-->

Iklan

Juknis Pkb 2017, Modul, Dan Latihan Soal Tes Akhir





A.  Pengertian Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan


Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yaitu proses penyelenggaraan kegiatan berguru mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru dalam melaksanakan kiprah profesinya


B.  Tujuan


Tujuan utama Program Pengembangan Keprofsian Berkelanjutan ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi guru yang ditunjukkan dengan kenaikkan capaian nilai UKG dengan rata-rata nasional yaitu 70.


C.  Teknis Pelaksanaan


Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini dilaksanakan berbasis komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (komunitas GTK).
D.  Moda Pelaksanaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan mengembangkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam 3 (tiga) moda, yaitu (1) Tatap Muka; (2) Daring Murni (full online learning); dan (3) Daring Kombinasi (kombinasi daring dan tatap muka (blended learning)).
Klasifikasi moda tersebut dilaksanakan dengan mempertimbangkan hal-hal berikut:
1. Peta kompetensi guru menurut hasil UKG
2. Jumlah guru yang sangat besar
3. Letak geografis dan distribusi guru diseluruh Indonesia
4. Ketersediaan koneksi internet
5. Tingkat literasi guru dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
6. Efisiensi biaya dan fleksibilitas pembelajaran
7. Adanya beberapa unsur mata pelajaran (misalnya pelajaran vokasi) yang sulit untuk disampaikan secara daring.
E.  Pentingnya Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
Partisipasi akseptor dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ini sangat penting alasannya sanggup mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang bersangkutan. Melalui sumber berguru dalam banyak sekali bentuk dan rujukan yang tersedia di sistem PKB, akseptor sanggup mengikuti pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan bahan pembelajaran yang disajikan.
F.   Prinsip Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang dikembangkan oleh Ditjen GTK harus memenuhi prinsip sebagai berikut:
1. Rumusan tujuan pembelajaran pada setiap modul telah jelas, spesifik, teramati, dan terukur untuk mengubah sikap pembelajar
2. Konten di modul telah relevan dengan kebutuhan pembelajar, masyarakat, dunia kerja, atau dunia pendidikan
3. Meningkatkan mutu pendidikan yang ditandai dengan pembelajaran lebih aktif dan mutu lulusan yang lebih produktif
4. Efisiensi biaya, tenaga, sumber dan waktu, serta efektivitas program
5. Pemerataan dan ekspansi kesempatan belajar
6. Pembelajaran yang berkesinambungan dan terus menerus
Pelaksanaan pembelajaran pada Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan mempunyai prinsip-prinsip sebagai berikut.
1. Mendorong komunikasi antara akseptor dengan fasilitatorPetunjuk Teknis Komunikasi yang baik dalam lingkungan berguru yaitu praktik yang baik. Hal ini akan mendorong keterlibatan akseptor dan  membantu akseptor mengatasi tantangan-tantangan dalam belajar.
2. Mengembangkan kedekatan dan kerjasama antar akseptor Lingkungan berguru dirancang dan dikembangkan guna mendorong kerjasama dan derma timbal balik membuatkan pandangan gres dan saling menanggapi antara sesama peserta.
3. Mendukung pembelajaran aktif
Lingkungan berguru mendukung pembelajaran berbasis proyek, dimana akseptor melaksanakan proses pembelajaran secara aktif, mengakses materi, berdiskusi dengan sesama akseptor dan atau fasilitator. Peserta membahas apa yang dipelajari, menuliskannya, menghubungkan dengan pengalaman mereka, dan mengaplikasikannya.
4. Memberikan umpan balik dengan segera
Kunci terhadap pembelajaran yang efektif yaitu menawarkan jawaban secepatnya kepada peserta, yaitu melalui teks maupun suara. Agar akseptor mencicipi manfaat atas kelas yang mereka ikuti dan mencicipi bahwa proses berguru tidak membosankan, akseptor memerlukan dua macam umpan balik: (a) umpan balik atas konten –maupun (b) umpan balik untuk legalisasi kinerja.
5. Penekanan terhadap waktu pengerjaan tugas
Walaupun lingkungan berguru menawarkan keleluasaan untuk berguru dengan ritme masing-masing peserta, tetapi membutuhkan batasan waktu pengerjaan tugas, sehingga akseptor diarahkan untuk memakai rentang waktu yang telah di desain dalam system pembelajaran.
6. Mengkomunikasikan ekspektasi yang tinggi
Harapan dengan standar yang tinggi sangat penting untuk semua, untuk yang kurang persiapan, untuk yang tidak bersedia mendorong diri sendiri, dan untuk yang arif dan mempunyai motivasi tinggi. Dalam lingkungan pembelajaran kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, ekspektasi tinggi dikomunikasikan melalui kiprah yang menantang, contoh-contoh kasus, dan kebanggaan untuk hasil kerjaberkualitas yang berfungsi untuk mencapai ekspektasi yang tinggi tersebut.
7. Menghargai banyak sekali macam talenta dan metode pembelajaran
Dalam pembelajaran Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, hal ini sanggup diartikan dengan menawarkan media berguru yang beragam, menentukan topik tertentu untuk proyek maupun kelompok diskusi. Menyediakan media berguru yang bermacam-macam bertujuan untuk mengakomodasi gaya berguru yang berbeda serta menawarkan saluran khusus untuk penderita difabel.
(Sumber: Petunjuk Teknis Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017)
BACA
PESERTA PKB GURU PEMBELAJAR TAHUN 2017
NARASUMBER / PENGAMPU PKB TAHUN 2017
INSTRUKTUR NASIONAL / MENTOR PKB
MODA TATAP MUKA, DARING MURNI, DARING KOMBINASI
PENILAIAN DAN KRITERIA KELULUSAN PESERTA PKB TAHUN 2017
MODUL, LEMBAR KERJA, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI
MODUL, LK, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PROFESIONAL BACA DI SINI
BUKU JUKNIS PKB -GURU PEMBELAJAR DIRJEN GTK UNDUH DI SINI
BACA PENJELASAN PKB KEPALA SEKOLAH
BACA PENJELASAN PKB PENGAWAS SEKOLAH
BACA ALUR PENDAFTARAN KOMUNITAS GTK KE SIM PKB
BACA PANDUAN VERIFIKASI DAN VALIDASI DATA GURU DI SIM PKB TAHUN 2017
BACA 50 ISTILAH DAN AKRONIM PADA PKB


0 Response to "Juknis Pkb 2017, Modul, Dan Latihan Soal Tes Akhir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel