-->

Iklan

Soal Utn Plpg 2017 Penilaian



1. Kriteria keberhasilan berguru siswa ditentukan dengan memakai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yaitu rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk memilih KKM diharapkan faktor-faktor….  
  1. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
  2. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
  3. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
  4. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
2. Fungsi KKM yaitu sebagai berikut, kecuali....
a. sebagai contoh akseptor didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata
          pelajaran
b. merupakan sasaran satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata
    pelajaran
c. sanggup dipakai sebagai bab dari komponen dalam melaksanakan evaluasi
    program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
d. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang sanggup dilakukan melalui
    metode kualitatif atau kuantitatif.
 

3. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….  
  1. Pencapaian standar kompetensi
  2. Pencapaian kompetensi dasar.
  3. Pencapaian tujuan pembelajaran
  4. Pencapaian standar kelulusan
4. Untuk memilih tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;

a. Menilai tingkat pencapaian hasil berguru siswa

b.  Menambah  bahan  pelajaran gres  

c. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti kegiatan tindak lanjut

d.  Memilih waktu yang sempurna untuk melaksanakan kegiatan tindak lanjut

5. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:

a. Pedoman observasi

b. Kuesioner

c. Pedoman wawancara

    d. Tes hasil belajar
        
6. Bila Anda sebagai guru menemukan peserta didik mendapatkan hasil berguru yang rendah, tindakan apa yang akan dilakukan ?

 a. Memindahkan tempat duduk akseptor didik  ke meja yang paling depan

 b. Mengulangi klarifikasi materi didik kepada seluruh akseptor didik

c.  Memberikan pinjaman berguru kepada akseptor didik yang bersangkutan

 d. Menugaskan seluruh akseptor didik membaca buku sumber

7. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil berguru akseptor didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:

a. Buku sumber yang digunakan

b. Kurikulum dan silabus

c. Indikator pencapaian kompetensi

d. Kemampuan awal siswa

8. Salah satu prinsip dalam penilaian hasil berguru akseptor didik adalah  penilaian harus terpadu artinya:

a. penilaian menurut data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur

b. penilaian merupakan bab yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran

c.  penilian menurut kriteria yang terang perihal kompetensi yang harus dicapai

d. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi

9. Instrumen penilaian hasil berguru yang dipakai pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
           a. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
          b.  Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
          c. Bahasa yang dipakai komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan akseptor didik
         d.  Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan simpulan semester

10. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan berguru yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:

a. Nilai batas ambang kompetensi
b. Nilai minimal yang dicapai akseptor didik
c. Nilai maksimal yang dicapai akseptor didik
d. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah

11. Untuk mengetahui prestasi berguru yang dicapai oleh semua akseptor didik pada satu rombongan berguru sanggup dilakukan dengan menghitung nilai;

a. Mean

b. Modus

c. Median

d. Simpangan baku

12. Standar penilaian pendidikan merupakan contoh bagi guru dalam melaksanakan

a. Penilaian hasil berguru akseptor didik

b. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru

c. Penilaian silabus dan RPP

d. Penilaian standar kompetensi lulusan

13. Penilaian yaitu penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar.   Penilaian sanggup berupa hasil berguru akseptor didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan korelasi emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….           

  1. Objektivitas.
  2. Transparan
  3. Bermakna
  4. Menyeluruh
14. Ketika  Anda tahu bahwa  guru telah berhasil atau tidak dalam kegiatan pembelajaran, apa yang Anda lakukan?

  1. Membuat laporan keberhasilan/ketidakberhasilan
  2. Menyampaikan laporan ke atasannya
  3. Menyusun planning tindak lanjut
  4. Menyusun laporan hasil pemantauan
15. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan berguru optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:

      1. Memberikan komplemen materi berupa sumber didik dari pengarang yang berbeda
      2. memberikan test komplemen dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
      3. memberikan komplemen sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
      4. diberikan materi materi didik yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesulitan tinggi 
16. Dasar rancangan kegiatan remidi bagi akseptor didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan berguru ….

      1. proses pengajaran remedial intinya yaitu proses berguru mengajar biasa
      2. tujuan pengajaran remedial yaitu sama dengan test diagnostik
      3. sasaran terpenting pengajaran remidial yaitu peningkatan kecerdasan siswa
      4. strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
 17. Salah satu prinsip merancang kegiatan remidial bagi akseptor didik tampak dalam kegiatan guru ….
                       a. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa akseptor remedial
                       b. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibentuk dengan memperhatikan  hasil temuan analisis penilaian berguru siswa
                      c. Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
                      d. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan klarifikasi materi

18. Upaya guru memakai hasil analisis untuk memilih ketuntasan berguru antara lain sebagai berikut....
      1. Menentukan kriteria keberhasilan belajar
      2. Mengklasifikasi siswaberdasarkan hasil capaian belajarnya
      3. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
      4. Merencanakan pengajaran remidi
 19. Penilaian portofolio sanggup dilaksanakan dengan cara ….
      1. Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
      2. Mengumpulkan lembaran-lembaran tanggapan hasil test harian dan sumatif tiap siswa
      3. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
      4. Mengumpulkan lembaran-lembaran tanggapan hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
20. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan kiprah siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....
  1. Konstruktivisme
  2. Authentic assesment
  3. Efektif
  4. kondusif





0 Response to "Soal Utn Plpg 2017 Penilaian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel