-->

Iklan

Perkembangan Kognitif Penerima Didik





Empat Tahap Perkembangan Kognitif Peserta Disik Menurut Piaget

(1)   tahap sensori motor (0–2 tahun),

Pada tahap sensori motor (0-2 tahun) seorang anak akan berguru untuk memakai dan mengatur acara fisik dan mental menjadi rangkaian perbuatan yang bermakna. Pada tahap ini, pemahaman anak sangat bergantung pada acara (gerakan) badan dan alat-alat indera mereka.

(2)   tahap pra-operasional (2–7 tahun),

Pada tahap pra-operasional (2-7 tahun), seorang anak masih sangat dipengaruhi oleh hal-hal khusus yang didapat dari pengalaman memakai indera, sehingga ia belum bisa untuk melihat hubungan-hubungan dan menyimpulkan sesuatu secara konsisten.

(3)   tahap operasional faktual (7–11 tahun),

Pada tahap operasional faktual (7-11 tahun), umumnya anak sedang menempuh pendidikan di sekolah dasar. Di tahap ini, seorang anak sanggup menciptakan kesimpulan dari suatu situasi nyata atau dengan memakai benda konkret, dan bisa mempertimbangkan dua aspek dari suatu situasi nyata secara bersamasama

(misalnya, antara bentuk dan ukuran).

 (4) tahap operasional formal (11 tahun ke atas).

Pada tahap operasional formal (lebih dari 11 tahun), acara kognitif seseorang tidak mesti memakai benda nyata. Tahap ini merupakan tahapan terakhir dalam perkembangan kognitif.


BACA JUGA:
1. Soal UTN 2017 Perkembangan Kognitif Peserta Didik
2. Materi UTN 2017 Perkembangan Moral Peserta Didik

0 Response to "Perkembangan Kognitif Penerima Didik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel