kesiapan (set): kesiapan mental dan fisik untuk melaksanakan suatu gerakan.

c.    Meniru (guided response): gerakan secara terbimbing.

d.   Membiasakan gerakan (mechanism): gerakan mekanistik

e.    Mahir (complex or overt response): gerakan kompleks dan termodifikasi.

f.     Menjadi gerakan alami (adaptation): gerakan alami yang diciptakan sendiri atas dasar gerakan yang sudah dikuasai.

g.    Menjadi tindakan orisinal (origination): gerakan gres yang orisinal, sukar ditiru orang lain, dan menjadi ciri khasnya.

2.      Proses dan Hasil Penilaian Keterampilan

a.       Hasil penilaian  pada setiap KD keterampilan ialah nilai optimal dengan teknik dan objek KD yang sama.

b.      Penilaian KD keterampilan yang dilakukan dengan dua teknik penilaian seperti  proyek dan produk atau praktik dan produk, maka nilai KD sanggup dirata-rata.

c.       Nilai selesai keterampilan pada setiap mata pelajaran ialah rerata dari semua nilai KD keterampilan dalam satu semester.

d.      Penulisan capaian keterampilan pada rapor memakai angka pada skala 0 – 100, predikat dan deskripsi singkat capaian kompetensi

3.      Teknik dan Bentuk Penilaian Keterampilan

Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Unjuk kerja/ kinerja / praktik
·         Daftar cek, dengan memakai daftar cek, penerima didik menerima nilai jikalau kriteria penguasaan kompetensi tertentu sanggup diamati oleh penilai.
·         Skala Penilaian (Rating Scale). Penilaian kinerja yang memakai skala penilaian memungkinkan penilai memberi nilai tengah terhadap penguasaan kompetensi tertentu, lantaran derma nilai secara kontinum dimana pilihan kategori nilai lebih dari dua.
Projek
·         Penilaian projek dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan.
·         Untuk menilai setiap tahap perlu disiapkan kriteria penilaian atau rubrik.
Produk
·         Daftar cek atau skala penilaian (rubrik)
Portofolio
·         Daftar cek atau skala penilaian (rubrik)




UNDUH PANDUAN PENILAIAN UNTUK Sekolah Menengah Pertama DI SINI
UNDUH PANDUAN PENILAIAN UNTUK Sekolah Menengan Atas DI SINI
UNDUH PANDUAN PENILAIAN UNTUK Sekolah Menengah kejuruan DI SINI

POSTINGAN TERKAIT

Soal Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan Baca DI SINI

Paket Lengkap Soal dan Pembahasan Kompetensi Pedagogik Baca DI SINI

0 Response to "Penilaian Sikap, Pengetahuan, Dan Keterampilan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel