-->

Iklan

Soal Utn Plpg 2017 Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran



    1. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil berguru yang diperlukan dicapai oleh penerima didik  sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
      a.  Silabus
      b. RPP
      c. Silabus dan RPP
      d. SKL

    2. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
      1. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
      2. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
      3. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
      4. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran

    3. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya yakni sebagai berikut:
      a. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan aktivitas berguru untuk mencapai kompetensi dasar
      b. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
      c.  RPP dibentuk oleh setiap guru, sedangkan  silabus dibentuk oleh tim guru
      d. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
    4. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yakni
      a.  Materi atau materi didik berbasis kompetensi
      b. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada penerima didik
      c.  RPP bersumber dari silabus
      d.  Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
    5. Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang sanggup dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari....
  1. Silabus untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD
  2. Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD
  3. Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
  4. Silabus untuk mengarahkan ke­giatan berguru penerima didik dalam upaya mencapai KD


6. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia yakni sebagai berikut ......

  1. Kompetensi dasar :Mengenal aktivitas bermusyawarah
  2. Indikator : menyebutkan dua ciri aktivitas bermusyawarah
  3. Tujuan Pembelajaran : sehabis pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa sanggup menyebutkan dua ciri aktivitas musyawarah dengan benar

Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip  digunakan adalah....

  1. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
  2. Mendorong partisipasi aktif penerima didik
  3. Memperhatikan perbedaan individu penerima didik
  4. Keterkaitan dan keterpaduan
7. Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan  beberapa faktor di bawah ini, kecuali satu yakni;:
      a. Metode mengajar yang dipakai guru

b. Karakteristik materi didik

c. Waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran

d. Buku sumber yang dipakai dalam pembelajaran


8. Jika seorang guru melaksanakan aktifitas pembelajaran sebagai berikut:

  1. Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi,
  2. Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing berguru penerima didik.
  3. Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara penyelesaian duduk kasus dengan berpatokan pada hukum yang berlaku, ibarat peta konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
    Maka guru tersebut sanggup dikatakan memakai pembelajaran yang berbasis....
    1. Kognitivisme
    2. Behaviorisme
    3. Konstructivisme

    4. Humanisme  
9. Menurut Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia penerima didik antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…

  1. Penggunaan media, alat peraga termasuk sumber belajar.
  2. Pemberian kiprah yang tersetruktur.
  3. Penggunaan metode bervariasi
  4. Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah.

10. Benjamin S. Bloom menyebarkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
b. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi c. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.

11. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom menyebarkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
b. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
c. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.


12. Model pembelajaran yang memiliki keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan duduk kasus yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menuntaskan duduk kasus yang dihadapi dengan tepat, adalah….
a. Role Playing
b. Inquiry
c. Problem Solving d. Picture and Picture


13. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan duduk kasus proses pembelajaran  adalah:

a.  Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi

b. Rumusan duduk kasus yang harus didiskusikan

c. Jumlah penerima didik yang mengikti pembelajaran

d. Motivasi berguru siswa


14. Kemampuan yang paling penting dimiliki  guru ihwal media dan alat bantu pembelajaran adalah:

a. Memilih materi untuk menciptakan media/alat bantu

b. Membuat media dan alat bantu  sederhana

c. Menggunakan media dan alat bantu

d. Merawat media dan alat bantu


15. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….    

  1. Pencapaian standar kompetensi
  2. Pencapaian kompetensi dasar.
  3. Pencapaian tujuan pembelajaran
  4. Pencapaian standar kelulusan

16. Tindakan yang paling sempurna dilakukan pada ketika siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:

a. Mengulang kembali materi yang diajarkan

b. Memberikan kiprah semoga siswa mempelajari materi yang belum dipahami

c. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa

d. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan


17. Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang  diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?

 a. Memindahkantempat duduk penerima didik  ke meja yang paling depan

 b. Mengulangi klarifikasi materi didik kepada seluruh penerima didik

c.  Memberikan pemberian berguru kepada penerima didik yang bersangkutan

 d. Menugaskan seluruh penerima didik membaca buku sumber


18. Apa yang paling sempurna dilakukan  guru, kalau seorang penerima didik tidak memperlihatkan balasan atas pertanyaan yang diajukan ?

a.  Menunjuk penerima didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut

b.  Memberikan kritik agar  peserta didik  berusaha menjawab walaupun salah

c.  Menyederhanakan isi pertanyaan semoga gampang dipahami penerima didik 

d.  Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.


19. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....

  1. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual penerima didik.
  2. Adanya korelasi yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
  3. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
  4.  Komponen-komponen silabus  saling bekerjasama secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

20. Ciri-ciri kelas yang memakai pembelajaran CTL yakni sebagai berikut, kecuali....
  1. Sharing dengan teman
  2. Guru kreatif
  3. Pengalaman nyata
  4. Menggunakan satu sumber

Baca Juga
1. Soal UTN 2017 Penilaian
2. Soal UTN 2017 KKM
3. Soal UTN Kesulitan Belajar Siswa


0 Response to "Soal Utn Plpg 2017 Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel